Loading...

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sapi Jenis Ongole

Loading...
loading...

Jenis sapi ongole yang dimasyarakat peternak lokal sempat menjadi trend dan banyak dipelihara dikenal dengan sapi PO atau peranakan ongole. Sapi ini memiliki ciri khas dengan adanya punuk dan gelambir.

Hanya saja saat ini sapi jenis ongole ini kurang begitu populer lagi dikalangan peternak sapi lokal dan sudah mulai jarang yang mau mengembangbiakkannya. Hanya didaerah tertentu sapi PO ini masih dipelihara, sedang sebagian peternak sapi lokal lebih suka memelihara jenis limousin dan sapi simental atau yang lebih dikenal dengan sapi metal.


Bergesernya kegemaran memelihara sapi PO ke sapi jenis metal dan limo memang sangat beralasan. Sapi PO secara pertumbuhan berat badan ternyata masih kalah dengan jenis sapi limousin dan metal. Alasan inilah yang menjadikan peternak lokal lebih menyukai memelihara sapi selain PO karena dianggap lebih menguntungkan. Sapi jenis PO juga saat ini kurang disukai jagal jika dibandingkan dengan jenis Limo dan metal. Pada bobot yang berat diatas 500 kg, sapi jenis peranakan onggole memiliki kandungan lemak dalam daging yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan sapi metal. Meskipun demikian sebenarnya sapi ongole ini juga memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis sapi lainnya.

Berikut Ini Keunggulan Sapi Onggole dan Ciri-ciri Fisiknya

CIRI - CIRI SAPI ONGOLE

Warna putih sedikit keabu - abuan

Terdapat gelambir kulit dari rahang bawah hingga ujung dada bagian depan

Badan besar, panjang dan dalam, berpunuk di atas bahuKepala panjang, telinga kecil dan tegak

Paha besar, kulit tebal dan lepas

KEUNGGULAN SAPI ONGOLE

Tahan terhadap panas tinggi

Tahan terhadap Endo/Ektoparasit

Dapat menyesuaikan diri dengan pakan yang jelek

Pertumbuhan badan relatif cepat, persentase karkas tinggi

Jenis sapi ongole saat ini lebih banyak dicari saat menjelang hari raya kurban karena beberapa orang memang masih fanatik untuk selalu berkurban dengan jenis sapi ini, mungkin karena warnanya yang putih dan masalah kebiasaan sebelumnya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:41
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.