loading...

Nama dan Foto Jenis Ayam Hias Populer Layak Dipelihara

Loading...
Macam-macam Jenis Ayam Hias, Mulai Yang Berjambul Hingga Berekor Panjang dan Berumbai

Jenis Ayam Jambul Poland

Ayam ini merupakan jenis ayam yang memiliki keunikan, yaitu memiliki jambul. Sesuai dengan namanya, ayam jenis ini memiliki bulu yang berwarna putih dan lebat seperti kapas. Nama Ayam Poland memang terkadang membingungkan bagi para penghobi ayam hias, karena banyak orang yang menyebutnya dengan sebutan Ayam Polandia dan berasal dari Polandia. Namun menurut beberapa sumber, Ayam Poland berasal dari Belanda. Ayam Poland biasa disebut dengan ayam polish, ayam polandia, ayam jambul atau ayam mahkota. Salah satu keunikan dari ayam ini adalah bulu kepalanya yang lebat sehingga menutupi matanya. Ayam Poland Dewasa

Jenis Ayam Serama

Ayam jenis ayam ini cukup banyak penggemarnya di Indonesia. Ukuran tubuh yang mungil dan bulunya yang indah menjadi alasan orang menyukai jenis ayam ini. Selain itu, ayam ini memiliki keunikan, yaitu bisa berdiri tegak dengan membusungkan dadanya meskipun sedang berjalan.

Jenis Ayam Ketawa

Ayam ini memiliki nama yang unik. Hal ini disesuaikan dengan tingkah lakunya yang suka bersuara dan suaranya mirip dengan orang yang sedang tertawa. Disarankan bagi hobiis untuk memelihara ayam ini karena mudah dipelihara dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca. Ayam Ketawa merupakan ayam asli Indonesia tepatnya 183 km utara kota Makassar, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa mempunyai beberapa jenis yang dibagi berdasarkan suara yang dihasilkan. Terdapat 3 jenis ayam ketawa, yaitu Ketawa Gretek, Ketawa Slow dan Ketawa Dangdut. Salah satu keunikan ayam ini yaitu suaranya terdengar seperti orang tertawa.

Jenis Ayam Pelung

Ayam ini merupakan ayam asli Indonesia yang berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi. Ada pula ayam balenggek, merupakan jenis ayam yang berasal dari Sumatra Barat. Ayam ini cukup pandai dalam berkokok dengan suara merdunya dan iramanya bersusun-susun. Ayam Cemani merupakan salah satu ayam asli Indonesia yang berasal dari Karisidenan tepatnya dari daerah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Ayam ini banyak dikembangbiakkan di Desa Kedu, Desa Beji dan Desa Kahuripan, Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung sejak abad ke 20. Ciri khas dari Ayam Cemani ini adalah warnanya yang serba hitam. Harga dari ayam ini cukup fantastik.

Jenis Ayam Onagodari

Ayam ini merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Jepang. Ayam ini memiliki bulu yang berwarna putih bersih dan ada juga yang berwarna hitam. Bentuk ekornya cukup unik, yaitu berumbai-rumbai panjang sehingga ayam ini terlihat sangat anggun.



Selain ekornya yang panjang, ayam onagadori mempunyai warna bulu yang juga eksotis. Beberapa warna yang banyak dijumpai adalah putih, hitam-merah, hitam-perak, hitam-emas, merah-emas, maupun variasi dari beberapa warna. Meski pemeliharaanya juga hampir sama dengan jenis ayam yang lain, akan tetapi kandang untuk onagadori sebaiknya harus disesuaikan agar keindahan bulu ayam ini tidak rusak.


Ayam Onagadori Merah Hitam


Ayam Onagadori Albino


Ayam Onagadori Putih Merah

Ayam Onagadori merupakan ayam yang berasal dari Jepang yang telah dikembangbiakkan tiga abad lalu. Nama Onagadori berasal dari “O” yang berarti ekor, “naga” yang berarti panjang, dan “dori” yang berarti unggas. Jadi arti Onagadori adalah ayam atau unggas yang memiliki ekor yang panjang. Salah satu keunikan dari ayam ini adalah ekornya yang panjang, dan di negara asalnya bisa mencapai 15 meter, namun di Indonesia hanya bisa mencapai 1, 5 meter dengan perawatan yang bagus. Ayam onagadori juga mendapat julukan unggas yang terhormat. Namun jika dilihat dari jenisnya, gelar ayam yang terhormat memang tidak salah. Perkembangan ayam ini masih sedikit, jadi jika Anda ingin mencoba beternak ayam asli jepang ini tentunya masih banyak kesempatan.

Jenis Ayam Kate 

Ayam kate mempunyai perawakan yang kecil, berkaki pendek dan unik karena memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam biasa, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik dan tingkah laku.
Ciri Ciri Ayam Kate lokal :
Warna bulunya putih mulus tapi ada juga yang hitam mulus atau hitam kehijauan. Jengger dan pialnya sangat mencolok, karena besar dan merah. Jengger berbentuk wilah – Kaki pendek abu-abu – Kuku dan paruh putih.

Ternak ayam kate adalah salah satu bisnis yang berpeluang besar. Ayam kate memiliki bentuk tubuh yang kecil dan sering dijadikan sebagaii ayam hias. Ayam kate jika dilihat secara fisik memang memiliki bentuk yang berbeda dengan jenis ayam kampung biasa. Tubuhnya yang kecil tentu saja membuat berat daging ayam kate juga kecil. Meskipun tidak cocok sebagai ayam pedaging ataupun petelur, ayam ini sangat cocok dipelihara dan dirawat sebagai ayam hiasan di rumah karena tubuhnya yang lucu. Harga ayam kate juga terbilang tinggi dan mampu menghasilkan telur yang baik meskipun tidak sebanyak ayam petelur.

Jenis Ayam Hutan Hijau

Ayam Hutan Hijau ini tersebar disekitar Jawa, Bali, Kangean, dan Flores.
Ciri-cirinya adalah sebagai berikut :
Ayam Hutan Hijau Jantan panjangnya kira-kira 70 cm Beratnya 0,7 – 1,5 Kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap dengan ujung ke kuning-kuningan. Bulu ekor panjang melengkung hitam, Bulu leher kecil-kecil merah kekuning-kuningan. Jengger bulat rata Pial tunggal – Bunyi kokoknya ce-ki-krek.
Ayam Hutan Hijau Betina :
Panjang kira-kira 40 cm
Bulunya kuning pucat
Beratnya 0,5 – 0,8 Kg
Produksi telur 3 – 5 butir / musim

Jenis Ayam Hutan Merah 

Ayam ini tersebar mulai dari India sampai ke China dan Indonesia. Ada 5 sub spesies ayam hutan merah, dua diantaranya terdapat di Indonesia, yakni Gallus-gallus di Sumatera dan Gallus-gallus bankiva di Jawa dan Madura, sedangkan Gallus-gallus murghi terdapat di India dan Bangladesh. Gallus-gallus spadiceus di Myanmar dan Vietnam dan Gallus-gallus jaboullei di China Selatan serta pulau Hainan.
Ciri-ciri Ayam Hutan Merah :
Bobot ayam jantan dewasa 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg. Produksi telur 5 – 7 butir permusim. Jantan memiliki bulu leher yang panjang dan sempit dan bulu dada hitam. Jengger berbentuk willah bergerigi merah. Pial double, merah. Bunyi kokoknya “ku-ku-ru-yuk” seperti ayam jantan biasa. Ayam ini tersebar di Jawa dan Madura.

Jenis Ayam Hias Sumatra 

Ayam hias Sumatra ini merupakan ayam lokal yang berkembang di Sumatera Barat Ciri-cirinya adalah Perawakannya tegap, gagah tapi ukuran tubuhnya kecil. Ayam jantan berkepala kecil, tetapi tengkoraknya lebar. Paruh pendek, kukuh dan hitam. Kuping kecil, hitam. Jengger wilah merah. Kulit muka merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Bobot ayam jantan dewasa sekitar 2 kg dan betina 1,5 kg.

Jenis Ayam Kapas

Ayam Kapas merupakan salah satu unggas yang berasal dari negeri China, Marcopolo mengenalkan ayam kapas ini ke negara- negara di Eropa. Ciri khas dari Ayam Kapas adalah memiliki bulu yang berbeda dengan ayam jenis lainnya, karena folikel bulu tidak melekat antara satu dengan yang lainnya sehingga nampak seperti kapas atau sutera. Bulu yang panjang memang berfungsi untuk menjaga tubuh mereka agar tetap hangat saat cuaca ekstrim di China. Keunikannya yang lain adalah jumlah jarinya yang berjumlah lima sementara untuk unggas yang lainnya berjari empat. Ayam Kapas Dewasa Sepasang

Jenis Ayam Mutiara

Ayam Mutiara merupakan keluarga burung (Aves) dan bukan ayam yang kemudian dikenal dengan nama ayam mutiara. Ayam Mutiara berasal dari daratan Afrika yang pada habitat aslinya hidup bergerombol di semak-semak sabana. Meski dari keluarga burung, ayam mutiara juga tidak suka terbang tinggi, tetapi Anda jangan terkejut jika sewaktu-waktu ayam mutiara dapat terbang tinggi. Salah satu keunikan ayam mutiara adalah bertelur di musim penghujan. Ayam ini dapat bertelur 50 sampai 100 butir dalam sekali bertelur. Ayam Mutiara Dewasa

Jenis Ayam Batik

Ayam batik adalah sejenis ayam yang memiliki motif menyerupai motif kain batik yang terletak pada bulu tubuhnya. Ayam batik terbagi menjadi dua macam, yaitu ayam batik kanada dan batik itali. Ayam batik kanada memiliki warna bulu hitam dan keemasan, sedangkan ayam batik itali memiliki perpaduan antara warna putih dan hitam. Ayam Batik juga disebut dengan ayam Sebright (dalam bahasa Inggris) yang berasal dari pengembang ayam ini yaitu Sir John Saunders Sebright. Keunikan ayam batik terletak pada bulunya dan postur tubuhnya yang relatif kecil, bertelur kecil tetapi banyak dikembangbiakkan sebagai ayam hias/ pameran. Orang-orang Indonesia menyebutnya dengan sebutan ayam batik karena ciri khas warna bulunya yang menyerupai motif batik.

Ayam sebright ini bukanlah ayam asli Indonesia karena asal-usulnya memang berasal dari Inggris. Diduga bibit ayam ini berasal dari Itali, maka ayam sebright juga sering disebut dengan ayam itali. Dan ayam tersebut memang sudah ada di Indonesia sejak dahulu menurut cerita masyarakat yang sudah beredar, meski hanya orang-orang tertentu saja yang memilikinya. Bahkan dulu ayam ini untuk dikonsumsi oleh beberapa orang yang memeliharanya. Hingga akhirnya ayam tersebut dibudidayakan dalam bentuk ayam hias sebagai lahan bisnis setelah diketahui bahwa ayam tersebut memiliki harga jual yang tinggi.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:28
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.