Jangan Buang Kulit Mlinjo Karena Bisa Cegah Asam Urat

Cegah Kambuhnya Asam Urat Dengan Memanfaatkan Kulit Mlinjo

Kalau daun dan biji melinjo bisa bikin asam urat, ternyata kulit melinjo malah bisa untuk mengobati dan mencegah asam urat.

Kulit mlinjo oleh sebagian orang sudah dimanfaatkan sebagai bahan masakan yang lezat dan ternyata tanpa diketahui sebelumnya bahwa kulit mlinjo tersebut memiliki beberapa kelebihan atau manfaat yang bisa membantu menyehatkan tubuh, diantaranya bisa mencegah kambuhnya asam urat,  untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, mencegah anemia dan pikun serta banyak manfaat kesehatan lainnya.

Berikut ini Beberapa Manfaat kulit Melinjo Bagi Kesehatan Tubuh:

1. Mencegah asam urat
Seperti yang dibahas sebelumnya, biji melinjo merupakan musuh utama penderita asam urat. Akan tetapi, kulit buahnya dapat menurunkan asam urat dengan cepat.

Profesor Subandi dari Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang lah yang mengungkap adanya manfaat kulit buah melinjo untuk kesehatan. Tak hanya itu, mahasiswa bimbingan Prof. Subandi, Sri Wulandari juga menemukan hal yang sama. Sri Wulandarai menemukan jika senyawa yang ada pada kulit buah melinjo mampu menghambat xantin oksidase-enzim (pensitesis asam urat) sehingga mengkonsumsi kulit buah ini sangat ampuh mencegah asam urat.

2. Sumber energi
Kulit melinjo mengandung kalori dalam jumlah tinggi, karenanya, mengkonsumsi kulit buah ini juga bisa menjadi alternatif pembangkit energi. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga bisa membuat perut merasa kenyang.

3. Menjaga kinerja otot
Kandungan protein di dalam kulit melinjo mampu memperbaiki kinerja otot. Tak hanya itu, jika dikonsumsi jangka panjang, kulit buah jenis ini juga bisa membantu pembentukan masa otot. Oleh karenanya, mengkonsumsi olahan yang terbuat dari kulit buah melinjo sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh kuat dan berotot.

4. Menjaga kepadatan tulang dan gigi
Kepadatan tulang dan gigi harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik ketika usia senja. Cara yang paling umum untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi adalah dengan mengkonsumsi susu berkalsium. Tapi, siapa yang menyangka jika kandungan fosfor dan kalsium dalam kulit melinjo juga dapat memperkuat tulang dan gigi. Caranya, cukup olah dan konsumsi kulit melinjo sebagai cemilan sesering mungkin.

5. Mencegah pikun
Kandungan protein dan vitamin dalam kulit buah melinjo sangat baik untuk kesehatan otak. Jika otak terjaga kesehatannya, maka Otak juga akan mempertahankan fungsinya untuk mengingat meskipun usia sudah tak lagi muda.

6. Memperbaiki penglihatan
Khasiat kulit buah melinjo lainnya adalah untuk memperbaiki penglihatan. Kandungan vitamin A di dalamnya mampu mempertajam penglihatan sekaligus menjaga mata tetap sehat.

7. Antioksidan
Antioksidan memegang peranan penting pada kesehatan tubuh, terutama untuk menangkal radikal bebas. Terkait hal ini, kulit buah melinjo ternyata juga dapat berperan sebagai antioksidan yang baik karena mengandung vitamin C.

8. Melancarkan peredaran darah
Kulit buah melinjo memang memiliki kandungan lemak. Akan tetapi, lemak yang ada pada kulit buah ini merupakan lemah baik yang mampu mengurangi lemak jahat dalam tubuh. Jika lemak jahat sudah berhasil dikurangi, maka secara otomatis peredaran darah akan makin lancar dan tubuh pun akan makin sehat.

Tak hanya sampai disitu saja. Jika peredaran darah lancar maka tubuh akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti, tekanan darah tinggi, stroke dan bahkan serangan jantung.

9. Mencegah anemia
Manfaat kulit melinjo yang terakhir adalah untuk mencegah anemia. Hal ini dikarenakan kulit buah melinjo mengandung zat besi yang sangat baik untuk pembentukan sel darah merah.

Sumber : asamurattinggisekali.com


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:03
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.