Loading...

Harga Pedet FH Jantan Terbaru Awal Maret 2018, Semakin Tertekan

Loading...

Harga Pedet 2018. Sapi perah jenis Frisian Holstein atau FH memang tidak hanya bermanfaat sebagai produsen susu yang berkualitas dan unggul dalam kuantitas produksi. Sapi FH sudah lama dikembangkan di Indonesia karena kemampuannya beradaptasi dengan iklim dinegara kita.

Dalam beberapa tahun terakhir ini peranan sapi fh sebagai sapi potong sudah sangat populer. Selain pedet betina yang kemudian dikembangkan lagi sebagai indukan dan juga penghasil susu maka peternakan sapi perah ini juga menghasilkan pedet jantan yang kemudian digemukkan dan dijadikan sebagai sapi potong yang berkualitas.

Jenis sapi potong yang berasal dari fh jantan ini sangat disukai oleh masyarakat karena dagingnya yang tanpa lemak dan kulitnya yang tipis. Kelemahan sapi potong fh jantan ini hanya pada tulangnya yang kasar atau besar. Dengan model penulangan yang besar ini maka sapi FH lebih bagus dipanen pada berat sekitar 600 kg agar persentase daging dan tulangnya lebih bagus.

Harga sapi fh jantan siap potong dipasar hewan saat ini berkisar antara Rp 40.000 - Rp 41.000 per kg. Harga tergantung kualitas. Untuk sapi-sapi dengan kualitas kurang bagus atau kurang gemuk harga bisa dibawah Rp 40.000 per kg. Sedangkan harga indukan afkir jenis FH berkisar antara Rp 30.000 - Rp 32.000 per kg dengan kisaran berat antara 500 - 650 kg per ekornya.

Bagaimana dengan Harga Pedet FH di Awal Maret 2018?
Harga pedet FH mengalami penurunan yang cukup drastis. Berdasarkan berbagai informasi dari para blantik dan juga pedagang pedet FH, beberapa peternakan sapi perah ini menjual pedet jantannya yang baru lahir hanya sekita 2 jutaan seperti di daerah Baturaden, Jawa Tengah dan juga disebuah peternakan sapi perah komersial di Jawa Barat, yaitu di Bandung. Sedangkan di sebuah peternakan besar di gunung kawi, Malang, Jawa Timur harga kisaran pedet yang baru lahir sekitar 2,8 jutaan per ekor.

Musim penghujan ini juga dianggap turut mendukung turunnya harga pedet fh jantan di pasaran. Banyaknya pedet afkiran dari peternakan rakyat dan juga peternakan komersial baik pedet jantan maupun betina semakin membuat harga pedet fh tertekan.

Informasi dari seorang peternak dan pedagang pedet fh di daerah Pasuruan, Jawa Timur, dia menjual pedetnya yang berusia 2 - 3 bulan dengan harga 4 jutaan per ekor tergantung kualitas pedetnya.

Harga per kg pedet fh jantan dipasar hewan secara umum saat ini hanya berkisar antara Rp 45.000 - Rp 50.000 perkg. Semakin besar ukuran pedet, harga per kg berat hidupnya semakin murah. Kisaran harga pedet fh per ekor antara 4 - 8,5 jutaan dengan taksiran berat pedet antara 100 - 200 kg. Karena harga pedet fh jantan di pasar hewan dijual secara taksiran maka faktor kualitas pedet sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya harga yang dipatok pedagang.

Harga pedet fh jantan diprediksi akan mulai membaik pada bulan Mei - Juni saat banyak peternak yang mulai membutuhkan pedet sapi potong untuk mengganti sapi peliharaannya yang siap panen.

Pedet fh jantan paling populer dan disukai di Jawa Tengah, terutama di daerah Boyolali karena iklimnya yang sesuai dan cocok dengan habitat sapi FH yang membutuhkan lokasi yang berhawa sejuk dan dingin yang otomasit berada didaerah yang cukup tinggi atau daerah pegunungan.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 16:04
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.