Loading...

Panduan Merawat dan Memelihara Burung Kacer

Loading...
loading...
Burung Kacer by wikipedia
Memelihara Burung Kacer - Kucica Kampung Agar Rajin Berkicau
Kucica kampung adalah burung pengicau kecil yang sebelumnya dikelompokkan sebagai anggota keluarga Turdidae, tetapi kini dianggap sebagai anggota Muscicapidae. Burung ini berwarna hitam dan putih dengan ekor yang panjang. Menururt Wikipedia, nama ilmiah burung ini adalah Copsychus saularis
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merawat Burung Kacer

1 .Burung Kacer Mudah Beradaptasi

Burung kacer termasuk golongan burung yang gampang jinak dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.

2. Burung Kacer Termasuk Burung Petarung
Burung kacer yang suka nggacor adalah berjenis jantan, jadi buat kalian yang ingin memelihara burung kacer untuk ikut serta dalam perlombaan maka beli dan pelihara saja yang berjenis kelamin jantan.
Burung kacer merupakan jenis burung yang memiliki jiwa petarung cukup kuat. Hal terlihat dari posturnya yang gagah dan kokoh.

3. Burung Kacer Mudah Marah

Dibalik sifatnya yang mudah beradaptasi, ternyata burung kacer membawa sifat bawaan sebagai burung petarung yaitu mudah marah.

4. Burung Kacer Mudah Jinak

Burung kacer tergolong burung yang mudah jinak. Jadi jika Anda termasuk golongan pemula di dunia perburungan, Anda tidak perlu khawatir kesulitan saat merawat burung ini.

5. Burung Kacer Bisa Mbagong Pada Kondisi Tertentu.

Burung kacer juga dapat mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya dapat turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu pemberian suplemen makanan yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Cara Merawat Kacer Agar Rajin Berkicau:

1. Bersihkan Sangkar Setiap Hari

Anda harus membersihkan sangkar burung kacer setiap hari agar kondisi sangkar senantiasa bersih. Hal ini bertujuan agar burung kacer tidak mudah terserang penyakit akibat sangkar yang kurang bersih.
Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan karena semakin bersih maka semakin sehat pula burung kacer tersebut, berbeda halnya apabila kandang terlihat kotor maka burung kacer tersebut malas untuk bergerak dan berkicau.
2. Mandikan Burung secara Teratur

Selain membersihkan sangkar burung secara teratur, burung kacer juga harus dimandikan setiap pagi dan sore hari. Hal ini perlu dilakukan agar burung kacer tidak mudah terserang kutu dan penyakit.
Berikan air minum yang bersih, sebaiknya air dimasak terlebih dahulu baru diberikan pada kacer. Karena air yang bersih tentu akan membuat tenggorokannya lebih ringan, dan terhindar dari bakteri yang mengganggu tenggorokan, sehingga suaranya akan lebih plong dan tidak serak.
3. Letakkan Burung di Area yang Segar dan Kaya Oksigen

Setelah burung dimandikan, Anda sebaiknya mengangin-anginkannya di tempat yang rindang dan asri. Tempat yang segar dan kaya oksigen sangat bagus untuk kondisi psikologis si burung sehingga tidak mudah stres.

4. Berikan Makanan yang Bergizi dan Disukai oleh Burung Kacer

Makanan yang bergizi merupakan salah satu hal penting yang berpengaruh pada kesehatan dan kualitas burung Kacer. Beberapa jenis makanan yang baik bagi burung kacer antara lain: voer sebagai makanan utama, jangkrik dan kroto sebagai makanan tambahan.
Kualitas pakan juga sangat mempengaruhi suara gacoran burung kacer tersebut, semakin bagus kualitasnya maka semakin cepat pula burung ini ceat gacor. Anda juga bisa memberikan makanan extra seperti kroto, ulat Hongkong, jangkrik, belalang, ulat bambu, ulat kandang, kelabang dan sejenisnya. Vitamin tambahan seminggu sekali juga cukup membantu membuat kacer tampil prima, dan agar kesehatannya tetap terjaga.
Pemberian pakan tambahan juga cukup penting dalam menunjang performa kacer, selain sebagai variasi tambahan yang membuat kacer agar tidak bosan juga kebutuhan gizinya akan semakin lengkap dan terpenuhi. Adapun pakan Extra Fooding yang diberikan bisa berupa: ulat hongkong, kroto, jangkrik, belalang, ulat bambu, ulat kandang, kelabang, dan lain sebagainya.

5 Jemur Burung

Burung kacer juga dapat mengalami kondisi mbagong atau mbedesi. Jika burung ini sudah mbagong atau mbedesi, harganya dapat turun drastis di kisaran ratusan ribu. Beberapa penyebab burung kacer mbagong yaitu pemberian suplemen makanan yang terlalu banyak, sedang tinggi birahi, atau sedang dalam kondisi stres.

Jangan lupa untuk menjemur burung ketika pagi hari. Lakukan antara pukul 7 hingga 9 pagi agar burung mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari yang sangat bagus bagi kesehatan dan ketahanan tubuhnya. Saat menjemur, usahakan burung tidak bertemu dengan burung kacer lainnya.

6. Kondisikan Sangkar Burung Tertutup
Meletakkan kacer di lingkungan nyaman memang seharusnya, jangan sampai membiarkan kacer berada di lingkungan yang rama dan terdapat banyak pengganggu, baik pengganggu dari jenis kendaraan, manusia, ataupun juga binatang seperti kucing, cicak, semut, dan lain-lain.
Setelah burung kacer dimandikan, diberi makan dan dijemur, saatnya burung kacer dimasukkan kembali ke dalam sangkar yang tertutup. Hal ini memudahkan Anda dalam melatih burung tersebut agar menjadi juara.

7. Latih Burung Kacer agar Menjadi Master
Pemasteran yang baik bisa anda lakukan pada sore hari, bisa juga malam hari sampai pagi, hal ini sesuaikan sendiri dengan kebiasaannya dan kondisinya. Apabila kondisi malam hari teramat dingin suhunya, maka sebaiknya biarkan kacer istirahat, dan ganti dengan sore hari
Tidak ada kemenangan tanpa proses perjuangan. Demikian juga saat Anda ingin burung kacer milik Anda menjadi juara, Anda harus melatihnya mendengarkan suara master setiap hari. Beberapa pilihan suara master yang tersedia dalam format mp3 antara lain Cucak Jenggot, Parkit, Sogok Ontong, dan Gereja Tarung.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.