Jenis Sapi Beefalo, Hasil Persilangan Sapi Dengan Bison

Mengenal Ternak Blasteran Baru Jenis Beefalo, Persilangan Antara Bison Amerika dengan Sapi Brahman Australia

Apa itu Beefalo? Satu-satunya ternak eksperimental ‘Beefalo’ di negara bagian Queensland akhirnya membuahkan hasil. Beefalo adalah hasil kawin silang antara sapi lokal Australia dengan bison atau kerbau asal Amerika Serikat.
Beefalo (Persilangan Sapi Domestik dan Bison Amerika) Beefalo adalah hewan ternak hasil persilangan antara sapi domesik dengan bison Amerika. Persilangan ini dimaksudkan untuk mengombinasikan karakter dari kedua induk sehingga menghasilkan produksi daging yang opimal. Hewan yang memiliki sosok besar mirip bison ini pertama kali muncul atau disilangkan pada tahun 1965. Memiliki daging mirip bison tetapi rendah lemak dan kolesterol. Memiliki sifat jinak seperti sapi dan lebih mampu beradaptasi dengan iklim dingin serta memiliki tingkat pertumbuhan yang cepat.
Peternak Beefalo dari Queensland Utara, Christina della Valle, telah merawat ternaknya di peternakan Proserpine, selama 15 tahun.

Tiap tahun, ia melahirkan hampir 30 anak Beefalo, yang ia kembangkan berat badannya hingga sekitar 400 kilogram pada usia 2,5 tahun.

Christina, yang juga beternak babi organik, menjelaskan, proses kawin silang ini adalah salah satu ‘usaha gilanya’.

“Saya terpesona dengan ide pembuahan buatan antara sapi droughtmaster saya dan sperma Beefalo, karena ini genetis, dan hal yang berbau genetis adalah kesukaan saya. Saya tak punya bibit kerbau sedari awal. Saya mulai dengan sperma Beefalo dari Amerika,” jelasnya.

Ia menjual daging Beefalo di sejumlah pasar di Queensland utara dan mengatakan, para pelanggan yang mencobanya pertama kali akan datang untuk kali berikutnya.

“Definisi saya tentang Beefalo yaitu daging sapi dengan sentuhan daging kerbau, dan sentuhan daging kerbau itu yang membuat dagingnya tak berlemak, cantik dan sehat,” tuturnya.

Ia mengatakan, agar daging cocok dengan kriteria ‘Beefalo’, keturunan silangnya harus memiliki setidaknya 17% atau lebih gen kerbau.


Sementara kerbau merumput adalah pemandangan yang tak lazim, betis Beefalo justru terlihat mirip dengan hewan ternak biasa.

Christina menjelaskan, salah satu anak Beefalo, yang dalam hal ini adalah persilangan antara kerbau dengan sapi Brahman, memiliki warna kulit kerbau dan bentuk badan serupa sapi muda yang belum pernah beranak.

Sumber tribunnews.com dan sumber lainnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:35
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.