Macam dan Jenis Hijauan Pakan Kelinci dan Nutrisinya

Kandungan Gizi Dari Berbagai Jenis Hijauan Untuk Pakan Kelinci, Dari Rumput Odot, Indigofera, Daun Pisang, Daun Nangka Hingga Daun Ubi Jalar.

Beberapa hijauan berikut ialah hijauan yang aman di berikan untuk kelinci anda, saat awal pemberian ingat dilayukan dahulu. Setidaknya diangin-anginkan / didiamkan sambil sesekali di bolak - balik minimal selama 4 jam sebelum di berikan ke kelinci.

Clitoria Ternatea / Kembang Telang

Tumbuhan ini adalah alfalfanya daerah tropis yang mempunyaiproduktifitas yang sama dengan alfafa dan kandungan nutrisinya juga sama serta terdapat zat antidepresi seperti alfafa. Bedanya hanya Clitoria Ternatea tumbuhan yg cocok tumbuh di daerah tropis (iklim basah) sedangkan Alfafa tumbuhan yg cocok tumbuh di daerah subtropis (iklim kering) metode tanam pun hampir sama.kandungan nutrisinya protein 21-29%, energy kasar 18,6 MJ/kg, kecernaan bahan organic 69,7%, kecernaan energy 66,6%, energy termetabolis 12,4MJ/kg, PK 25-38%, LK 10%, gula pada biji 5% sehingga tanaman ini berpotensi sebagai sumber protein dan dan energi untuk kelinci

Desmodium Rensonii
 Dengan umur potong 8 minggu, ketinggian potong 50cm dan 12 minggu ketinggian potong 100cm diperoleh kandungan protein kasar mencapai 18%. Memiliki kandungan kalori tinggi yaitu melebihi 3000 kkal/kg





Indigofera Spicata

Perawatan tanaman ini cukup mudahdengan interval pemotongan 60 hari dan intensitas pemotongan 1,5 meter di atas permukaan tanah. Keunggulan lainnya memiliki kadar protein yang tinggi kurang lebih 21-24%, serat relative rendah, tingkat kecernaan 77%. Cocok untuk kelinci dalam status produksi tinggi yaitu indukan menyusui dan kelinci muda pasca sapih, karena dapat meningkatkan produksi susu hingga 20%.

Pennisetum Purpureum cv. Mott / Rumput Odot

Rumput odot emiliki palatabilitas yang cukup tinggi dan ternak akan mengkonsumsi hijauan ini lebih banyak dalam masa hamil dan menyusui. Tidak ada bagian yang tersisa jika ternak memakan rumput odot ini, semua bagian habis di makan ternak.  

odot

Tapi berhati-hatilah terhadap bulu-bulu halus yang terdapat pada odot ini saat di berikan ke kelinci kesayangan kita. Kandungan rumput odot BK 89,9%, PK 9,1%, LK 2,3%, SK 33,1%, TDN 46%. Bisa di sajikan langsung dengan dipotong-potong maupun bisa dicacah untuk campuran pembuatan pelet kelinci

Arachis Pintoi

Cocok di tanam sebagai tanaman hias pengganti rumput, a. pintoi termasuk tanaman yang tahan terhadap naungan. Mempunyai palatabilitas yg tinggi. Protein kasar di kisaran 13-25%, kecernaan bahan kering 60-70% dry. Kandungan tanin relatif rendah. Pemakaian Aracis Pintoi dalam 30% (hijauan) ransum pakan dapat meningkatkan berat badan 20-200% dan meningkatkan yield susu 20% dari produksi normal.


Vigna unguiculata / Kacang Tunggak

Nilai nutrisi tinggi: PK hijauan segar 14-21% dengan palatabilitas yang tinggi, konsumsi tinggi.

Synedrella Nodiflora Gaertn / Legetan

legetan

Mempunyai palatabilitas yang tinggi bagi kelinci, aman diberikan dalam jumlah banyak. Ini termasuk salah satu hijaun favoritnya si kelinci, ibarat kata "tak ada kelinci yang bisa menolak harumnya aroma Legetan..

Crassocephalum Crepidiodes / Sintrong

sintrong

Ada benarnya yang berpendapat jika Sintrong bagus di berikan saat kelinci hamil, karena Sintrong memiliki Protein Kasar mencapai 27 %, berhati-hatilah jika sebelumnya kelinci tidak pernah mengkonsumsi ini karena kandungan serat sintrong sangat kecil yaitu hanya 8% dan kandungan air yang tinggi. Mempunyai palatabilitas yg tinggi terhadap kelinci. Lebih baik di sebagai campuran jika sebelumnya kelinci tidak pernah mengkonsumsi ini.

Daun Nangka (Artocarpus Heteropyllus)

Potensi daun nangka dapat ditemukan disekitar pemukiman rakyat, dapat tumbuh dimusim kemarau maupun hujan. Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Daun-daun nangka merupakan pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm.Kandungan nutrient yang terdapat pada nangka adalah BK adalah 16%, abu 25% LK 4.4% BETN 20% SK 38%, PK 12.52%.

Lereside Glirisidia Sepium/gamal

Kelinci biasanya menolak memakan daun gamal karena baunya langu (bahasa jawa), namun hal ini dapat disiasati dengan melayukan daun gamal 12-24 jam sebelum diberikan sebagai pakan kelinci atau disajikan pada malam hari. Menurut pengalaman penulis penyajian seperti ini dapat menaikkan konsumsi pakan. 

TABEL NUTRISI GAMAL

No.

Jenis bahan

BK%

PK%

LK%

SK%

TDN%

 

Gamal berbunga

89,7

19,1

3

18

69

 

Gamal muda

90,1

22,7

4

13,3

75

Daun Pepaya (Carica papaya L.)

Daun pepaya ini mempunyai manfaat yang penting untuk mengobati kelinci yang susah makan atau juga baik untuk regenerasi pertumbuahan tulang khususnya ketika kelinci yang masih umur 1 bulan sampe 3 bulan, jadi apabila kelinci mengalami kelumpuhan di sebabkan karena kekurangan zat besi, dengan di kasih pakan daun pepaya ini nantinya akan menambah kekurangan zat besi tersebut. Kandungan gizi pada daun pepaya antara lain : Vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, Kalori 79 kal. Protein 8,0 mg, Lemak 2 gram, Hidrat Arang 11,9 gram, Kalsium 353 mg, fosfor 63mg, Besi 0,8 mg, air 75,4 gram. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Pemberian daun pepaya harus dilayukan min 4 jam , karena kondisi basah/segar getahnya membuat gatal mulu dan kerongkongan kelinci.

Daun umbi jalar

Daun umbi jalar memiliki kandungan air yang lumayan banyak. Biasanya kelinci suka banget dengan pakan ini, tapi jangan terlalu banyak karena mengandung air yang lumayan banyak, namun demikian apabila di berikan dalam jumlah banyak terlebih dahulu harus di layukan agar kandungan airnya sedikit berkurang.BK 88,46%, abu 14,22%, PK 25,51%, Sk 24,29%,LK 1,15% BETN 34,70%,, ca 0,79%, P 0,38% namun demikian ubi jalar mengandung antitripsin yaitu zat anti nutrisi yang dapat menghambat kecernaan protein . namun hal ini dapat di atasi dengan pengeringan sinar matahari , tekanan uap tinggi (80*c) dan pemanasan.

Rumput lapangan 

Rumput lapangan adalah salah satu alternative pakan alami kelinci yang mudah didapatkan   baik di lapangan maupun di persawahan. Rumput ini cukup direkomendasikan sebagai pakan kelinci karena memiliki kandungan nutrisi yang bagus dan memiliki kandungan air yang rendah serta kandungan serat yang tinggi.Kandungan nutrisi rumput lapangan adalah sebagai berikut: BK 21.8%, PK6.7%, SK34.2%, LK1.8%, TDN 56.2%

 Daun Pisang

Khususnya adalah daun pisang saba yang dijadikan pakan kelinci, pakan ini biasa diberikan apabila kelinci kekurangan serat, yang mengakibatkan kelinci mencret.Akan tetapi jangan terlalu banyak dalam memberi pakan, diberikan untuk campuran saja. 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:42
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.