Manfaat Buah Mangga Kueni dan Tips Cara Mengupasnya

Perbedaan Kuini dan Mangga

Buah kueni memiliki pohon yang juga mirip seperti pohon mangga. Perbedaan antara buah kueni dengan mangga adalah tekstur seratnya yang lebih halus dan daging buahnya yang lebih lembut. Satu lagi jenis mangga yang dapat dibandingkan adalah jenis bacang. Buah kueni dinilai sebagai gabungan antara buah bacang dengan buah mangga.

Kuweni atau kuwini (Mangifera × odorata Griffith) adalah sejenis mangga-manggaan yang masih berkerabat dekat dengan bacang. Tumbuhan ini memiliki buah yang harum dan daging buah yang lembut. Konsistensi daging buah kuweni lebih padat daripada bacang dan seratnya lebih halus. Karakternya berada di antara mangga dan bacang, dan para ahli juga menganggapnya sebagai hibridaantarspesifik alami antara mangga dan bacang.

Buah ini dikenal dengan nama-nama yang serupa di pelbagai bahasa daerah: kweni, asam membacang, macang, lekup (Mly.); kuwini, ambacang, embacang, lakuik (Mink.); kuweni, kebembem (Btw.); kaweni, kawini, bembem (Sd.); kaweni, kuweni, kweni (Jw.); kabeni, beni, bine, pao kabine (Md.), pao kaeni (P. Sapudi); "Kuwini" '(bahasa Banjar), weni (Bal.); mangga kuini (Sulut); kuini, guin, koini, kowini, koine, guawe stinki, sitingki, hitingki (aneka sebutan di Maluku), dan lain-lain.

Mangga kweni, buah yang kaya akan fitamin c ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan jenis mangga yang lain. Selain kandungan air yang tinggi, buah mangga jenis ini, beraroma harum, apalagi jika buah ini sudah matang. Rasanya yang manis dan sedikit asam merupakan perpaduan dua rasa yang segar dan nikmat jika di nikmati ketika hari panas.

Akan tetapi buah mangga kweni rasanya menjadi lain, karena anda melakukan kesalahan ketika anda mengupas buah ini. Rasanya menjadi getir dan ujung bibir anda akan terluka jika terkena getahnya.

Tips Mengupas Kueni Yang Baik

Pilih mangga kweni yang sudah matang, dengan cara mencium aromanya, jika aromanya harum menyengat, itu suatu pertanda  bahwa mangga kweni sudah matang. Tapi jangan salah mangga kweni lebih nikmat disantap jika mangga kweni tidak terlalu matang atau bisa juga disebut mengkal. Karena jika terlalu matang rasa mangga kweni seperti mangga busuk.

Jika menggupas mangga ini, pangkal tangkainya jangan ikut dikupas, biarkan saja pangkal tangkai tetap melekat pada buahnya, walaupun seluruh permukaan kulit mangga sudah habis sama sekali. 

Potong dagingnya dan kenikmatan mangga kweni bisa anda rasakan.

Atau bisa juga anda langsung memotong dagingnya dari pangkal buah di sisi atas dan sisi bawah, hingga tersisa bijinya saja. Jangan lupa anda tak perlu mengupas pangkal batangnya terlebih dahulu. Sisi daging mangga yang sudah diambil, anda belah-belah dengan ujung pisau, hingga membentuk kotak-kotak.

Beberapa Macam Manfaat Mangga Kueni Bagi Kesehatan

Mengatasi kanker

Buah kueni ini juga telah memiliki kandungan antioksidan yang sangatlah tinggi. Kandungan ini akan membantu anda dalam melawan dan menangkal radikal bebas dan juga racun yang akan masuk kedalam tubuh. Selain itu hal yang paling penting adalah mencegah penyakit kanker yang akan masuk kedalam tubuh anda.

Mengatasi jerawat

Buah kweni telah dipercaya bisa membersihkan pori-pori kuli yang telah mengalami penyumbatan. Hal ini terjadi karena buah ini sangatlah bermanfaat sekali untuk membersihkan kulit yang akan menyebabkan jerawat. Jadi bagi anda yang ingin menghilangkan jerawat, anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menghilangkannya.

Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C yang telah ada pada buah ini sangatlah bermanfaat sekali dalam mencerah kulit. Jadi jika anda ingin memiliki kulit yang cerah, anda bisa mengonsumsi buah ini untuk mencerahkan kulit anda.

Melancarkan pencernaan

Buah kweni memiliki kandungan serat yang sangatlah tinggi dan sama seperti buah-buah lainnya. Serat ini sangatlah penting sekali bagi kesehatan tubuh, salah satunya merupakan untuk melacarkan sistem perncernaan.

Mencegah sembelit

Jika anda terbiasa mengalami sembelit, hal itu telah terjadi karena sistem pencernaan anda kurang lancar. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengonsumsi buah ini yang memiliki kandungan banyak serat yang baik baik kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Buah kweni memiliki kandungan vitamin A yang sangatlah baik bagi kesehatan mata. Kandungan vitamin yang ada pada buah ini sangatlah tinggi dan juga baik sekali bagi kesehatan tubuh kita. Jika anda ingin memiliki mata yang sehat, anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan mata anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jika anda ingin meningkatkan daya tahan tubuh anda, bisa untuk mengonsumsi buah ini. Kandungan dari buah ini sangatlah baik sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda dengan kandungan vitamin A yang sangatlah tinggi.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:04
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.