Loading...

Mengenal WhatsApp Payments, Fitur Baru Untuk Pembayaran

Loading...

Inilah Fitur Baru Yang Memudahkan Pengguna WA Untuk Melakukan Pembayaran Antar Pengguna

WhatsApp telah memulai pengujian fitur pembayaran bertajuk WhatsApp Payment di India dalam versi beta. Fitur itu memungkinkan pengguna untuk mentransfer uang ke pengguna lainnya, terkecuali transaksi ke merchant pihak ketiga.
Pengguna media chatting yang bernama whatsapp atau dinegara kita sering disingkat dengan WA ini nampaknya akan semakin dimanjakan oleh WA dengan hadirnya fitur-fitur baru dan yang paling update adalah adanya fitur pembayaran yang baru saja dirilis.

WhatsApp mulai menyediakan fitur pembayaran digital di layanan pesan singkatnya. Bertajuk “WhatsApp Payments”, fitur tersebut saat ini baru diuji coba di India, untuk pengguna yang bergabung dalam program beta.

Desas-desus soal WhatsApp Payments sudah beredar sejak Januari lalu. Sesuai bocoran sumber dalam, WhatsApp memang dikatakan hendak merilis fitur pembayaran digital pada Februari ini.

Adapun mekanisme WhatsApp Payments menggunakan sistem Unified Payments Interface (UPI). Antarmuka pembayaran itu memfasilitasi transaksi lintas bank di India, beberapa di antaranya State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank.

Izin untuk menggunakan UPI diperoleh WhatsApp dari pemerintah India sejak Juli 2017 lalu. Proses pengembangan selama kurang lebih setengah tahun akhirnya membuahkan hasil.

Untuk sementara pemanfaatan WhatsApp Payments terbatas pada transaksi duit antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Lantas bagaimana cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments? Pertama-tama, dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS maupun Android.

Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon “attachment” yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll. Pengguna akan menemukan opsi “Payments”, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (12/2/2018), dari Digit.in.

Pilih kontak yang hendak Anda kirimi uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang Anda akan terkirim secara virtual. WhatsApp Payments mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika Anda tak punya akun UPI, WhatsApp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru.

Semua transaksi Anda akan terekam pada opsi “history” di WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur ini dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika diresmikan untuk publik.
WhatsApp mendukung UPI (Unified Payment Interface). Antarmuka tersebut akan memungkinkan aplikasi melakukan transaksi dengan dukungan bank-bank yang telah bermitra bersama WhatsApp. Pengujian beta yang dilakukan perusahaan di India telah menunjukkan bahwa fungsi dari WhatsApp Payment berjalan baik disertai tampilan antarmuka pengguna WhatsApp.Berdasarkan screenshot dari iPhoneHacks, WhatsApp Payment akan muncul dalam menu pengaturan di aplikasi pesan singkat tersebut. Pengguna kemudian harus mengkonfigurasi fitur tersebut dengan melakukan verifikasi nomor telefon melalui SMS dan memilih bank.Opsi untuk mentransfer uang atau malakukan pembayaran kemudian akan muncul dalam antarmuka WhatsApp, dimana Anda biasanya menemukan ikon sharing foto, video, file, kontak atau lokasi ke dalam obrolan.
Belum jelas kapan WhatsApp Payments tersedia di negara lain termasuk Indonesia. Kita tunggu saja.

Sumber tribunnews.com dan okezone.com

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.