loading...

Keuntungan Memelihara Sapi Secara Koloni

loading...

Bagaimana Cara Mengatasi Keterbatasan Lahan atau Kandang Jika Ingin Beternak Sapi Lokal Dalam Jumlah Cukup Banyak?

Selama ini peternak sapi lokal umumnya memelihara sapi hanya sekitar 1 - 2 ekor saja dan itupun hanya sebatas sebagai tabungan saja dan bukan usaha pokok. Usaha pokok yang dimaksud adalah bahwa peternak benar-benar 100% mengandalkan penghasilannya dari memelihara sapi lokal.

Peternak kecil yang tersebar dipedesaan-pedesaan di negara kita sangatlah banyak dan inilah sebenarnya yang merupakan penyangga dan penopang utama keberadaan sapi lokal yang ada di Indonesia. Jarang ada pengusaha besar yang fokus memelihara khusus sapi lokal dalam jumlah ribuan. Sebagai contoh di Jawa Timur saja baru ada satu perusahaan besar yang memelihara dan menggemukkan sapi lokal jenis limousin dan simmental dalam jumlah ribuan dan kalau tidak keliru mencapai hampir 3000 ekor.

Salah satu keterbatasan peternak sapi lokal dalam mengembangkan usahanya disamping minimnya modal adalah terbatasnya lahan atau pekarangan untuk lokasi kandang. Jika lokasi lahan kandang harus menyewa maka usaha peternakannya akan lebih banyak membutuhkan dana dan biaya pemeliharaan menjadi tidak efisien.

Memang jika untuk memelihara sapi lokal dengan sistem diikat satu persatu akan membutuhkan lahan kandang yang cukup luas. Bagaimana mengatasi hal tersebut?

Solusi terbaiknya adalah memelihara sapi lokal dalam sistem koloni atau dengan kandang lepas dimana sapi lokal tersebut tidak perlu diikat.

Sebagai ilustrasi, dengan ukuran kandang panjang 10 meter dan lebar 5 meter jika dengan sistem ikat kita paling banyak hanya bisa memelihara 7 - 8 ekor sapi, tetapi jika menggunakan sistem lepas dan kandang diberi pagar keliling maka dalam satu kandang ukuran tersebut kita bisa memelihara hingga 12 ekor sapi dan tentunya ini akan lebih efisien.

Memelihara sapi dengan sistem kandang lepas juga akan lebih menguntungkan. Keunggulan memelihara sapi lokal tanpa diikat antara lain:
  • Sapi lebih bebas dan lebih sehat
  • Pertumbuhan perototan bagus sehingga performance sapi lebih disukai jagal
  • Lebih efisien
  • Nafsu makan sapi lebih bagus karena merasa ada persaingan dengan kelompoknya

Disamping ada kelebihan tentunya ada kekurangannya juga, antara lain:
  • Ada resiko sapi tarung
  • Jika pemberian pakan kurang maka sapi yang kurang agresif bisa kekurangan pakan
Tips Memelihara Sapi dengan Sistem Kandang Lepas:
  • Usahakan memelihara sapi mulai dari usia pedet dalam 1 koloni karena hal ini bisa sangat mengurangi keagresifan untuk tarung
  • Jangan mencampurkan sapi antar koloni, sebisa mungkin sapi yang sudah dari awal satu kelompok tetap dipelihara dalam satu kelompok sampai sapi tersebut panen dan dijual
  • Kondisikan agar ketersediaan air minum terus menerus, jangan sampai kekurangan air minum
  • Berikan pakan sapi dalam jumlah cukup, baik secara kualitas maupun kuantitas.
  • Perhatikan lantai kandang, jaga agar tidak terlalu halus yang berakibat lantai menjadi licin tetapi juga jangan terlalu kasar karena akan merusak kuku sapi.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 02:29
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.