Loading...

Perbedaan Buah Duku, Jenis dan Ciri-ciri Kematangan

Loading...
loading...
Cara Memilih dan Seleksi Buah Duku Serta Perbedaan Antara Duku, Langsep dan Kokosan
Saat musim buah ada jenis-jenis buah tertentu yang bentuknya bahkan ukurannya bisa sangat mirip satu dengan yang lainnya. Tetapi meskipun mirip, dari sisi rasa bisa berbeda sekali, yang satu bisa sangat manis dan yang lainnya sangat masam. Awas! saat musim duku jangan sampai anda tertipu dengan jenis buah lainnya yang secara bentuk dan warna buah sangat mirip dengan duku.

Apa saja jenis buah yang mirip dengan duku? Jawabnya tentu saja langsat dan kokosan, yang mana ketiganya termasuk dalam satu famili. Lantas apa saja perbedaan yang paling mendasar yang merupakan ciri dari duku, langsep atau langsat dan kokosan?

Ciri-ciri Buah Duku
Buah Duku
Duku cenderung sedikit bergetah, bahkan ada juga duku yang tidak bergetah. Daging buahnya tebal serta memiliki daya simpan yang lama.

Ciri-ciri Buah Langsat
Buah Langsat
Memiliki kandungan getah yang tinggi, sehingga membuat ia tidak banyak digemari. Daging buahnya lebih tipis dibandingkan duku namun lebih banyak kandungan airnya. Buah ini juga lebih cepat membusuk, ditandai dengan kulitnya yang akan menghitam setelah beberapa hari dipetik.

Ciri-ciri Buah Kokosan
Buah Kokosan
Memiliki kulit buah yang lebih tipis dibandingkan duku. Kokosan ini akan mengeluarkan banyak getah berwarna putih susu ketika dikupas, layaknya langsat. Kokosan disebut juga L. domesticum var.equaeum . Kelompok duku yang termasuk dalam kelompok kokosan ini biasanya tak dimakan sebab daging buahnya sangat sedikit dan rasanya sangat asam. Ciri khas buahnya ialah buahnya sangat kecil dan tumbuh rapat-rapat dalam satu berkas. Saat buah masak, warnanya berubah menjadi kuning tua kemerah-merahan. Biasanya buah ini lebih sering dimanfaatkan sebagai penghias meja makan daripada menjadi hidangan epilog atau sebagai buah pencuci mulut.

Tips Cara Memilih Buah Duku Yang Bagus

Amati Warna kulit Buah Yang Akan Dibeli

Duku yang sudah matang akan memiliki rasa manis. Cara paling sederhana untuk mengetahuinya adalah dengan melihat warna kulit duku. Apabila sudah matang, biasanya duku akan memiliki warna kuning pekat dengan sedikit bintik coklat atau hitam. Jangan memilih duku yang sudah hitam keseluruhan ya, sebab duku tersebut berarti sudah busuk. Selain itu, kita juga perlu menghindari buah duku yang bergetah dan berwarna hijau, yang artinya duku tersebut berarti masih belum matang dan memiliki rasa yang asam.

Amati permukaan kulit duku

Meskipun warna kulitnya kuning pekat dan berbintik kecoklatan, belum berarti duku lolos seleksi ya. Kita juga perlu loh memeriksa permukaan kulitnya. Kulit duku yang pecah-pecah memungkinkan masuknya bakteri, kotoran, dan serangga kecil yang dapat membahayakan bagi kita.

Tekan duku dengan lembut

Mengetahui kematangan duku juga bisa dilakukan dengan menekan buah duku. Ingat, jangan sampai menekannya terlalu keras ya agar duku tidak pecah. Apabila ketika ditekan, bagian dalam duku terasa lembut, berarti duku tersebut sudah matang. Lebih baik memilih buah duku yang bukan baru dipetik karena biasanya masih banyak mengandung getah. Buah duku yang telah dipetik beberapa hari yang lalu lebih nikmat untuk dimakan karena kandungan getah pada kulitnya yang kadang membuat lengket di tangan dan di mulut sudah sangat jauh berkurang.

Demikian perbedaan jenis jenis buah antara duku, kokosan dan langsat. Sebenarnya langsat juga memiliki jenis yang lain lagi. Ada langsat biasa yang rasanya kecut dan ada juga langsat super yang rasanya manis bahkan kadang lebih manis dan sedar dibanding buah duku. Jenis langsat yang manis salah satunya adalah langsat atau langsep Singosari Malang.

Kandungan Nutrisi Buah Duku

Buah duku tak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung serat nan bernama dietary fiber nan bisa membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah kanker, serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Duku juga mengandung fosfor nan membantu kesehatan gigi serta tulang.

Tidak hanya itu, duku juga mengandung zat protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi dalam jumlah seimbang. Duku juga kaya akan kalori, mineral, dan zat besi lebih daripada apel atau jeruk.

Manfaat Buah Duku

Selain daging buahnya lezat dan mengandung zat-zat krusial di atas, bagian kulit dan biji duku juga bermanfaat. Bagian-bagian tersebut dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat anti-diare. Selain itu, kulit dan biji buah pohon duku juga bisa menurunkan demam. Apabila air buah duku diperas dan diminum, dipercaya akan mampu menurunkan gejala sakit kepala.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:30
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.