Loading...

Penyebab Mata Minus dan Cara Pakai Kacamata Yang Benar

Loading...
loading...
Apa Saja Penyebab Mata Minus dan Adakah Cara Untuk Mengobati Mata Minus?

Bagaimana Cara Memakai Kacamata Yang Benar? Sebenarnya, cara memakai kacamata yang benar adalah dengan menggunakan lensa yang paling pas dengan Anda dan tentunya dengan fokus yang tepat.

Mitos mengenai menggunakan kacamata dapat menambah minus ataupun mengurangi minus tidaklah tepat. Untuk kacamata minus (rabun jauh), lensa yang dipakai adalah lensa dengan ukuran minus terkecil yang dapat menghasilkan penglihatan 5/5. 5/5 di sini diukur dengan menggunakan alat yang biasanya terdapat di optik ataupun di dokter spesialis mata. 5/5 berarti Anda dapat membaca tulisan yang dapat dibaca orang normal dari jarak 5 meter dan Andapun dapat membacanya dari jarak 5 meter.

Terkadang orang yang penglihatannya normal mempunyai visus lebih dari 5/5, berarti tulisan yang biasanya dapat dibaca dari jarak 5 meter tetapi orang tersebut dapat membacanya dari jarak lebih dari 5 meter. Misalnya dengan kacamata - 2, Anda mempunyai visus 5/5. Namun, dengan menggunakan -1,75, Anda juga masih dapat mempunyai visus 5/5. Maka yang dipakai adalah yang -1,75. Perbedaan -0,75 dan -1,25 biasanya tidak perlu disamakan menjadi -1. Yang memerlukan penyetaraan adalah bila antara kedua mata, minusnya berbeda lebih dari 3.

Berikut beberapa penyebab kemampuan mata menurun:
  • Pola makan yang tidak sehat, seperti asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan dan makanan yang terlalu diolah, serta makan ketika merasa stress
  • Kebiasaan membaca yang salah seperti membaca sambil tiduran dan membaca di tempat dengan penerangan yang kurang.
  • Polutan di udara, air dan makanan (bahan kimia, pengawet dll)
  • Konsumsi gula yang berlebihan
  • Kurang terkena sinar matahari
  • Tempat kerja yang buruk
  • Terlalu banyak menonton televisi
  • Memakai monitor komputer yang buruk
  • Pola perilaku penyangkalan dan kecanduan
Beberapa hal lain yang perlu juga di perhatikan:
  • Kondisi mental sangat berpengaruh pada kesehatan pengelihatan mata (vision fitness)
  • Memakai kacamata yang sesuai dengan ukuran minus/ plus kita, justru akan membuat kita semakin tergantung dengan kacamata dan tidak ada kesempatan untuk memperbaiki penglihatan kita. Dalam buku ini disarankan, untuk memakai kacamata yang setingkat lebih rendah (dengan kemampuan penglihatan sekitar 87,5%) sehingga mata berusaha untuk memperbaiki fokusnya, dan pada akhirnya bisa mengurangi ketergantungan pada kacamata.
  • Kondisi mata yang terkadang terasa capek, perih, buram dsb, adalah suatu pertanda/pesan dari mata, kalau mata sudah terlalu capek, maka dari itu jika kita mengalami hal-hal tersebut, segera istirahatkan mata anda untuk beberapa saat
Menggunakan kacamata minus tentu saja sangat mengganggu bagi kita yang mengalami rabun jauh atau miopi, mata yang biasanya bebas untuk melihat tanpa alat bantu, dan aktivitas yang membutuhkan gerakan tubuh banyak akan sedikit terganggu ketika kita menggunakan kacamata. Apalagi untuk anak-anak yang dibawah usia 15 tahun yang telah menggunakan kacamata minus untuk membantu penglihatannya. Berikut adalah tips atau cara menggunakan kacamata minus yang baik dan benar,

Ketepatan ukuran

Sebelum membuat kacamata untuk membantu penglihatan, pastikan kita mengunjungi dokter mata untuk mengetahui tentang kondisi mata. Ukuran yang tepat serta obat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi rabun jauh atau miopi kita. Ukuran yang tepat tidak dibawah atau diatas ukuran miopi mata kita dapat membantu penglihatan kita untuk mendapatkan penglihatan layaknya normal dan nyaman untuk dipakai.

Konsultasikan keadaan mata secara berkala

Konsultasikan masalah penglihatan anda secara berkala, setidaknya enam bulan sekali untuk mengetahui kondisi mata anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ukuran kacamata anda apakah masih sesuai atau tidak, juga dapat mengetahui dengan segera atau melakukan pencegahan terhadap penyakit yang ditimbulkan kemudian. Untuk anak-anak ukuran kacamata akan terus mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia dan tumbuhnya mata anak. Minus akan berhenti dan cenderung stabil ketika anak berusia 18-40 tahun.

Memilih bahan kacamata

Memilih kacamata yang terbuat dari bahan non alergic atau tidak bersifat alergi dapat dijadikan pilihan. Apalagi untuk anak yang mempunyai aktivitas yang padat dan sering mengeluarkan keringat. Kacamata yang mengandung besi dapat memicu terjadinnya alergi tidak bisa kita jadikan pilihan. Memberikan lapisan anti alergi dapat kita lakukan untuk mengurangi dampak alergi.
Sering melepas kacamata untuk aktifitas yang tidak menuntut konsentrasi mata

Adalah sangat benar bahwasana jika kita telah menggunakan kacamata, maka minus mata akan terus bertambah. Apalagi kita tidak pernah melatih mata untuk melihat pada benda jarak jauh sesuai dengan rabun jauh kita. Sering melepas kacamata saat kita beraktifitas yang tidak menggunakan mata secara fokus. Semisal hanya menggunakannya saat kita didepan komputer, atau membaca buku. Setelahnya kita dapat melepasnya. Hal ini untuk membuat mata tidak terlalu bergantung pada kacamata. Kacamata juga harus dilepas saat tidur, dikarenakan kacamata dapat patah dan dapat melukai mata kita.

Melakukan latihan pada otot mata

Melakukan latihan penglihatan dengan cara melatih fokus mata pada jarak tertentu. Paksakan mata untuk melihat sebuah obyek benda pada jarak tertentu, jarak dapat dirubah tergantung dari membaiknya atau memburuknya cara pandang mata anda. Melihat cahaya sebuah lilin dapat juga dijadikan alternatif pilihan.

Demikianlah beberapa cara atau tips untuk memakai kacamata minus yang baik dan benar, jangan anggap enteng suatu penyakit walaupun hanyalah rabun jauh atau miopi.
Ringkasan Cara mengurangi minus mata:
  • Lepaskan kacamata jika memungkinkan
  • Lihat ke benda-benda dengan jarak yang berbeda
  • Kedip secara normal, tidak teralu cepat dan lambat
  • Tutup mata Anda, gunakan telapak tangan anda dan berikan sedikit tekanan kepada mata Anda. Ini akan membantu otot Anda menjadi lemas.
  • Melihat benda yang bergerak juga membantu untuk melemaskan otot mata Anda.
  • Makan buah wortel dan berbagai macam buah yang berwarna jingga lainnya tau buah buahan yang asam.
  • Usahakan pergi ke pegunungan hijau, persawahan atau laut yang luas.
Latihan Senam Mata
Untuk sedikit mengatasi mata yang lelah atau mata stres yang dapat berakibat pada kecacatan mata seperti rabun jauh/ miopi/ mata min dan rabun dekat/ hipermetropi/ mata plus, mata lelah dapat sedikit dibantu dengan melakukan latihan senam mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik. Latihan senam mata mungkin saja dapat mengobati/ menyembuhkan mata minus/ rabun jauh serta mata plus/ rabun dekat yang akan membebaskan anda dari kacamata dan lensa kontak yang terkadang membosankan dan menyebalkan.
Diolah dari berbagai sumber

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:38
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.