Manfaat Kulit Durian, Dari Obat Nyamuk Sampai Sembelit, Ini Bukti Ilmiahnya!


Benarkah Kulit Durian Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan?
Menurut penelitian yang dilakukan universitas di Inggris dan Thailand dalam Carbohydrate Polymers, kulit durian nyatanya mengandung zat pektrin, yaitu senyawa golongan karbohidrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut lagi untuk memastikan mencegah panas dalam dengan minum air dari kulit durian.
Bagi penggemar durian, daging durian yang harum dan manis adalah prioritas utama dari bagian durian yang akan disantap. Sedangkan biji durian maupun kulit durian jarang sekali diperhatikan dan hanya dibuang begitu saja di tempat sampah. Memang kenyataannya kulit durian hampir selalu dipandang sebelah mata oleh penikmat buah durian ini. Padahal ternyata menurut sebuah penelitian, kulit durian punya manfaat bagi kesehatan, meski kulitnya tajam dan sering dinila berbahaya bagi tubuh.

Runcingnya kulit durian yang bisa menimbulkan sakit saat menusuk kulit, kulit durian mempunyai manfaat baik bagi tubuh kita. Menurut penelitian yang dilakukan universitas di Inggris dan Thailand dalam Carbohydrate Polymers, kulit durian mengandung zat pektrin, yaitu senyawa golongan karbohidrat yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit.

Apa Saja Manfaat Yang Tersembunyi Dalam Kulit Durian?

Daging buah durian memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan namun bukan hanya dagingnya saja yang bermanfaat, kulit durian juga mengandung manfaat yang baik. tahukah anda bahwa di dalam kulit buah durian memiliki kandungan lignin sebanyak 5%, selulose sebanayk 50 hingga 60% serta kandungan patinya sebesar 5%.


Manfaat kulit durian ada banyak yang bisa di dapatkan oleh manusia baik untuk segi kesehatan maupun untuk hal lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja manfaatnya? Simak berikut ini:

Kulit Durian Untuk Menghilangkan Bau Durian

Seperti yang diketahui bahwa durian memiliki aroma yang sangat menyengat dan kadang menganggu apalagi jika ada orang yang tidak suka dengan bau durian. Beberapa orang yang tidak suka dengan bau buah durian ini bisa mengalami mual dan muntah. Oleh karena itu sangat baik untuk menghilangkan bau durian di tangan maupun di mulut. Cara menghilangkan bau durian yang menyengat setelah makan durian ini adalah dengan menaruh air di dalam kulit durian kemudian digunakan untuk cuci tangan dan berkumur. Cara ini sederhana namun cukup ampuh untuk mengusir bau durian.


Kulit Durian Untuk Obat Nyamuk

Abu dan aroma yang dihasilkan dari pembakaran kulit durian ini tidak disukai oleh berbagai jenis serangga seperti nyamuk dan lalat. Jadi jika anda sedang makan durian di taman bersama teman-teman untuk merayakan sesuatu maka anda bisa sambil membuat api unggun yang terbuat dari kulit durian ini karena bisa membantu mengusir nyamuk dan serangga lainnya di taman. Jadi, lebih praktis namun tetap menyenangkan bukan?


Manfaat Kulit Durian Untuk Mengatasi Sembelit

Jika anda sedang makan durian dan juga mengalami susah buang air besar maka jangan buang kulit duriannya. Hal ini dikarenakan kulit durian juga dapat mengatasi sembelit. Caranya adalah dengan melumat kulit durian bagian dalam. Lakukanlah cara ini dengan hati-hati ya dan jangan sampai terkena duri duriannya nanti malah tambah sakit.


Kulit Durian Untuk Obat Sakit Perut

Manfaat lainnya yang ada di dalam kulit durian adalah dapat mengobati sakit perut. Caranya adalah dengan melumat kulit bagian dalam durian kemudian diblender atau ditumbuk sampai halus. Setelah selesai kemudian tempelkan tumbukan kulit durian tersebut pada bagian perut. Tunggu selama 15 menit atau sampai perut sudah tidak terasa sakit lagi. Jika anda sedang mengalami nyeri perut akibat menstruasi juga bisa menggunakan cara ini.


Kulit Durian Sebagai Obat Bisul

Bisul merupakan benjolan di tubuh yang meskipun kecil namun keberadaannya sangat menganggu kesehatan tubuh. satu bisul di tubuh dapat membuat tubuh akan merasa tidak nyaman seluruhnya. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya supaya bisul cepat pergi dari tubuh anda. Cara mengobati bisul juga bisa menggunakan kulit durian. Caranya anda harus membakar kulit durian sampai hangus kemudian tumbuk kulit durian yang sudah hangus sampai halus. Bubuk kulit durian tersebut kemudian ditaburkan di area bisul sebanyak 2 kali dalam sehari sampai bisul sembuh.

Sedangkan Beberapa Manfaat Dari Buah Durian Antara Lain:


Membantu Melancarkan Pencernaan

Durian memiliki tekstur daging yang lembut dan rasanya manis cenderung creamy.

Meski rasa dan teksturnya berbeda dari buah lain, durian tetap kaya serat yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan.

Selain melancarkan pencernaan, serat yang ada di dalam durian juga bisa mengurangi kembung, mulas, kram, sembelit, dan mengatasi penyumbatan di usus.

Menenangkan Pembuluh Darah


Ternyata, durian juga mengandung potasium, sama seperti pisang.

Potasium adalah zat yang bertugas menyeimbangkan kandungan garam dan cairan yang ada di dalam tubuh kita.

Jika potasium di dalam tubuh kita dalam keadaan cukup, pembuluh darah akan menjadi tenang dan stres pun akan berkurang.

Menjaga Kesehatan Tulang

Durian juga mengandung magnesium, mangan, dan tembaga yang dapat membantu pertumbuhan tulang. Kandungan potasium yang ada di dalam durian juga bisa meningkatkan penyerapan nutrisi oleh sel-sel tubuh.

Membantu Tidur Lebih Cepat

Durian juga mengandung tryptopha dan jika zat ini masuk ke dalam otak, zat itu akan diubah menjadi serotonin. Serotonin dalam jumlah yang banyak bisa mendorong produksi hormon melatonin. Nah, hormon melatonin inilah yang bisa menyebabkan kita mengantuk dan juga merasa rileks.

Mencegah Anemia

Kandungan lain yang ada di dalam durian adalah asam folat, zat besi, dan tembaga yang cukup penting untuk produksi sel-sel darah merah. Jadi, durian itu baik dan bisa dikonsumsi oleh penderita anemia.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:45
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.