Loading...

Mengapa Harga Kulit Sapi dan Kambing Turun Saat Idul Adha?

Loading...

Kulit sapi dan kambing adalah hasil samping dari pemotongan ternak sapi dan juga ternak kambing yang masih memiliki nilai ekonomis tinggi dan memiliki harga yang layak diperhitungkan sebagai tambahan penghasilan para jagal sapi. Bahkan kadang kulit sapi dan kambing ini merupakan penutup kerugian bagi jagal saat harga sapi dan kambing dipasaran mahal.

Harga kulit ternak sapi dan kambing memang sangat tergantung permintaan dan ketersediaan. Saat ini harga kulit sapi tergolong tinggi akibat aktifitas pemotongan di RPH yang turun drastis sehingga jumlah kulit yang beredar dipasaran juga terbatas.

Pada musim-musim tertentu, harga kulit akan turun dengan sendirinya saat pasokan melimpah dipasaran. Saat tersebut antara lain adalah ketika tiba hari raya kurban dimana penyembelihan ternak kurban yang kebanyakan berupa sapi dan kambing dilakukan diseluruh pelosok negeri.

Saat hari raya Idul Adha adalah saatnya panen para penjual atau pedagang kulit. Stok kulit tersedia melimpah sehingga harga otomatis turun drastis. Kadang untuk mengantisipasi turunnya harga kulit, jagal juga sementara stop tidak memotong sapi saat hari raya kurban hingga 3 hari setelahnya.

Selain harga kulit yang turun, daging sapi juga tidak begitu laku di pasaran. Hal ini tentunya sangat normal karena saat hari raya tersebut daging sapi dan kambing gratis beredar dimana-mana.

Hari raya Idul Adha juga adalah hari dimana para jagal seyogyanya berisitirahat dari kegiatan pemotongan sapi karena hampir setiap malam jagal full kerja tidak perduli hari minggu maupun hari libur lainnya. Jagal sapi umumnya hanya libur pada hari H lebaran Idul Fitri dan sekitar 3 hari pada saat hari raya Idul Adha.

Jadi sangatlah wajar jika saat hari raya kurban hargan kulit sapi dan kambing akan turun akibat banyaknya peredaran kulit hewan kurban yang dibagikan gratis oleh panitia kurban maupun pemilik sapi kepada fakir miskin dan dijual oleh penerima kulit tersebut pada pedagang kulit dengan harga miring.

Selamat Menyambut Hari Raya Idul Adha
Tetap Jaga Semangat Untuk Para Pelaku Bisnis Peternakan, Jagal, Penjual Daging, Blantik, Peternak Sapi Lokal, Peternak kambing, Pengelola RPH, Dinas Peternakan, Penyuluh Peternakan, Mantri IB dll. Semoga kedepan peternak akan lebih baik lagi nasibnya.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 08:24
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.