Merino, Domba Unggul Penghasil Wol dan Daging Berkualitas

Breed Domba Penghasil Wol dan Daging Yang Bernilai Tinggi, Domba Merino

Merino adalah salah satu breed domba yang paling relevan secara ekonomi dan relevan secara ekonomi, sangat dihargai karena wolnya. Domba Merino adalah jenis domba unggulan yang saat ini mulai dikenal dan dikembangkan oleh sebagian peternak domba di Indonesia khususnya di pulau Jawa. Domba merino adalah jenis domba penghasil bulu wool super, di negara Australia dan beberapa negara di eropa memang difungsikan untuk menghasilkan bulu wool guna memenuhi kebutuhan usaha bisnis fashion.

Domba merino yang berada di Indonesia berasal dari negara Australia dan pertama kali dikembangbiakan di propinsi Jawa tengah yaitu Wonosobo dengan tujuan dan alasan bahwa daerah Wonosobo suhu udara nya menyerupai negara Australia. Domba merino ini karena salah satu manfaatnya adalah penghasil bulu maka ketika dipelihara di daerah yang suhu udaranya dingin maka akan menghasilkan bulu yang banyak.

Ciri-ciri Fisik Domba Merino

Domba Merino dewasa, berat badan bisa mencapai 150 – 200 kg. MEREG adalah domba hasil silangan domba Merino asal Australia dengan domba lokal jenis domba Ekor Besar.Populasi dilakukan dengan cara kawin suntik, sehingga hasil kawin silang dapat mengadabtasi dengan iklim di Indonesia yeng ber iklim TropikaPenyilangan ini dilakukan untuk membantu agar proses kawin bisa lebih mudah, juga karena bentuk phisik domba Merino jauh lebih besar dari pada domba local yang ada di Indonesia.

Domba hail Silangan Merino adalah tergolong jenis domba Pedaging, selain menghasilkan daging juga bisa diambil bulunya 3 bulan dapat menghasilkan bulu seberat 4 Kg, ini membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Strain Merino spanyol yang mempunyai karakteristik lebih berdaging di bandingkan dengan Marino Amerika yang telah di impor sekitar tahun 1800, melahirkan bangsa Delaine Merino. Delain Merino memiliki ciri – ciri berwarna karakteristik putih, bangsa dari Delaine Merino ini bertanduk, suka berkelompok dan Delaine Merino betina dapat beranak sepanjang tahun. Bangsa ini sering di sebut Merino tipe C, karena tubuhnya berbulu tidak keriting.

Porsi pakan domba merino memang sangat banyak, dan memang harus terkondisikan untuk makan banyak. Salah satu himbauan kami apabila anda tertarik memelihara domba merino yaitu jangan memulai beternak domba merino apabila anda belum memiliki stock pakan yang berlimpah, baik stock pakan hijauan maupun stock pakan tambahan.

Untuk daerah panas pun harus mensiasati cara memeliharanya dengan rutin melakukan pengguntingan bulu, rutin dimandiikan dan air minum wajib selalu tersedia, sangat berbeda dengan perlakuan di wilayah dengan suhu udara sejuk atau dingin. Perawatan rutin lainnya adalah potong kuku untuk kakinya.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.