Loading...

Nangka, Buah Desa Yang Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Loading...
Buah Nangka
Di Indonesia pohon nangka ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam). 
Buah nangka, siapa tidak kenal nangka? Buah yang kulitnya diselimuti duri tetapi duri yang lunak tidak seperti duri pada durian. Saat masih muda, warna nangka hijau dan akan berubah menguning saat menjelang tua atau masak. Nuah nangka memiliki aroma yang khas ketika masak yaitu aroma harum khas nangka. Nangka yang  masih muda sangat bergetah dan tidak mungkin langsung dimakan karena rasanya "sepet". Nangka muda hanya layak dijadikan bahan masakan.

Yogyakarta adalah kota yang bisa diidentikkan dengan nangka karena dikota inilah nangka menjadi bahan masakan yang mendunia. Siapa yang tidak tahu Gudeg Yogya? Betul..! Bahan dasar gudeg yogya adalah nangka. Siapa kira masakan gudeg yang awalnya adalah makanan "ndeso" bisa jadi oleh-oleh khas yogya yang dikemas secara khusus seperti gudeg "kendil" contohnya. Gudeg kendil memiliki kekhasan pada wadahnya yang berupa kendil atau semacam kuali kecil. Isi gudeg kendil biasanya paket lengkap yaitu gudeg sendiri (nangka), telur rebus dan ayam. Bagaimana rasanya? jangan ditanya kalau kata Pak Bondan Mak Nyuss.

Kalau di Jawa Timur seperti di Malang dan di Probolinggo, nangka lebih banyak dibuat keripik yaitu keripik nangka. Rasa keripik nangka juga bisa dibuat bermacam-macam seperti original yang cenderung manis atau bisa dicampur dengan perisa makanan lain sesuai selera.


Nah, sekarang kita coba kenalan lebih dalam dengan buah yang namanya NANGKA ini. Nangka merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari India dan menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia pohon ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

Nangka masuk dalam suku  Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Kalau dalam bahasa Inggris disebut jack fruit (buah jack?). Pohonnya merupakan tanaman tahunan yang mudah tumbuh bahkan diarea yang kurang subur juga gampang sekali tumbuh dan berkembang. Bisa dikembangbiakkan dengan bijinya, oh ya hampir lupa, biji nangka juga enak kalau direbus dengan ditambah sedikit garam, setelah empuk tinggal diangkat dan didinginkan, selanjutnya silakan dinikmati. Jangan lupa kulit bijinya dikupas terlebih dahulu karena kulit bijinya lumayan keras dan bisa nyangkut ditenggorokan.
Jadi kalau mau menanam nangka sangatlah mudah, beli saja nangka masak yang sudah benar-benar tua, pilih bijinya yang besar dan kondisi bagus kemudian keringkan seharian dibawah sinar matahari setalah itu siap ditanam, bisa langsung tanam ditanah atau menggunakan polybag. Gampang sekali bukan?

Manfaat Buah Nangka.

Ini yang terpenting, ternyata nangka disamping sebagai bahan masakan dan juga enak dikonsumsi langsung ketika sudah masak, juga memiliki banyak manfaat. Daging buah nangka mempunyai zat tepung dan buah ini juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan sumber makanan yang kaya vitamin A, C, thiamin, kalium, kalsium, riboflavin, zat besi, niasin, dan seng. Buah ini juga mempunyai serat yang rendah kalori sehingga baik untuk pasien penyakit jantung. Berikut adalah sepuluh manfaat nangka bagi kesehatan tubuh kita, seperti yang dilansir di Boldsky.
  • Salah satu kandungan nutrisinya adalah Kalium. Kalium dalam nangka efektif dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung karena bisa menurunkan tekanan darah.
  • Nangka juga mempunyai Zat besi. Kandungan zat besi dalam buah yang berserat ini membantu mencegah anemia dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Akar pohon nangka adalah obat yang baik bagi orang yang menderita asma. Merebus akar dan ekstrak nangka ternyata dapat membantu untuk mengontrol asma.
  • Salah satu manfaat kesehatan dari nangka adalah melindungi tiroid sehat. Mineral mikro dan tembaga dalam nangka juga efektif untuk metabolisme tiroid. Hal ini sangat baik untuk memproduksi hormon dan penyerapan.
  • Manfaat kesehatan dari nangka untuk tulang. Buah ini baik untuk anak-anak muda dalam menjaga kesehatan tulang. Nangka kaya akan magnesium yang memperkuat tulang dan mencegah tubuh dari gangguan tulang seperti osteoporosis.
  • Kaya vitamin C dan A. Manfaat gizi dari nangka adalah sumber makanana yang kaya akan vitamin C dan A. Nutrisi anti-oksidan dalam nangka memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi dari infeksi bakteri dan virus. 
  • Dengan phyto-nutrisi dan vitamin C, nangka memiliki sifat anti kanker dan anti-penuaan. Nutrisi ini bisa menjauhkan Anda dari bahaya kanker dan memperlambat degenerasi sel untuk mencegah tubuh dari penyakit degeneratif. 
  • Nangka dapat menjadi Sumber Energi. Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa dalam buah nangka menjadikannya sebuah sumber energi. Nangka dapat meningkatkan energi dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. 
  • Nangka bisa menyembuhkan borok dan gangguan pencernaan. Buah berserat tinggi ini mencegah sembelit dan memperlancar gerakan usus.
  • Nangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit. Buah ini mengandung vitamin A yang memelihara kesehatan mata dan kelembutan kulit. Nangka juga mencegah gangguan mata seperti degenerasi makula dan rabun senja.
Jadi, jangan kita meremehkan buah "ndeso" ini, karena dari hasil penelitian begitu banyak manfaat yang dikandung buah nangka bagi kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi buah nangka tidak boleh berlebihan karena efeknya bisa perut terasa panas dan jika tidak kuat bisa diare atau mencret.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:59
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.