Loading...

Harga Sapi Lokal Terbaru 2018 Awal Maret

Loading...

Harga sapi jenis limousin dan simmental yang secara umum disebut sapi lokal dipasar hewan terlihat stabil. Harga kadang naik kadang turun tetapi tidak signifikan hanya tergantung situasi pasar hewan. Saat stock sapi jual melimpah dan pembeli sedikit maka harga sapi lokal akan cenderung turun dan demikian juga sebaliknya, tataniaga yang sederhana sebenarnya.

Harga sapi lokal biasanya akan mengalami kenaikkan drastis pada saat musim tertentu seperti menjelang hari raya Idul Fitri dan hari raya Kurban atau Idul Adha. Itupun hanya untuk jenis sapi dengan ukuran tertentu.

Menjelang idul fitri sapi yang menjadi favorit adalah sapi-sapi dengan ukuran besar sehingga harga sapi dengan ukuran besar semisal berat 500 - 700 kg harganya akan sangat bagus menjelang idul fitri. Sementara menjelang idul adha harga sapi berukuran kecil sekitar 250 - 300 kg akan menjadi primadona yang diburu pembeli sehingga harganya bisa naik drastis sementara sapi dengan ukuran besar yang tidak diminati bisa turun.

Berapa Harga Sapi Lokal di Pasar Hewan Pada Awal Maret 2018?
Berikut daftar estimasi harga sapi lokal dipasaran Jawa Timur dan Jawa Tengah berdasarkan informasi dari berbagai sumber yaitu dari blantik, pedagang sapi, peternak dan juga jagal.
  • Harga sapi pedetan jenis limousin dan simental jantan berkisar antara 8 jutaan sampai 11 jutaan per ekor
  • Harga sapi metal bakalan dan limosin bakalan berkisar antara  13 jutaan hingga 17 jutaan per ekor
  • Harga sapi siap potong lokal jenis limo dan metal berkisar antara 16 jutaan hingga 25 jutaan per ekor
  • Harga sapi jenis PO sedikit lebih murah daripada jenis limousin dan simental dengan selisih harga antara 1 juta hingga 2 jutaan tergantung kualitas sapinya
  • Harga pedetan sapi perah jenis FH berkisar antara 5 jutaan hingga 6 jutaan untuk jenis kelamin jantan
  • Harga sapi FH jantan siap potong 18 jutaan hingga 20 jutaan

Harga-harga diatas adalah harga untuk ukuran sapi potong standar, untuk sapi potong dengan ukuran besar harga bisa mencapai 30 jutaan per ekor. Harga sangat tergantung kualitas dan ukuran sapi. Karena dipasar hewan berlaku harga taksiran atau istilahnya jogrogan maka para pedagang, jagal maupun pembeli sapi biasanya mendasarkan penaksirannya pada perkiraan hasil karkas yang akan diperoleh saat dipotong. Perkiraan atau penaksiran berat karkas ini tentunya mempertimbangkan banyak hal seperti gemuk atau tidaknya sapi, perkiraan berat hidup sapi, tebal tipisnya kulit sapi dan juga panjang pendeknya ukuran badan sapi serta faktor lain yang kadang-kadang merupakan rahasia tersendiri dari para jagal.

Harga diatas bisa saja berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda antara hari pasaran yang satu dengan hari pasaran berikutnya meskipun lokasi pasar hewannya sama.

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:21
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.