Loading...

Harga Kambing dan Domba 2018, Turun Drastis Memasuki Bulan Maret

Loading...
loading...

Peternak Kambing dan Domba Mengeluhkan Harga Yang Terus Turun

Berapa harga kambing dan domba saat ini?
Ternak kambing dan domba memang memiliki harga yang sebenarnya relatif stabil tidak seperti harga ayam dan telur yang sangat fluktuatif.

Memang pada saat momen tertentu harga kambing dan domba bisa naik cukup tinggi yaitu menjelang lebaran haji atau hari raya kurban. Kadang juga ada kenaikkan meskipun tidak terlalu banyak pada saat jelang bulan puasa dan Idul Fitri.

Bisnis daging kambing memang tidak seramai bisnis daging sapi yang memang sudah sangat memasyarakat. Beda dengan penjualan daging sapi yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar daging, daging kambing sangat jarang dijual dalam jumlah besar di pasaran tradisional.

Pangsa pasar daging kambing lebih banyak untuk keperluan aqiqah dan juga sebagai hewan kurban. Untuk pangsa kuliner kambing seperti sate maupun jenis masakan gulai dan mungkin juga nasi kebuli jumlahnya tidaklah besar.

Bisa dikatakan pasar kambing dan domba terbesar adalah untuk keperluan hewan kurban. Dengan kondisi seperti ini maka tidaklah mengherankan jika saat ini peternak kambing mengeluhkan harga kambing yang sangat jatuh karena sepinya permintaan.

Bahkan ada informasi dari pedagang kambing dan domba yang hanya dengan uang 800 ribu sudah bisa dapat sepasang domba. Padahal sebelumnya 1 ekor domba harganya bisa 1 jutaan. Dan harga ini juga tidak berbeda jauh dengan kambing. Dengan bermodal uang 1 - 2 juta sudah bisa mendapatkan kambing 2 ekor.

Dari harga per kg juga menunjukkan jika keluhan peternak kambing akan jatuhnya harga saat ini sangat nyata.

Beberapa bulan sebelumnya, harga per kg hidup untuk kambing berkisar antara Rp 45.000 - Rp 55.000/kg. Sedangkan saat ini harga penawaran yang diminta oleh pembeli hanya berkisar Rp 24.000 - Rp 35.000 per kg bb hidup kambing.

Tetapi ada catatan penting meskipun harga kambing dan domba turun drastis, harga daging kambing dan domba dipasaran tetapi tinggi yaitu berkisar Rp 100.000/kg. Nah... siapa yang bermain atau diuntungkan dengan fenomena ini?

Salah satu alternatif dari peternak kambing untuk mengantisipasi turunnya harga ini adalah dengan menahan jual kambing dan dombanya menunggu momen hari raya kurban. Tetapi bagi peternak yang memang membutuhkan uang dan harus menjual ternak kambingnya, mau tidak mau harga murah tersebut harus diterima dengan berat hati.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:41
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.