loading...

Brazil, Eksportir Daging Sapi dan Ayam Terbesar Di Dunia

loading...
Sapi Jenis Nelore, Andalan Brazil Untuk Produksi Daging Sapi dan Menjadi Eksportir Terbesar

Brazil Berhasil Mengalahkan Australia Dalam Jumlah Ekspor Daging Sapi Terbanyak
Brazil, memiliki peran penting dalam hal suplai daging sapi dan ayam. Setidaknya ada 150 negara yang menggantungkan sumber daging ayam dan sapinya dari Brazil. Mulai dari Afrika Selatan, Mesir, Arab Saudi, Singapura, Filipina, hingga Rusia, mereka semua mengandalkan impor daging ayam dan sapi dari Brazil.
Brazil menjadi eksportir ayam terbesar di dunia, yang menguasai 40 persen ekspor ayam secara global. Ia juga menjadi eksportir terbesar dunia untuk daging sapi, menguasai sekitar 20 persen pasar. Sepanjang 2016, Brazil mengekspor 1,85 juta metrik ton sapi, dengan total nilai ekspor $4,3 miliar.

“Tidak ada negara yang sepenuhnya bisa menggantikan Brazil di pasar ayam dunia, saya berani mengatakan, tidak ada negara yang mampu melakukannya saat ini,” ujar Jose Vicente Ferraz, Direktur Informa Economics Group-FNP di Brazil.

Perkataan Jose bisa jadi benar. Di Hongkong, penghentian impor daging dan ayam dari Brazil membawa masalah baru. Restoran dan pemasok daging di Hong Kong menghadapi kesulitan sejak Rabu (22/3), setelah larangan impor ayam dari Brazil dicetuskan. Pihak hotel dan restoran telah menghubungi para importir untuk mencari kemungkinan melanggar aturan.

"Hong Kong mengimpor sebagian besar daging dari luar negeri. Negara-negara lain mungkin bisa mengatasi, tetapi Hong Kong tidak bisa,” ujar seorang sumber pelaku industri kepada CNBC.

Korea Selatan telah kembali membuka pintu untuk impor daging dari Brazil setelah mengetahui bahwa perusahaan pengimpor ke wilayah Asia tak termasuk dalam daftar 21 perusahaan yang terlibat skandal.

Selain Brazil, ada negara-negara lain yang menjadi eksportir daging di dunia. India misalnya, jumlah ekspor dagingnya sebenarnya melebihi Brazil, hanya saja, India bukan mengekspor daging sapi, melainkan daging kerbau. Beberapa menu makanan yang menggunakan sapi tentu akan berbeda rasanya jika digantikan kerbau.

Selain India, ada Australia. Tahun 2016, Australia berada di posisi kedua dalam hal ekspor daging sapi, ia mengekspor 1,52 juta metrik ton. Padahal, setahun sebelumnya, Australia berada di posisi paling atas. Jumlah ekspornya mengalahkan Brazil.

Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Kanada juga merupakan negara pengekspor daging terbesar. Akan tetapi, selisih total ekspor ketiga negara ini masih jauh dari Brazil dan Australia. Selandia Baru misalnya, tahun 2016 hanya mengekspor 584 metrik ton daging sapi. Itu mengapa dalam waktu dekat, tak ada yang bisa menggantikan suplai daging dari Brazil.

Sumber tirto.co.id

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:09
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.