Loading...

Bahaya Makan Buah Naga Berlebihan, Menyebabkan Kembung Hingga Memicu Diabetes

Loading...
Macam-macam Jenis Buah Naga, Merah, Putih, Ungu dan Buah Naga Kuning
Buah Naga? Dulu adalah jenis buah langka di negara kita sehingga harganyapun terkenal sangat mahal. Tetapi saat ini buah naga dapat dengan mudah ditemukan dimana-mana, bahkan saat musim buah naga tiba, banyak penjual buah musiman ini yang menjajakan dagangannya di pinggir-pinggir jalan.
Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan
Berapa harga buah naga? Saat ini harga buah naga kualitas biasa antara Rp 3.000 - Rp 5.000 per kg, sedangkan harga buah naga merah kualitas bagus dan berukuran besar Rp 6.000 - Rp 8.000 per kg. Saat awal musim biasanya harga buah ini relatif mahal sekitar 10 ribu rupiah per kg.

Sudah banyak yang tahu jika buah yang berasal dari jenis pohon kaktus ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Selain kandungan vitamin B1 dan B2 yang cukup tinggi, dragon fruit juga memiliki kandungan Vit C yang tak kalah tinggi. Vitamin C yang besar dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan tentu dengan sistem imun yang kuat tubuh bakal gampang melawan infeksi serta mengatasi penyakit yang berkaitan dengan sistem pernafasan.

Bahkan untuk anak yang berkurang nafsu makannya, mungkin dragon fruit dapat dijadikan kunci untuk meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut karena terdapat kandungan vitamin B1 dan B2 yang dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Untuk itu silahkan bagikan mereka buah naga, agar lebih tertarik dapat tuh diolah menjadi bentuk juice atau ice cream agar anak-anak tertarik. Dan masih ada lagi manfaat-manfaat lainnya.
  • Buah naga merah
Buah naga merah mengandung komponen antioksidan yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu mencegah dan mengatasi berbagai penyakit akibat radikal bebas. Tak hanya itu, buah naga merah juga dituding dapat mencegah kanker dan penuaan dini karena mengandung senyawa fenol di dalamnya. Selain kandungan tersebut, buat naga merah pun mengandung betasianin yang dapat melindungi tubuh dari obesitas akibat makanan, penyakit hati, dan resistensi insulin. Bahkan, jus buah naga merah dapat menjadi pelengkap terapi untuk mengatasi berbagai penyakit metabolik, yang dapat menyebabkan gangguan jantung.
  • Buah naga putih
Meski lebih sedikit, buah naga putih juga memiliki kandungan antioksidan. Serupa dengan buah naga merah, buah naga putih juga dapat membantu mencegah dan mengatasi obesitas dan resistensi insulin yang dapat menyebabkan diabetes. Konsumsi buah naga, baik warna merah maupun putih, sama-sama memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Meski ada komponen yang lebih banyak terkandung dalam buah naga merah, bukan berarti buah naga putih kurang bermanfaat bagi kesehatan.
Meski banyak memiliki manfaat, tidaklah bijaksana jika mengonsumsi buah naga dalam jumlah berlebihan karena akan memicu bahaya efek samping terhadap kesehatan kita. Berikut ini beberapa efek buruk jika makan buah naga berlebihan.

Buah naga yang masih baru tentu sahaja masih fresh (segar). Jika Anda mengkonsumsi buah naga dan ternyata tidak habis, maka lebih baik Anda simpan bagian yang tidak habis tersebut di kulkas untuk meminimalisir bakteri dan proses pembusukan. Buah naga yang sudah lama (busuk) sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu maka berhati-hatilah Anda ketika membeli buah naga di pasar atau dimana saja, jangan sampai efek samping buah naga yang tidak baik masuk ke rumah Anda dan mengganggu kesejahteraan keluarga Anda.
Buah naga atau di bahasa Inggris disebut sebagai Pitaya mempunyai nama ilmiah Hylocereus undatus. Buah naga masuk dalam jenis kaktus yang asalnya dari benua Amerika, tepatnya di Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Mexico. Bersamaan dengan berjalannya masa, pitaya juga dikembangbiakankan di negara-negara Asia contohnya di Vietnam, Taiwan, Filiphina, Negeri Jiran dan Indonesia.
Efek samping buah naga akan meningkat berkali-kali lipat jika sudah tercemar virus dan bakteri. Manfaat buah naga untuk Ibu hamil sangat baik, begitu juga manfaat buah naga untuk Ibu menyusui. Tapi pastikan Anda pilih buah naga yang masih segar, penjual dan tempat jualannya bersih, serta jangan lupa cuci bersih pakai air panas sebelum dikonsumsi. Akan lebih baik kalau Anda bisa beli langsung dari petani buah naga dimana Anda bisa petik sendiri dan tanya-tanya dulu mengenai proses penanaman maupun pemupukannya untuk menghindari kontaminasi zat kimia dari pupuk dan pestisida yang mereka gunakan.

Bahaya Makan Buah Naga Berlebihan

Picu Perut Kembung
Konsumsi buah naga berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi kembung alias begah. Hal ini bisa terjadi pada anda, terutama apabila anda mengkonsumsi buah yang satu ini secara berlebihan. Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga memang sangat baik dan juga bermanfaat untuk kesehatan anda, namun apabila anda mengkonsumsinya terlalu banyak.

Hal ini akan menyebabkan mineral yang masuk dalam tubuh anda menjadi terlalu banyak dan berlebihan. Hal ini akan menyebabkan perut anda menjadi akan terasa kembung dan juga begah akibat terlalu banyak mengkonsumsi buah naga ini.

Bahaya Bagi Penderita Maag
Buah naga memiliki kandungan asam di dalamnya. Mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, akan menyebabkan anda terkena maag, apalagi aabila anda memang memiliki riwayat penyakit maag. Selain itu, karena tingginya kandungan asam pada buah naga, hal ini juga akan menyebabkan kadar asam lambung anda menjadi naik, yang akan menyebabkan munculnya gejala mual – mual pada diri anda.

Sangat disarankan untuk tidak berlebihan dalam megkonsumsi buah naga ini. dan disarankan pula, bagi anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau gangguan pada asam lambung, maka ada baiknya anda makan berat terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi buah naga ini, baik dimakan langsung ataupun dijus da dibuat salad buah. Hal ini akan membantu mencegah meningkatnya resiko maag dan juga naiknya asam lambung pada tubuh anda.

Picu Diabetes
Buah naga juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, mengkonsumsi buah naga secara berlebihan, apalagi tanpa memperhatikan kadar gula di dalam darah tentu saja akan sangat berbahaya. Terlebih lagi jika anda mengkonsumsi buah naga tersbut bersama dengan pemanis, alias gula, dan tanpa dikontrol kadar gulanya. Hal ini akan menyebabkan gula darah anda akan menjadi naik.

Hal ini juga sangat berpotensi menyebabkan munculnya gangguan atau gejala penyakti gejala diabetes pada diri anda. karena itu, bijaklah dalam mengkonsumsi buah naga, usahakan jangan mencampur buah naga dengan gula dan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena hal ini bisa saja akan menyebabkan kemunculan gangguan kesehatan yang berbahaya bagi diri anda.

Selain dapat memberikan efek amping berupa kembung, mual dan juga asam lambung yang naik, konsumsi dari buah naga secara berlebihan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan anda menjadi merasa sakit perut. Hal ini disebabkan karena perut anda akan terlalu banyak menerima asupan makanan, hingga menyebabkan ketidak seimbangan kerja usus. Selalu jaga asupan makanan anda, dan hindari konsumsi buah naga ini secara brlebihan, karena sesuatu yang berlebihan memang berbahaya bagi kesehatan kita.
Kandungan Nutrisi dalam Buah Naga :
Air, Protein, Lemak, Karbohidrat, Serat
Vitamin B1
Vitamin B2
Vitamin B3
Vitamin C dan Zat Besi
Berlebihan mengkonsumsi buah naga bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Biji Buah Naga kaya akan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-6 dan omega-3. Asam ini berperan besar dalam meminimalkan risiko gangguan kardiovaskular trigliserida.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 04:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.