Loading...

Harga Sapi Madura Terbaru 2018 Bulan Maret - April

Loading...
loading...

Berapa Harga Sapi Madura Saat Ini? Dan Berapa Estimasi Harga Saat Hari Raya Kurban?

Sapi Madura adalah jenis sapi dengan tulang kecil yang memiliki ukuran yang termasuk dalam kelompok sapi-sapi bertubuh kecil. Sapi Madura yang siap potong biasanya hanya memiliki berat sekitar 250 - 350 kg dan dengan berat tersebut umur sapi-sapi ini sudah tergolong dewasa.

Harga sapi Madura umumnya akan mengalami kenaikkan yang cukup signifikan saat menjelang hari raya Idul Adha. Hal ini karena sapi Madura adalah salah satu jenis sapi yang sangat diminati untuk kurban.

Dengan berat sapi di kisaran 250 - 300 kg dan harga jual sekitar Rp 12.000.000 - 18.000.000 per ekor maka harga sapi ini sangat sesuai dengan budget kebanyakan dari mereka yang ingin berkurban seekor sapi.

Dengan perhitungan sapi 1 ekor bisa digunakan untuk berkurban 7 orang maka biaya per orang dengan membeli sapi madura hanya berkisar 2 jutaan per orang.
Untuk sapi bakalan biasanya dicari sapi Madura dengan berat berkisar antara 150 - 200 kg dengan harga sekitar Rp 8.000.000 - Rp 10.000.000 per ekor.
Untuk sapi potong sebenarnya sapi Madura memang tidak sepopuler sapi jenis limousin maupun simental. Disamping karena tidak semua pasar hewan di Jawa Timur terdapat sapi Madura, sapi ini memang lebih populer sebagai sapi kurban.

Harga sapi Madura untuk potongan jagal masih berkisar antara Rp 13.000.000 - Rp 19.000.000 per ekor tergantung dengan besar kecil sapinya.
Estimasi Harga Sapi Madura untuk Kurban yang paling disukai adalah antara Rp 14.000.000 - Rp 16.000.000 per ekor.
Sapi Madura umumnya hanya diminati oleh jagal-jagal yang memang hanya membutuhkan sapi kecil karena omset penjualan dagingnya yang memang sedikit dan biasanya mereka menjual daging yang benar-benar murni tanpa lemak.

Pasar hewan yang bisa dikunjungi untuk berbelanja sapi Madura tentunya yang paling mudah adalah di pasar hewan pulau Madura sebagai sumber utama sapi Madura seperti di Tanah Merah, di Bangkalan dan di Sumenep.

Tetapi jika kita tidak sempat ke pulau Madura maka bisa berbelanja di Pasar hewan di Jawa Timur seperti di Probolinggo yaitu di pasar hewan Wonoasih - Kedopok dan bisa juga di pasar hewan Banyuanyar.

Untuk hari pasarannya adalah hari Selasa dan Sabtu untuk pasar hewan Wonoasih dengan jam operasionalnya mulai pukul 2 siang hingga pukul 8 malam. Sedangkan di pasar hewan Banyuanyar mulai pukul 1 siang sampai pukul 6 sore dan hanya buka setiap hari Rabu. Jam operasional bersifat fleksibel, saat transaksi banyak dalam arti pembeli banyak dan populasi sapi jual juga banyak maka jam operasional bisa lebih lama lagi.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:51
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.