Agar Burung Kacer Cepat Gacor, Ini Cara Merawatnya

Tips dan Cara Merawat Burung Kacer Agar Cepat Gacor, Kenali Sifat dan Karakteristik Burung Kacer
Kucica kampung adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae, tetapi kini dianggap sebaagi anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang.
Di alam liar, kacer punya musim berkembangbiak pada saat bulan-bulan tertentu, pastinya sesuai dengan wilayah persebarannya. Ada yang musim berkembangbiaknya dari mulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Namun juga ada kacer yang berlangsung di dalam kurun waktu berbeda, misalnya dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus.

Dan di waktu-waktu tersebut, suasana hutan telah menjadi habitatnya pun juga akan menjadi lebih ramai dengan suara kicauan kacer jantan yang pastinya menarik perhatian burung betina. Itu termasuk perilaku burung kacer saat berkembangbiak. Beberapa hari selanjutnya, burung betina akan memanggil kacer jantan dengan cara bergantian.

Lain halnya pada saat dikembangbiakkan pada sebuah kandang penangkaran. Sebab burung kacer tidak akan mengalami keadaan breeding seperti pada saat di alam liar yang hanya berlangsung di dalam kurun waktu tertentu. Apabila telah berjodoh, maka seekor burung kacer jantan dapat kawin dengan betinanya setiap hari. Hingga kacer betina bisa bertelur serta bisa mengerami anaknya. Pada saat anak kacer disapih, atau dipisahkan dari induknya. Dan kurang lebih 1-2 minggu selanjutnya, pasangan induk kacer ini mulai kawin serta berproduksi kembali.


Perawatan burung kacer khususnya sangat mudah jika kita bisa mempraktekan nya dengan benar namun biasanya untuk pemula sering terbata – bata dalam kata lain sering kesusahan dalam merawat burung kacer padahal untuk merawat burung ini sangatlah mudah .

Memberikan asupan makanan merupakan hal yang sangat penting sekali terutama pada burung kacer terlebih lagi burung kacer ini salah satu burung yang harus diberi Vitamin agar lebih sehat dan tentunya sesuai dengan harapan kita yaitu agar cepat gacor , pemberian makanan juga tidak boleh ngasal harus di sesuaikan dengan takaran yang pas dan tidak boleh berlebihan.

Untuk makanan burung kacer anda bisa memberi makan serangga , ulat hongkong , kroto dan beberapa serangga yang lain , untuk pemberian makanan juga harus sesuai takaran seperti apa yang sudah kami sebutkan tadi .

Berikan makanan jangkrik 1 hingga 3 ekor saja setiap sore dan pagi hari berarti ada sekitar 6 ekor jangkrik yang dikonsumsi untuk setiap hari nya.

Jangan lupa juga untuk memberikan makanan tambahan seperti vur khusus burung cukup 2 kali sehari saja .

Untuk minuman yang pas bagi burung kacer yaitu diberi minum air yang sudah di rebus seperti air minum kita , tujuan nya yaitu agar burung kacer lebih sehat , karena air merupakan tempat perkembang biakan kuman maka dari itu kita harus memasak air terlebih dahulu.

Untuk membersihkan kandang burung kacer sendiri anda bisa lakukan secara rutin , atau mungkin anda bisa melihat kandang burung kacer jika di rasa sudah menumpuk kotoran nya anda bisa bersihkan .

Lebih baik di bersihkan secara rutin 2 hari sekali juga cukup hal ini juga baik untuk kesehatan burung kacer , juga dapat menghindarkan burung kacer dari stress akibat lingkungan nya yang kurah bersih.

Bukan hanya kandang nya saja yang harus di bersihkan burung kacer juga harus selalu di mandikan dengan rutin agar burung tersebut selalu fresh dan berenerji dalam melakukan latian , nah untuk waktu pemandian burung kacer anda bisa atur yaitu pada pagi hari dari jam 7 hingga jam 10 pagi.

Jika sudah dimandikan anda bisa menjemur burung kacer di terik matahai namun pada waktu – waktu tertentu khususnya pada waktu pagi hari sekitar jam 9 hingga jam 10 pagi karena sinar matahari pada waktu tersebut tergolong sangat sehat dan baik untuk pertumbuhan burung kacer.

Pada tahap yang selanjutnya yaitu memasterkan burung kacer, setelah melewati beberapa perawatan rutin seharian burung kacer juga harus di latih suara nya ada beberapa metode yang digunakan oleh pecinta burung agar burung kacer cepat gacor yaitu dengan cara memasterkan burung kacer dengan jenis burung kicau yang lain nya.

Untuk memilih burung master anda harus jeli jangan asal memilih burung untuk dijadikan sebagai masteran , pilihlah burung yang memiliki kualitas terbaik . Atau anda bisa menggunakan altenative yaitu dengan menggunakan suara burung masteran yang di dapat di Internet.

Dengan mencari lawan sparring akan menjadikan burung kacer terbiasa akan situasi ramai saat lomba maupun kontes dengan melatih burung kacer melawan burung lain nantinya akan menghasilkan burung kacer yang berkualitas baik dan berani untuk di adu dengan burung kacer lain nya.

Dengan berlatih dan diadu akan membantu proses adapatasi burung kacer dengan lingkungan apalagi di saat lomba nantinya akan bersain dengan puluhan bahkan ratusan burung jenis yang lain tentunya kualitas nya juga sangat bagus.
Jenis-jenis Burung kacer terbaik di Indonesia:
  • Kecer sumatera atau kecer poci
Ciri khas kecer Sumatera yaitu memiliki kepala, leher, pinggang, dan ekor yang berwarna hitam. Namun bagian dada, perut, sayap tengah berwarna putih. Kelebihan jenis kecer ini yaitu dapat meniru suara burung lain.
  • Kecer Jawa Barat
Seperti namanya, kecer Jawa Barat berasal dari daerah Jawa Barat. Secara umum, bentuk tubuhnya atau perawakannya dan warna bulunya sama seperti kecer Sumatera. Namun  perbedaan kacer Jawa Barat dan Sumatera yaitu kecer Jawa Barat hanya memiliki bulu warna putih di bagian sayap tengahnya saja, sedangkan lainnya berwarna hitam.
  • Kecer madagaskar
Secara umum, karakteristik kecer Madagaskar dengan kecer sumatera tak ada bedanya jika dilihat dari warna bulunya. Namun, kecer Madagaskar memiliki bentuk tubuh yang bulat, serta mempunyai suara kristal dengan ekspresi mbagong yang lebih khas.
  • Kecer Kalimantan
Sama dengan lainnya, kecer Kalimantan juga memiliki karakteristik yang sama seperti kecer Sumatera jika dilihat dari warna bulunya. Namun pada bagian dadanya berwarna hitam. Selain itu, kecer Kalimantan memiliki warna hitam yang lebih pekat.
  • Kecer blorok
Kecer blorok merupakan jenis kecer hasil ari persilangan kecer sumatera dan kecer jawa. Dengan sedikit perbedaan kacer Sumatra dan Jawa Barat, maka menghasilkan jenis kecer blorok dengan karakteristik motif hitam putih ada bulu yang tak beraturan. Karena memiliki warna belang-belang tak beraturan ini lah, maka dinamakan kecer blorok
Beberapa karakteristik burung kacer:

1 .Burung Kacer Mudah Beradaptasi
Burung kacer termasuk golongan burung yang gampang jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

2. Burung Kacer Termasuk Burung Petarung
Burung kacer merupakan jenis burung yang memiliki jiwa petarung cukup kuat. Hal terlihat dari posturnya yang gagah dan kokoh.

3. Burung Kacer Mudah Marah
Dibalik sifatnya yang mudah beradaptasi, ternyata burung kacer membawa sifat bawaan sebagai burung petarung yaitu mudah marah.

4. Burung Kacer Mudah Jinak
Burung kacer tergolong burung yang mudah jinak. Jadi jika Anda termasuk golongan pemula di dunia perburungan, Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat merawat burung ini.

5. Burung Kacer Bisa Mbagong Pada Kondisi Tertentu.
Burung kacer juga dapat mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya dapat turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu pemberian suplemen makanan yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Agar kondisi burung kacer kesayangan tetap prima dan tidak mudah mbagong, Anda bisa melakukan beberapa langkah perawatan berikut ini:

1. Bersihkan Sangkar Setiap Hari
Anda harus membersihkan sangkar burung kacer setiap hari agar kondisi sangkar senantiasa bersih. Hal ini bertujuan agar burung kacer tidak mudah terserang penyakit akibat sangkar yang kurang bersih.

2. Mandikan Burung secara Teratur
Selain membersihkan sangkar burung secara teratur, burung kacer juga harus dimandikan setiap pagi dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan agar burung kacer tidak mudah terserang kutu dan penyakit.

3. Letakkan Burung di Area yang Segar dan Kaya Oksigen
Setelah burung dimandikan, Anda sebaiknya mengangin-anginkannya di tempat yang rindang dan asri. Tempat yang segar dan kaya oksigen sangat bagus untuk kondisi psikologis si burung sehingga tidak mudah stres.

4. Berikan Makanan yang Bergizi dan Disukai oleh Burung Kacer
Makanan yang bergizi merupakan salah satu hal penting yang berpengaruh pada kesehatan dan kualitas burung Kacer. Beberapa jenis makanan yang baik bagi burung kacer antara lain: voer sebagai makanan utama, jangkrik dan kroto sebagai makanan tambahan.

5 Jemur Burung
Burung kacer juga dapat mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya dapat turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu pemberian suplemen makanan yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Jangan lupa untuk menjemur burung ketika pagi hari. Lakukan antara pukul 7 hingga 9 pagi agar burung mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari yang sangat bagus bagi kesehatan dan ketahanan tubuhnya. Saat menjemur, usahakan burung tidak bertemu dengan burung kacer lainnya.

6. Kondisikan Sangkar Burung Tertutup
Setelah burung kacer dimandikan, diberi makan dan dijemur, saatnya burung kacer dimasukkan kembali ke dalam sangkar yang tertutup. Hal ini memudahkan Anda dalam melatih burung tersebut agar menjadi juara.

7. Latih Burung Kacer agar Menjadi Master
Tidak ada kemenangan tanpa proses perjuangan. Demikian juga saat Anda ingin burung kacer milik Anda menjadi juara, Anda harus melatihnya mendengarkan suara master setiap hari. Beberapa pilihan suara master yang tersedia dalam format mp3 antara lain Cucak Jenggot, Parkit, Sogok Ontong, dan Gereja Tarung.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:13
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.