Loading...

Berapa Harga Burung Langka Cendrawasih Per Ekor?

Loading...

Meski Tergolong Burung Langka dan Dilindungi, Tetap Saja Ada Yang Melakukan Jual Beli Burung Cendrawasih ini, Berapa Harganya?

Harga burung cendrawasih sebenarnya tidak dapat dinilai mahalnya karena burung ini adalah burung langka yang memang dilindungi pemerintah agar tidak mengalami kepunahan. Saat ini harga burung cendrawasih mencapai jutaan rupiah dan mencarinyapun akan sangat sulit karena penjualnya akan secara sembunyi-sembunyi menawarkan burung ini agar lolos dari pengawasan dinas terkait.
Selama ini burung Cendrawasih dijual dalam 2 bentuk, yaitu burung hidup dan burung mati. Kebanyakan burung Cendrawasih hidup bisa didapatkan jika sudah dewasa mengingat burung yang masih kecil masih rentan. Selain itu, burung yang sudah didaftarkan kebanyakan adalah burung dewasa. Harga burung Cendrawasih diawetkan dengan yang masih hidup juga berbeda. Burung Untuk burung yang masih hidup dihargai mulai dari Rp 3.000.000 sampai dengan lebih dari Rp 10.000.000. kisaran harga tersebut menyesuaikan dengan jenis burung.
Ada yang beranggapan bahwa membeli burung cendrawasih awetan lebih baik daripada membeli yang masih hidup. Anggapan ini sebenarnya salah kaprah karena untuk menjual cendrawasih awetan maka pedagang burung juga akan membunuh cendrawasih hidup, jadi sama saja. Lain halnya jika bisa membeli cendrawasih hasil penangkaran yang memang ada bukti sertifikat yang valid dan legal maka hal ini bahkan bisa mendukung kelestarian burung cantik dan indah ini.

Tubuh burung Cendrawasih ditumbuhi oleh bulu-bulu panjang menjuntai pada bagian kepala, paruh dan sayap. Burung ini di sebut juga sebagai burung Paradise atau burung surga karena bulu-bulunya yang sangat indah dengan gradasi warna yang mengagumkan. Memang pantas bila Cendrawasih menyandang nama tersebut. Warna yang menghiasi bulu burung Cendrawasih merupakan perpaduan dari beberapa warna seperti cokelat, orange, hitam, kuning, biru, putih hijau, ungu dan merah. Perawakan burung Cendrawasih cukup beragam, mulai dari 15 cm dengan berat 50 gram hingga yang 110 cm dengan berat 430 gram.

Species Cendrawasih terbanyak ditengarai ada di Indonesia. Kabarnya dijumpai sekitar 30 jenis burung Cendrawasih dengan 28 di antaranya hidup di Papua. Bahkan burung Cendrawasih Kawat dijadikan sebagai maskot atau ikon Provinsi Papua. Oleh masyarakat adat, bulu-bulu burung Cendrawasih kerap dimanfaatkan dalam berbagai acara ritual dan membuat hiasan untuk pakaian adat. Sayangnya, populasi burung cantik ini mulai berkurang di pasaran, bahkan dirasakan cukup drastis penurunannya. Hal tersebut tidak lepas dari perburuan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Burung ini memang memiliki peminat yang sangat tinggi, baik untuk dipelihara hidup-hidup maupun yang sudah diawetkan. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa burung Cendrawasih berasal dari Papua.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:25
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.