Sapi Belgian Blue, Antara Gatotkaca dan Isu Persilangan Dengan Babi

Sempat Diisukan Sebagai Sapi Silangan Dengan Babi, Ini Fakta Sebenarnya Sapi Belgian Blue, Berotot Ganda dan Bisa Tumbuh Sebagai Raksasa

Sapi belgian blue memang sapi yang spesial dan memiliki keunikan yang khas dan tidak dimiliki jenis-jenis sapi potong lainnya. Sapi ini memiliki double muscle atau otot ganda sehingga terlihat tonjolan otot-otot kekar disekujur tubuhnya layaknya biarawan.

Dengan bentuknya yang bulat, gemuk dan berotot sapi belgian blue sempat diisukan sebagai hasil persilangan dengan babi. Sebuah isu yang sangat ngawur dan tidak bisa dipertanggungjawabkan karena tidaklah mungkin dengan genetik yang berbeda antara sapi dan babi bisa disilangkan dan menghasilkan keturunan. Isu ini sudah banyak dibantah dan ditepis oleh para ahli persapian dengan berbagai fakta-fakta yang tidak terbantahkan. Jadi isu bahwa belgian blue adalah sapi hasil silangan dengan babi adalah hoaks yang sangat tidak realistis dan menyesatkan.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan pada 2019 akan lahir anak/pedet sapi keturunan Belgian Blue sebanyak 1.000 ekor. Untuk mewujudkannya, Kementan melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan kesehatan Hewan juga telah menyusun road map untuk pengembangannya. "Kita beli bibit dari anggaran APBN-P. Harganya 1 sperma Rp 15 juta. Kita mungkin tahun depan butuh Rp 100 miliar khusus untuk bibit unggul jenis sapi berotot," ungkap Amran di kantor pusat Kementan, Ragunan, Jakarta,
Sapi belgian blue juga sudah mulai dikembangkan di Indonesia meski sebatas masih dalam proyek kementan yang ditandai dengan lahirnya pedet belgian blue yang diberi nama Gatotkaca yang kemudian disusul dengan kelahiran pedet-pedet sapi biru lainnya. Kegiatan pengembangan sapi Belgian Blue saat ini lebih difokuskan di Unit Pelaksana Teknis Kementan, yaitu BBPTU-HPT Baturraden 250 ekor, BET Cipelang 179 ekor, BPTU-HPT Padang Mengatas 185 ekor, BPTU-HPT Sembawa 237 ekor, BBPP Batu-Malang 30 ekor, STTP Malang 17 ekor, BBPPKH Cinagara 14 ekor, STPP Bogor 7 ekor, STTP Magelang 25 ekor, Loka Penelitian Sapi Potong (Lolit) Grati 23 ekor, dan Balitnak Ciawi-Bogor 44 ekor.

Seperti apa sebenarnya fakta-fakta sapi Belgian Blue?
The Belgian Blue adalah jenis sapi potong dari Belgia. Mungkin juga dikenal sebagai Race de la Moyenne et Haute Belgique.
Belgian Blue Merupakan Sapi Berotot Pertama
Sapi ini berasal dari Belgia utara dan daratan Eropa bagian tengah. Menurut informasi, sapi belgian blue ini merupakan jenis sapi berotot yang pertama di dunia.

Awalnya adalah Perkawinan Silang Sapi Jenis Shorthorn dan Charolais
Sapi ini adalah hasil perkawinan dari dua jenis yang berbeda yaitu merupakan percampuran dari sapi unggul jenis Shorthorn dan Charolais

Mudah Untuk Mencapai Berat Lebih dari 1 Ton
Dengan kondisi yang demikian berotot, jenis sapi ini mampu mencapai bobot potong lebih dari 1 ton dengan mudah

Tahan Terhadap Musim
Iklim negara Eropa tak menentu bahkan hingga mencapai suhu yang sangat ekstrem. Keunggulan sapi Belgian Blue adalah mampu bertahan pada musim yang ekstrim

Memiliki Kulit Tipis dan sedikit lemak
Badannya yang besar dan kekar menjadikan kulit sapi Belgia lebih tipis. Jenis sapi lain yang memiliki kulit tipis adalah sapi perah jenis FH

Belgian Blue adalah Sapi Yang Jinak

Belgian Blue adalah sapi yang jinak (sumber foto by google)

Jangan tertipu dengan tongkrongan sapi yang berotot ini dan terkasan liar atau ganas karena meskipun tampilannya mengerikan karena ukurannya besar, ternyata sapi ini sangat jinak.

HargaTinggi
Harga paling rendah sapi jantan Belgian Blue sekitar 2000 pound atau sekitar Rp 35 juta.

Nama Lain dari Belgian Blue:
Belgian Blue biasa disebut Race de la Moyenne et Haute Belgigue, Belgia Biru-Putih, Belgia White-dan-Blue Pied.

Memiliki Banyak Warna
Meski namanya Belgian Blue yang menunjuk pada satu warna blue tetapi ternyata warna kulit sapi ini tidak cuma satu warna, ada putih, cokelat, biru gelap, merah muda, hitam hingga merah.

Belgian Blue, Double Muscling Cattle
Saking besarnya otot, sapi ini sampai mendapat julukan "double muscling". Dan ternyata fenomena otot yang double muscling ini bisa juga terjadi pada hewan lain seperti tikus misalnya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:50
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.