loading...

Kiat Memilih Pedet Yang Bagus Untuk Penggemukan

loading...

Apa Saja Ciri-ciri Pedet Yang Bagus Untuk Digemukkan dan Bisa Cepat Pertumbuhannya?

Berikut ini beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan dalam pemilihan bibit sapi atau pedet yang akan dipelihara dan digemukkan dalam jangka waktu tertentu.

Pilihlah Pedet Dari Bangsa Sapi Potong Unggulan
Untuk saat ini yang paling disukai oleh para peternak sapi lokal adalah jenis limousin dan simmental. Memang kedua jenis sapi ini sudah terbukti memiliki pertumbuhan dan pertambahan bobot badan yang sangat bagus. Dengan pakan yang cukup secara gizi dan jumlah, jenis sapi limo dan metal ini bisa memiliki kenaikkan berat badan harian antara 1,5 - 2 kg.
Ada satu lagi jenis yang sedang dikembangkan pemerintah yaitu Belgian Blue, jenis sapi super unggul dengan double musclenya sehingga saat tumbuh dewasa perototan sapi ini bisa mirip si leher beton mike tyson. Jika sudah beredar dipasaran maka sangat disarankan untuk mencoba menggemukkan sapi ini karena berdasarkan informasi pertambahan berat badan hariannya tidak kalah dengan jenis limousin dan simmental.

Umur Pedet
Usahakan memilih pedet yang benar-benar sudah lepas sapih minimal usia 4 bulan, lebih bagus lagi pilihlah pedet yang sudah berumur sekitar 6 - 8 bulan dan sudah mulai suka memakan hijauan dan mulai berlatih makan konsentrat. Sebelum umur 1 tahun sebaiknya pedet lebih banyak diberikan pakan hiajau agar pertumbuhan tulangnya lebih berkembang.

Tulang Pedet Kompak 
Yang dimaksud dengan tulang yang kompak disini adalah penulangan pedet terlihat kokoh dan nampak besar. Jangan memilih pedet penggemukan yang memiliki tulang terlihat kecil karena saat berat sapi mencapai ratusan kg dikhawatirkan kekuatan tulangnya tidak akan mampu menopang bobot badannya. Pedet terlihat panjang, tidak pendek dengan tinggi yang cukup.

Mata Pedet Terlihat Cerah
Jangan memilih pedet yang memiliki pandangan sayu dan tidak cerah apalagi dengan mata yang terlihat buram. Pandangan mata yang sayu dan tidak cerah bisa mengindikasikan jika pedet tersebut kurang sehat.

Pilih Pedet Dengan Bulu Yang Mengkilat Seperti Berminyak
Bulu  pedet yang bagus terlihat cerah dan berminyak. Jangan memilih pedet yang bulunya terlihat berdiri karena ada indikasi pedet tersebut kurang sehat.

Pilih Pedet Yang Tidak Terlalu Gemuk dan Tidak Terlalu Kurus
Biasanya peternak baru suka memilih pedet yang sudah sangat gemuk untuk dibeli dan dipelihara. Sebenarnya ini kurang tepat, sebaiknya pilihlah pedet yang dalam kondisi sedang tetapi sehat, Jangan memilih pedet yang terlalu kurus apalagi sampai yang perutnya buncit karena indikasinya pedet terserang cacingan dan mungkin penyakit lain seperti pneumonia misalnya.

Pilih Pedet Dengan Punggung Lurus
Pedet atau  bibit sapi dengan punggung yang lurus akan sangat bagus digemukkan karena performance ini sangat diperlukan saat sapi mencapai berat ratusan kg bahkan sampai 1 ton. Jika memilih sapi dengan punggung melengkung maka dikhawatirkan saat sapi tersebut semakin besar performance sapi akan terlihat jelek dimana punggung jadi tambah melengkung dan akhirnya perut terliat menggelayut atau menggantung.

Pedet Dengan Tubuh Bagian Depan Terlihat Lebar
Pedet dengan penampakan tubuh bagian depat terlihat lebar akan sangat mendukung pertumbuhan dan performance pedet pada saat menjadi sapi dewasa.

Bentuk Kaki dan Posisi kaki Pedet
Hindari memilih pedet yang memiliki bentuk kaki seperti huruf O dan X apalagi sampai yang kakinya suka menyilang-nyilang. Kaki kokoh dengan tulang yang besar sangat dianjurkan untuk dipilih jika ingin memelihara pedet hingga mencapai bobot 1 ton atau lebih.

Pedet Terlihat Lincah Dan Nafsu Makan Bagus
Terakhir pilihlah pedet yang terlihat lincah, aktif bergerak dan saat anda coba berikan pakan responnya bagus. Nafsu makan pedet yang bagus akan sangat menunjang pertumbuhan pedet menjadi "monster sapi" yang diharapkan.

Demikian beberapa tips memilih pedet untuk digemukkan agar memiliki pertambahan bobot badan yang cepat dan performance yang bagus.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 03:14
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.