Loading...

Jenis-jenis Kuda Poni dan Berapa Harganya?

Loading...

Kuda poni atau kuda mini memang banyak diminati para penggemar kuda sebagai kuda hias meskipun sebenarnya kuda jenis ini juga banyak digunakan sebagai alat transportasi.

Harga Kuda Poni
Berapa harga kuda poni? Harga pastinya berbeda-beda tergantung jenis dan keunggulannya. Harga kuda poni berkisar antara puluhan juta rupiah, ada juga yang menginformasikan jika harga kuda poni ini bisa mencapai ratusan juta untuk jenis tertentu. Jadi untuk harga kuda poni memang tidak spesifik karena sangat tergantung dengan jenis dan kualitas kuda poninya. Untuk jenis yang langka dan banyak dicari maka harganya bisa sangat mahal.

Hewan kecil pemakan rumput ini, jika mereka sangat kelaparan mereka dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda kecil yang satu ini juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang cukup tajam lho. Kuda juga termasuk dalam mamalia berkuku ganjil. Kuda, keledai dan zebra memiliki kesamaan yang membuatnya berbeda hanyalah kulit saja. Perbedaan yang paling jelas terletak pada besar dan bentuk telinga, semua kuda memiliki bulu surai yang tegak dan suatu garis gelap yang memanjang di punggung. Mungkin beberapa jenis kuda poni ada yang terlihat berbeda namun semuanya cenderung bersifat kuat dan mandiri, inilah yang merupakan ciri khas dari kuda poni ini.
Jenis-jenis Kuda Poni

Salah satu jenis kuda yang berasal dari pengelompokkan modern groups adalah tipe pony horse. Kuda poni memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu tinggi badan kurang dari 1,5 m, memiliki punggung yang relatif pendek, tinggi badan dengan tanah lebih kecil dari panjang badannya (kaki panjang), wajah cenderung berbentuk pendek, telinga berbentuk kecil dan suka bergerak (agresif).

Jenis-jenis kuda pony yang tingkat eksistensinya masih berada yaitu kuda iceland. Kuda Iceland adalah kuda yang memiliki tinggi 1,3 m dan umumnya kuda tersebut dipelihara secara semi extensive. Kuda Iceland banyak digunakan untuk sebagai ternak kerja dan dibeberapa event internasional digunakan untuk berkompetisi. Selanjutnya jenis kuda pony lainnya adalah Kuda Sumbawa. Kuda Sumbawa umumnya kecil dengan tinggi rata-rata 1,27 m dan mempunyai kepala yang besar dengan leher yang pendek serta warna dominan adalah dun (krem).

Kuda Sumbawa umumnya digunakan sebagai pertunjukkan dan dagingnya dikonsumsi. Kuda ini diperkirakan berasal dari bangsa China, Portugis, dan India dan dibawa ke Indonesia. Selain Kuda Sumbawa, Indonesia juga memiliki kuda yang tergolong kuda poni yaitu Kuda Batak dan Kuda Jawa, kedua kuda ini lebih cenderung dimanfaatkan sebagai alat transportasi dan kuda ini memiliki tinggi antara 1,27 m – 1,32 m.
Kuda merupakan hewan terakhir yang didomesitikasi, kira-kira pada 3.000 BC. Kuda banyak didomestikasi di asia tengah. Kuda (Equus Caballus), adalah hewan yang cenderung bersifat agresif meskipun telah dijinakkan untuk kebutuhan sehari-hari. Kuda adalah hewan pemakan rumput, namun bila dalam keadaan terpaksa kuda dapat pula memakan daun dan tunas muda. Disamping itu kuda memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam.Tiga bangsa yang mempengaruhi pengembangan bangsa kuda modern, yaitu Barb (Afrika utara), Arabian (Arab), dan Spanish (Spanyol). Kuda dikelompokkan dengan berbagai acuan yang dipakai, mulai dari berdasarkan sertifikat (studbook), suhu lingkungan hingga pengelompokkan berdasarkan modern groups. 
Di negara Inggris, kuda poni yang berukuran kecil adalah jenis Shetland yang berukuran sekitar tujuh tangan. Sedangkan jenis kuda poni yang paling tua adalah kuda poni Exmoor yang mirip dengan kuda yang digunakan oleh para penduduk Inggris sebelum kerajaan Romawi. Kuda poni memiliki banyak keunggulan didalam bidang-bidang tertentu namun manajemen hewan ternak ini adalah salah satu hewan ternak yang dalam perawatan, kebutuhan pakannya cenderung lebih mahal dan kehidupannya harus teratur (tidak dapat dibebaskan).


Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.