Penyebab Diare Pada Ternak Kelinci dan Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Kelinci Yang Terserang Diare atau Mencret dan Cara Mencegahnya

Ciri ciri atau gejala kelinci sakit lainnya adalah lemas enggan berdiri , mata sedikit menutup, sayu. nafsu makan menurun, bulu kurang cerah, kaki depan diselonjorkan karena menahan sakit di perut, terdengar bunyi gigi beradu berarti ada gejala kembung dan mencret.

Sumber gambar : ammyrabbits.wordpress.comBiasanya faktornya adalah karena kondisi kandang yang kurang bersih dan lembab sehingga banyak bakteri atau virus bersarang di kandang menjangkiti pencernaan kelinci.

Disamping karena kebersihan kandang bisa juga karena faktor cuaca yang tidak bersahabat. Angin kencang maupun hujan membuat kelinci yang daya tahannya kurang bagus bisa terserang diare. 

Terlebih kelinci yang lapar atau dalam keadaan perut kosong harus menghadapi cuaca dingin ditambah hujan efeknya kurang baik .

Jangan diberi makan pelet yang sudah kadaluarsa karena menyebabkan kelinci bisa diare. Cek selalu pelet apakah sudah berjamur atau rusak bentuk fisiknya. Jadi hati hati dalam membeli pelet jangan tertarik murah harga pelet.

Bisa juga karena makanan yang diberikan tidak baik atau kotor. Contoh Sayuran yang masih hijau dan kandungan air masih tinggi. kurangi kadar air dalam sayuran dengan dijemur.

Faktor stress turut menyumbang kelinci mencret biasanya karena sekitar kandang yang ramai, ganti cuaca dan ancaman predator. 

Makanan yang kurang serat, idealnya 13-14%. Bila tidak memenuhi itu kelinci bisa terjangkit mencret oleh karena itu penuhi makanan dengan kandungan serat yang cukup.

Kelinci juga membutuhkan daun hijau hijaun. Misal rumput yang masih baru stomata(respirasi daun) masih terbuka dan menghasilkan gas sehingga kandungan gas dalam perut tinggi salah satu faktor penyebab perut kembung.

Namun sebelum diberikan ke kelinci keringkan/layukan dulu dengan cara dijemur untuk menurunkan kadar air. Sayuran yang masih segar atau bahkan yang keluar disimpan di kulkas seringkali membuat kelinci terganggu pencernaannya.

Pada dasarnya kelinci memiliki pencernaan yang peka. Kita tidak boleh sembarangan dalam memberikan makanan ke kelinci. Kelinci dengan pencernaaan yang peka ini karena Kelinci hanya memiliki usus besar dalam memproses makanan tidak memiliki lambung seperti hewan lain.

Perut kelinci hanya memiliki 1 usus saja oleh karena itu apabila salah makan mekanisme tubuh kelinci tidak bisa memuntahkan isi perut tapi yang ada adalah pencernaan jadi berat lalu timbullah kembung dan berujung diare dan mencret.

Cara mengatasi kelinci mencret

Setelah mengetahui apa penyebab kelinci kesayangan diare dan mencret selanjutnya kita bertindak untuk mengobati kelinci tersebut dengan bantuan kita sendiri atau tanpa dokter hewan.

Langkah pertama hendaklah kelinci dipisahkan dulu atau dikarantina kelinci yang sakit dari kelinci yang masih sehat. 

Mencret atau diare sangat cepat penularan dan penyebarannya ke kelinci lain.Tentu hal ini akan membuat repot pemilik jika yang kelinci sakit diare jadi bertambah jumlahnya tentu sangat merepotkan.

Bersihkan kandang dan semprot dengan desinfectan agar kandang bersih dari bakteri dan virus. Usahakan kandang tidak lembab mendapat sinar matahari yang cukup.

Hindari kotoran kelinci yang mencret mengenai makanan atau kelinci lain yang masih sehat efeknya bisa sangat cepat menular.

Obat kelinci mencret secara tradisional

Ada beberapa penanganan kelinci mencret dengan memanfaatkan obat atau bahan organik.

Beri dengan daun pisang yang masih muda(pupus),daun pepaya kering(setelah dijemur).

Banyak peternak kelinci secara teratur tiap pagi hari memberikan pakan daun pisang muda sebagai langkah prefentif atau pencegahan dan cara ini memang ampuh.

Daun jambu biji juga efektif untuk menghentikan mencret, Bahkan sejak  jaman dulu kakek nenek kita menggunakan daun jambu biji jadi sebagai salah satu obat utama memampetkan mencret.

Namun dengan kondisi kelinci masih mau untuk makan karena biasanya beberapa kasus kelinci yang terkena diare kehilangan nafsu makan. 

Dari beberapa peternak kelinci ada cara yang kurang lazim namun efektif yaitu dengan menggunakan Abu gosok. Taburkan abu gosok ke seluruh area kandang kelinci yang sakit juga oleskan ke anus kelinci. Terdengar cara aneh tapi ajaibnya peternak merasakan cara ini lumayan efektif dan layak dicoba.

Karena proses diare dan mencret sangat menguras cairan dari tubuh, agar tidak mati lemas berikan kelinci dengan air dicampur garam 1 sendok teh atau bisa diganti dengan cairan oralit untuk dicampurkan dalam wadah air minum namun bila kelinci sudah sangat lemas berikan menggunakan spet atau sendok kecil ke mulut kelinci pelan pelan. 

Obat kelinci mencret dengan obat kimia 
Bila kelinci mengalami diare yang sudah pada tahap parah indikasinya susah gerak dan untuk nafsu makan menurun drastis. 

Penanganan kelinci melalui cara tradisional dengan memberi makan seperti daun muda jambu, daun pisang yang muda dll tentu kesusahan untuk masuk ke mulut kelinci untuk dicerna.

Oleh karena itu diperlukan obat yang langsung diminumkan langsung ke mulut kelinci dengan menggunakan pipet, jarum suntik yang dilepas jarumnya atau sendok kecil.

Bisa diberikan Rebung sebagai obat antibiotik bagus untuk mengatasi kembung, diare sampai mencret
Rebung
Ada jenis obat oral lain untuk kelinci diare bisa memakai Intertim oral yang langsung diminum dan intertim LA dengan cara disuntik . 
 Sumber gambar : kelincihiasku.wordpress.com
Intertrim

Untuk menambah vitalitas dan mencegah sakit beri vitamin introvit 4WS untuk pemakaiannya 2 minggu sekali dengan pemakaian 3 hari berturut turut.

Ada pengalaman peternak kelinci bisa dipertimbangkan karena juga efektif menghentikan diare yaitu obat yang dipakai oleh manusia, diantaranya Diapet, enterostop, tolak angin + madu, bidium.

Untuk obat obat ini jangan diberikan dengan dosis kecil. Biasanya obat ini hanya untuk menghentikan mencretnya, namun infeksi pada pencernaan akibat dari reaksi bakteri dan spora masih ada dan akan dikeluarkan lewat kotoran. Tunggu perlahan lahan nafsu makan kelinci anda bertahap akan kembali meningkat.

Obat mencret kelinci anakan 

Hampir sama dengan cara menangani kelinci dewasa namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kelinci yang masih kecil pilihlah makanan yang lebih lunak ingat kelinci tidak memiliki lambung terlebih masih kelinci kecil, masih lemah pencernaannya. terlalu banyak makan pelet pada kelinci anakan bisa menyebabkan diare. Variasikan makanan dengan sayuran seperti wortel dan rumput. 

Untuk dosis obat kimia hendaknya berikan lebih kecil takarannya untuk kelinci yang masih anak.

Bagaimana bila kelinci kembung dan mencret dengan jenis atau tipe kelinci lain? obat mencret kelinci anggora misalkan tentu sama dengan penanganan kelinci jenis apapun misalkan kelinci hias ataupun pedaging.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:47
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.