Manfaat Tersembunyi Dalam Buah Sawo Yang Patut Diketahui




Jika Anda Penggemar Buah Sawo, Maka Beberapa Manfaat Dari Buah Berwarna Coklat Ini Bisa Anda Dapatkan
Ada beberapa macam dan jenis sawo yang cukup terkenal di negara kita, namun tidak semua jenis sawo tersebut dapat dikonsumsi. Berbagai jenis sawo tersebut antara lain:
  • Sawo mentega : buah sawo jenis mentega memiliki bentuk bulat seperti telur terbalik dan memanjang dengan warna hijau mengkilap. Buah sawo yang satu ini memiliki rasa yang manis.
  • Sawo manila : sawo manila memiliki bentuk lonjong dan daging buah yang cukup tebal. Sawo manila memiliki banyak kandungan air dan populer di Asia Tenggara.
  • Sawo duren : memiliki bentuk bulat telur dengan kulit tebal dan banyak mengandung lateks. Sawo duren merupakan jenis sawo yang tidak dapat dimakan.
Tahukah anda jika buah sawo ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia? Hal ini dikarenakan buah sawo mengandung banyak khasiat dalam mengobati berbagai masalah kesehatan. Buah sawo mengandung asam folat sekita 14 mkg/100 g.
Sawo manila adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo, sauh atau sauh manila, atau ciku. Nama ilmiah dari sawo manila adalah: Manilkara zapota (wikipedia)
Kandungan asam folat dapat bermanfaat dalam membanu pembentukan sel darah merah. Selain itu asam folat juga dapat mencegah pembentukan homosistein yang dapat membahayakan kesehatan tubuh.
Buah sawo selain manis dan enak rasanya, ternyata dalam penelitian terbaru dapat berkhasiat untuk mempercantik kulit Anda sehingga kulit senantiasa bercahaya karena terjaga kelembabannya. Vitamin E yang melimpah pada buah sawo mampu mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.
Buah sawo adalah salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan disukai oleh banyak orang. Buah sawo disebut juga dengan sawo manila, dan buah ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan baik bagi kesehatan tubuh kita. Buah sawo banyak ditemukan di dataran rendah yaitu sekitar 300 mdpl, namun juga dapat tumbuh di dataran tinggi yaitu sekitar 2500 meter di atas permukaan laut.

Buah sawo memiliki biji di dalamnya yang disebut dengan kecik, maka ada juga yang menyebut buah berwarna coklat ini dengan sebutan sawo kecik. Sawo memiliki aneka macam kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh anda, di antaranya membuat kulit lebih lembab, mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Kandungan vitamin E dalam buah sawo tentunya baik bagi kesehatan kulit anda. Selain harganya yang murah, sawo juga mudah didapatkan di Indonesia.

Kandungan vitamin C dan vitamin A di dalam buah sawo, dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat melawan serangan radikal bebas serta mencegah terjadinya infeksi.
Daun sawo sangat baik untuk dijadikan pengobatan untuk radang pada mulut. Kulit buah sawo itu mengandung tannin, yang berguna untuk menghentikan diare. Bisa juga mengatasi gangguan paru-paru. Lateks atau getah susu dalam tanaman ini bisa dijadikan bahan untuk menambal gigi. Rebusan dari daun sawo duren bisa kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan juga rematik.
Buah sawo mengandung serat yang sangat tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsinya sangat bermanfaat dalam melancarkan saluran pencernaan di dalam usus. Apabila saluran pencernaan lancar dan sehat, maka akan terhindar dari gangguan pencernaan.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit berbahaya. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dialami oleh para ibu hamil. Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan. Para ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah sawo asal jangan berlebihan, secukupnya saja agar kandungan – kandungan Gizi dan nutrisi dalam buah sawo dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh si ibu dan janin di kandungannya.

Buah sawo yang masih mentah bisa digunakan sebagai ramuan untuk tahan lama saat diranjang. Meskipun saat masih mentah buah sawo ini memiliki rasa yang pahit dan sepet. Namun dipercaya bisa membuat pria menjadi kuat dan tahan lama saat diranjang.

Apa Saja Kandungan Nutrisi Dalam Buah Sawo?
Berikut adalah beberapa kandungan gizi dalam buah sawo :
  • Kandungan Natrium : 12 mg/100 gram.
  • Kandungan Kalium : 193 mg/100 gram.
  • Kandungan Vitamin A : 60 IU
  • Kandungan Vtamin C : 21 mg
  • Kandungan Vitamin B1 : 0,01 mg
  • Kandungan Kalsium : 25 mg
  • Kandungan Zat Besi : 1 mg
  • Kandungan Energi : 92 kkal
  • Kandungan Fosfor : 12 mg
  • Kandungan Protein : 0,5 gr
  • Kandungan Karbohidrat : 22,4 gr
  • Kandungan Lemak : 1,1 gr
Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan dan Kecantikan

Resep Sawo Untuk Obat Diare

Ambil 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air panas dan minum sekaligus setelah dingin atau hangat.
Cara kedua adalah satu buah sawo muda dicuci sampai bersih, kemudian diparut, diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari.

Bermanfaat Untuk Pembentukan Sel Darah Merah

Penelitian terbaru diketahui bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Resep Sawo Untuk Mengatasi Radang Mulut

Ambil satu mangkok daun sawo lalu cincang dan rebus dengan 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

Menjaga Kesehatan Tulang 

Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua. Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua nanti. kesehatan tulang merupakan salah satu aset penting untuk kita tua nanti.

Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi mata anda. Yaitu menyehatkan mata anda, jadi anda bisa mengkonsumsi buah yang lezat namun juga menyehatkan mata.

Pertumbuhan Tulang

Kita tahu bahwa protein baik bagi pertumbuhan apalagi bagi anak anak, nah anda bisa juga mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi buah sawo.

Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

Mencegah Kanker Usus

Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

Pencegahan Infeksi

Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.

Cara Meramu Sawo Untuk Mengobati Disentri

Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari. Sawo juga baik untuk pencernaan di dalam usus karena mengandung zat yang bernama inflamasi.

Sawo Bermanfaat Untuk Memelihara Kesehatan Gigi dan Mata

Buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Sehingga apabila mengonsumsinya secara rutin akan memelihara kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Namun walaupun kandungan fosfor dan kalsiumnya tinggi, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh balita karena akan mengganggu pencernaannya. Tulang yang kuat dan sehat adalah tabungan yang berharga untuk hari ini dan kelak setelah memasuki masa tua. Tulang tidak mudah rapuh sehingga dapat menyangga tubuh dengan lebih baik. Juga baik untuk mata karena buah sawo kaya akan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata kita.

Sawo merupakan tanaman yang banyak ditemukan disekitar lingkungan rumah. Sebab buah ini bila sudah matang memang sangat enak dan manis rasanya. Tapi tahukah anda kalau sawo yang masih mentah dan rasanya pahit ternyata bisa membuat pria kuat, perkasa dasyat diranjang Caranya dibuat jus.

Resep 1 khusus untuk stamina pria:

Bahan membuat Jus Sawo Mentah:

1. Siapkan sawo mentah 2 buah
2. Telur ayam kampung 2 butir (ambil kuningnya)
3. Madu asli 1 sendok makan
4. Susu kental 1 sendok makan
5. Terakhir tape ketan 2 biji aja.

Cara membuatnya sangat mudah:

1. Kupas Sawo mentah tersebut setelah itu cuci bersih sampai getahnya hilang setelah itu belah dua dan buang bijinya lalu parut hingga halus.
2. Masukkan sawo mentah yang sudah diparut tadi kedalam gelas, beri madu 1 sendok dan susu kental 1 sendok, diaduk hingga merata.
3. Anda tambahkan 2 biji tape ketan kedalam campuran sawo mentah, madu dan susu kental, aduk lagi hingga merata, terakhir anda tambahkan 2 biji kuning telur, setelah itu anda aduk lagi sampai merata.

Kalau sudah jusnya siap untuk diminum.

Lakukan meminum jus sawo mentah secara rutin seminggu sekali, dan dalam waktu 1 bulan sudah terlihat hasilnya. Jika sudah normal maka meminumnya cukup 2 minggu sekali saja.

Resep 2, masih untuk stamina khusus pria

Ambil buah sawo yang masih kecil istilh sundanya (pentil sawo) lalu kita parut atau ditumbuk juga boleh yang penting tujuannya kita mau mengambil airnya, setelah airnya diperas dicampur dengan sedikit garam agar airnya tidak terlalu sepet.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 07:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.