Loading...

Macam-macam Jenis Burung Lovebird, Si Burung Cinta

Loading...


Burung Lovebird, Burung Cinta Yang Berwarna-Warni, Ini Beberapa Jenisnya Yang Banyak Dipelihara Penggemar Burung Kicau 
Burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial. Menurut situs Wikipedia, Burung ini memiliki nama ilmiah: Agapornis
Burung berukuran mungil ini, sekarang sedang menjadi trend dikalangan kicau mania dan sedang gencar-gencarnya diternakkan oleh para peternak burung kicau. Ada banyak sekali macam dan jenis lovebird yang beredar dipasaran burung kicau. Dari mulai lovebird lokal yang harganya hanya puluhan sampai ratusan ribu hingga jenis livebird impor yang harganya mencapai jutaan bahkan puluhan juta rupiah per ekor maupun per pasangnya. Burung cinta ini memang sangat bagus untuk dikembangbiakkan, tidak membutuhkan tempat atau lokasi pekarangan yang luas dan dalam satu kandang pengembangbiakkan bisa dipelihara beberapa pasang lovebird.


Bagaimana dengan jenis pakan burung lovebird? Burung lovebird secara umum memakan biji-bijian seperti kebanyakan jenis burung kicau lainnya. Hal ini didasari dari bentuk fisiknya yang memiliki paruh bengkok yang merupakan karakter dari burung pemakan biji. Bila memeliharannya sejak masih kecil sebaiknya jangan langsung diberikan biji-bijian melainkan sejenis serbuk yang terbuat dari kacang hijau atau jenis bebijian lain. Nantinya makanan ini dibuat bubur sehingga bisa dengan mudah dimakan oleh lovebird anakan. Seiring bertumbuhnya maka bisa mulai diberi bebijian yang ukurannya menyesuaikan.
Tahukah anda jenis lovebird termahal saat ini? Jenis lovebird termahal ini mungkin ada yang sudah mengenal atau ada yang baru dengar namanya. LoveBird Biola masih menjadi idola untuk kalangan pecinta lovebird warna. Memang jenis lovebird yang satu ini punya warna yang indah serta eksotis jika dilihat. Tak hanya terlihat cantik dan juga unik, lovebird biola juga punya kemampuan ngekek panjang. Tentunya hal ini sangat tergantung juga dari keturunannya, cara perawatan, dan juga pemasteran.

Burung Lovebird Lutino

Jenis pertama yang akan dibahas yaitu lovebird lutino. Jenis yang satu ini memiliki warna yang sangat cerah dan mencolok. Pada bagian kepala dihiasi oleh bulu berwarna orange kemerahan yang sangat cantik. Sementara dari leher hingga keseluruhan badannya berwarna kuning terang dengan sedikit sentuhan putih dibagian sayap.


Burung Lovebird Batman

Lovebird batman menjadi jenis burung yang memiliki warna lembut yang didominas oleh sentuhan warna hitam pada bagian kepala dan sekitar sayap. Sementara pada bagian dada ditumbuhi bulu-bulu yang memiliki warna abu-abu atau putih. Harga burung lovebird batman bisa dibilang cukup tinggi karena memang terbilang tidak sebanyak jenis lain seperti lovebird pasjo misalnya.

Burung Lovebird Merah

Lovebird sekarang ini ada yang memiliki warna merah yang populer dengan sebutan red suffusion tapi ada yang menamakannya sebagai red suffused. Sampai pada saat ini masih ada beda pendapat tentang kemunculan lovebird merah.

Ada juga dari para penangkar menyebutnya merupakan murni hasil mutasi genetik. Akan tetapi sebagian lainnya memiliki pandangan yang berbeda.

Yang mana warna merah bukan termasuk hasil mutasi yang sebenarnya (true mutation). Akan tetapi akibat dari gangguan dari penyakit, bahkan itu disebabkan gangguan metabolisme pada tubuh burung itu.

Red suffusion pada umumnya muncul sebagai bintik-bintik merah, dapat juga muncul warna oranye yang terangkai. Yang mana hal ini dipercayai muncul karena pengaruh beberapa jenis makanan ataupun disfungsi hati pada saat pertumbuhan.

Atau perkembangan bulu yang tidak normal jadi burung punya pigmen yang berbeda. Warna merah ini pada umumnya tidak bersifat kompak. Sebab di beberapa lokasi bulu kerap terselip warna yang lain. Khususnya warna putih dan juga warna kuning.

Oleh sebab itu, ada juga yang mengatakannya sebagai red pied lovebird ataupun lovebird blorok merah. Tak hanya itu, warna pada bagian paruhnya juga sangat bervariasi, ada yang memiliki warna krem atau putih pink. Akan tetapi ada juga yang benar-benar memiliki warna merah jelas.

Jenis lovebird termahal dengan nama Red suffusion pada umumnya terjadi pada burung yang sudah berumur sangat tua. Akan tetapi, ada juga burung muda yang belum melewati masa mabung yang pertama.

Ada juga yang berpendapat bahwa pasangan burung dari jenis ini punya umur pendek kemudian tidak bisa berkembang biak, sebab red suffusion betina punya gangguan metabolisme.

Sampai sekarang ini belum diketahui dengan jelas apakah datangnya warna merah ini ada kaitannya dengan penyakit yang serius. Sebab memang belum ada penelitian intensif tentang red suffusion.


Burung Lovebird Parblue

Anda sudah bisa mempekirakan dari namanya yaitu lovebird parblue. Burung ini memang memiliki warna biru tosca pada bulu di badan dan sayapnya. Pada bagian kepala biasanya cenderung berwarna kuning lembut yang sangat indah. Selain itu juga ada sedikti sentuhan warna abu-abu atau putih di bagian mata bisa menjadi penambah kecantikannya. Hampir semua jenis lovebird banyak diminati, termasuk juga si parblue ini.


Burung Lovebird Dakocan

Nama jenis-jenis burung lovebird bisa dibilang unik seperti yang satu ini yaitu lovebird dakocan. Pemberian nama pada lovebird didasari pada karakter fisik yang dimiliki, umumnya mengacu pada warna bulu yang dimiliki. Jenis dakocan ini misalnya, memiliki ciri-ciri warna yang hitam pada bagian atas kepalanya dan tubuhnya berbulu hijau gelap. Bila dilihat-lihat mirip dengan pasukan tentara dalam sebuah koloni.


Burung Lovebird Violet

Burung lovebird juga ada yang memiliki bulu dengan warna biru agak tua yang sangat cantik yaitu lovebird violet. Terdapat tambahan dari sentuhan warna ungu muda yang menjalar dari bagian leher hingga perut sehingga membuat perpaduan warnanya menjadi begitu indah. Menghadirkan tampilan yang cukup memukau membuatnya disukai oleh para pecinta burung.


Burung Lovebird Blorok

Burung lovebird blorok masuk masuk kategori yang memiliki banyak peminat. Tampilannya tergolong unik dibandingkan jenis lainnya. Hal tersebut bisa dilihat dari warna bulu-bulunya yang terdiri dari beragam warna yang mirip seperti bercak sehingga warnanya tidak merata. Warna dasarnya biasanya adalah putih, kemudian ada sentuhan biru, hitam, dan sedikit keunguan.


Burung Lovebird Biola

Bila Anda penasaran, kira-kira jenis apa yang memiliki predikat harga burung lovebird termahal maka jawabannya adalah lovebird biola. Anda mungkin akan tekejut bila mengetahui nominal yang dipatok untuk jenis yang satu ini. Burung yang bulunya didominasi oleh warna merah pada bagian kepala hingga leher dan hijau olive dibagian body termasuk jenis lovebird yang mahal harganya. Lovebird biola pada saat ini masih menjadi primadona para pecinta burung. Pada mulanya lovebird ini berhasil dijumpai di Belanda dan Amerika seperti lovebird parblue.

Lalu untuk lovebird biola di import ke Indonesia, jadi penangkar lovebird di Indonesia punya keturunan lovebird biola hingga sekarang ini. Untuk lovebird biola ini terdapat berbagai macam, antara lain adalah biola green serta biola split ataupun setengah biola. Yang sangat khas dari lovebird yang jadi artis naik daun pada kalangan para pecinta lovebird ini yaitu suara tawanya yang bisa menjadi panjang jika dirawat dengan cara yang baik. Oleh sebab itu salah besar untuk mereka yang mengatakan jika nama biola dalam lovebird berbulu serta berpenampilan indah ini hanya sekedar hiasan saja. Sebab mereka juga bisa menghasilkan musik yaitu tawa ngakak burung ini yang sangat enak serta indah untuk didengarkan.

Lovebird biola kebanyakan berwarna hijau dan juga oren halus. Namun sepertinya, sudah ada lovebird biola dengan warna biru yang keluar dari hasil peternakan Lintang BF. Lovebird biola hijau dipertemukan dengan warna hijau kemudian menghasilkan biola biru dengan warna yang terlihat soft. Warna yang tampak lembut memang salah satu ciri khas dari lovebird ini.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:00
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.