Loading...

Jenis-Jenis Ternak Unta dan Keunggulannya

Loading...
loading...
Ternak Unta, Binatang gurung yang tahan panas dan pandai menyimpan air
Onta atau Unta merupakan spesies dari genus Camelus. Onta sendiri ada 2 jenis yaitu Onta berpunuk satu (Camelus dromedarius), dan Onta berpunuk dua (Camelus bactrianus) dimana keduanya hidup di daerah beriklim kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Unta digunakan dalam perang selama berabad-abad. Mereka digunakan dalam ribuan peperangan di Arab dan Kekaisaran Romawi. Unta juga dilatih untuk membawa perbekalan tentara selama Perang Dunia I
Meski memiliki telinga berukuran kecil, tetapi unta memiliki pendengaran yang sangat baik. Mereka juga terkenal dapat minum hingga 7 galon dalam sehari.
Onta berpunuk satu hidup di wilayah Afrika Utara dan Timur Tengah. Sedangkan ONta berpunuk dua hidup di wilayah Australia, Mongolia, dan wilayah Gurun Gobi Cina. Di Australia populasi Onta semakin menurun setelah adanya pembantaian onta yang dituduh sebagai penyumbang gas rumah kaca dan penyebab pemanasan global.
Unta atau Onta adalah dua spesies hewan berkuku belah dari genus Camelus yang hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah unta adalah: Camelus
Onta memiliki bentuk kaki yang unik yang cocok untuk berjalan di pasir tanpa tenggelam, meski tubuhnya besar dan membawa beban yang berat. Masing-masing kaki memiliki dua jari kaki besar untuk memperluas permukaan. Tinggi onta bisa mencapai 7 kaki dengan ebrat badan mencapai 750 kg.

Onta pertama kali dijinakkan oleh manusia sekitar 5000 tahun yang lalu untuk digunakan sebagai hewan pekerja, diperah susunya, atau dimakan dagingnya. Onta dapat hidup hingga usia 30 sampai 50 tahun.
Unta Arab (dromedaris) hidup di kawasan afrika utara dan timur tengah serta anak benua India. Jumlahnya saat ini sekitar 14 juta ekor. Di afrika utara, unta arab sangat berperan bagi sebagian negara, seperti Somalia dan Ethiopia. Di sana unta dimanfaatkan susunya.
Unta baktrian hidup dikawasan Gurun Gobi di Tiongkok, Mongolia dan Australia. Unta bactrian saat ini jumlahnya menurun sekitar 1.4 juta yang disebabkan berbagai faktor, salah satunya pembunuhan massal unta di Australia. Unta di dianggap menjadi penyumbang gas rumah kaca dan dianggap menjadi biang kerok terjadinya global warming.
Onta yang hidup di daerah keras dan kering memiliki beberapa kemampuan bertahan hidup yang luar biasa. Mereka dapat terus hidup meski tidak makan dan minum selama berhari-hari. Hal ini dikarenakan onta mampu menyimpan cadangan lemak khusus yang sangat banyak di punuknya. Lemak tersebut suatu saat bisa diubah menjadi air dengan bantuan oksigen. Satu gram air dapat dihasilkan dari sau gram lemak di punuk onta.

Kemampuan adaptasi lainnya yang luar biasa adalah, sistem respirasinya meninggalkan sedikit sekali jejak uap air. uap air yang keluar dari paru-paru diserap kembali oleh tubuhnya melalui sel khusus yang terdapat di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan suatu saat dapat diambil.

Mereka juga mampu hidup di padang pasir yang sangat panas (hingga 41 derajat celcius) di siang hari dan dingin di malam hari. Pada suhu yang lebih dari 41 derajat celcius, onta akan mulai berkeringat. Namun proses berkeringat tersebut hanya terjadi pada kulitnya saja. Keunikan tersebut membuat mereka mampu menghemat cadangan air yang cukup banyak.

Kebanyakan makhluk hidup hanya mampu bertahan hidup hingga kehilangan massa 3%-4%, jika lebih dari itu maka darahnya akan mengental dan menyebabkan gagal jantung, dan mati. Namun lain dengan onta, mereka mampu bertahan hingga kehilangan massa sebanyak 20%-25% dari tubuhnya.

Sel darah onta berbentuk bulat tidak oval seperti makhluk hidup lainnya. Sehingga darah onta tidak akan mengental pada kondisi yang jika menimpa makhluk hidup lain maka darah mereka akan mengental. Berkat bentuk sel darah mereka yang berbeda ini pula, onta memiliki sistem kekebalan tubuh yang unik juga.

Onta memiliki usus dan ginjal yang sangat efisien dalam menyerap air dalam makanan. Sehingga urin mereka sangat kental, dan kotoran mereka snagat kering. Bahkan kotoran onta yang baru keluarpun akan menyala kalo dibakar.

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh onta adalah, susu mereka jauh lebih bernutrisi dibandingkan dengan susu sapi.Onta adalah binatang herbivora. Makanan mereka adalah kurma, daun, gandum, daun, dan bahkan duri pun bisa dimakannya. Onta dapat membawa beban hingga seberat 500 kg.

Unta juga memiliki bulu mata yang tebal untuk melindungi mata mereka saat melintas gurun pasir, atau saat terjadi badai pasir. Onta juga dapat menutup lubang hidung dan bibirnya untuk mencegah agar pasir tidak masuk.

Fakta Menarik tentang Ternak Unta
  • Unta dewasa bisa mencapai tinggi 1,8-2 meter dengan berat 800 kg serta dapat hidup hingga 50 tahun.
  • Masa kehamilan berlangsung antara 11-12 bulan dengan unta yang baru lahir tidak memiliki punuk.
  • Unta memiliki dasar kaki lunak dan memiliki dua jari pada setiap kaki. Mereka adalah mamalia berkuku.
    Kaki unta memiliki bantalan kasar sehingga memungkinkan mereka untuk berjalan di atas pasir tanpa tenggelam.
    Untuk ukuran hewan sebesar ini, unta memiliki sepasang telinga yang kecil, tapi tetap punya pendengaran yang baik.
  • Mata unta dilengkapi dengan dua baris bulu mata lebat untuk melindungi mata dari pasir.
    Unta dapat menutup lubang hidung, telinga, dan mulut selama badai pasir untuk mencegah partikel pasir memasuki tubuh!
    Hidung unta memiliki kemampuan unik untuk menjebak uap air dan mengembalikan ke tubuh sehingga mencegah hilangnya air akibat respirasi.
    Unta adalah herbivora dengan makanan terdiri dari rumput, gandum, dan kurma.
  • Dilengkapi dengan mulut dan lidah yang kuat, unta dapat dengan mudah mengunyah tanaman gurun berduri.
    Bibir unta memiliki belahan unik yang membantunya saat merumput.
    Seekor unta dapat memakan tanaman hijau dan memanfaatkan kandungan airnya tanpa perlu minum air lagi.
    Tetapi pada saat yang sama, unta juga mampu mengonsumsi hingga 150 liter air sekali minum.
    Unta mengonsumsi makanan tinggi garam, dan bahkan dapat minum air yang sangat asin.
    Unta peliharaan kadang-kadang makan potongan garam sehingga tubuh mereka mendapatkan jumlah garam yang diperlukan.
  • Unta adalah ruminansia atau hewan memamah biak. Perut mereka dibagi menjadi empat ruang.
    Bulu unta yang memiliki warna krem ​​sampai coklat, memiliki kemampuan memantulkan sinar matahari sehingga melindunginya dari terik padang pasir.
    Unta adalah satu-satunya mamalia yang memiliki sel darah merah dengan bentuk berbeda.
    Dibandingkan dengan mamalia lain, unta memiliki sel berbentuk oval.
    Bentuk sel seperti ini memungkinkan unta bisa minum sejumlah besar air tanpa takut sel darah akan membelah karena kadar air berlebih.
  • Bentuk oval juga membantu sel-sel tetap bergerak dan mengalir saat mengalami dehidrasi.
    Meskipun unta dapat mengalami dehidrasi, darah mereka memiliki kemampuan menahan air dan tetap terhidrasi.
    Tidak seperti binatang lainnya di mana kehilangan 15% air dapat mengakibatkan kematian, unta dapat menahan hilangnya cairan melalui keringat sebanyak 25% -40%.
    Organ tubuh internal unta berkembang dengan baik untuk membantu mereka bertahan hidup di iklim panas dan tanpa air.
  • Ginjal dan usus unta dapat menahan sejumlah besar air. Urin unta amat kental seperti sirup dan kotoran mereka begitu kering sehingga digunakan sebagai bahan bakar oleh orang-orang yang tinggal di gurun.
    Unta memuntahkan sebagian makanan yang belum dicerna saat terancam atau merasa terganggu.
  • Hewan ini memiliki kaki yang sangat panjang yang membantu menjaga tubuh mereka tetap berada pada ketinggian di atas tanah.
  • Selama cuaca sangat panas, unta lebih memilih untuk berjalan daripada berdiri atau duduk.
    Unta bisa menendang semua kaki mereka dalam 4 arah. Jadi hati-hati saat mereka sedang marah.
    Suku nomaden yang hidup di padang pasir Afrika minum susu unta.
  • Susu unta juga dibuat menjadi yoghurt, mentega, dan keju. Daging unta dan bahkan darah dianggap sebagai hidangan lezat di beberapa negara di Timur Tengah.
  • Bulu unta juga merupakan komoditas berharga di negara-negara tersebut dan digunakan untuk membuat pakaian dan karpet.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.