Macam-macam Jenis Burung Cendrawasih, Endemik Papua


Berbagai Macam Jenis Burung Cendrawasih Sebagai Ikon Pulau Papua, Burung Langka Yang Dilindungi
Burung-burung Cenderawasih merupakan anggota famili Paradisaeidae dari ordo Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, pulau-pulau selat Torres, Papua Nugini, dan Australia timur. Menurut info dari Wikipedia, Nama ilmiah burung ini adalah: Paradisaeidae
Burung Cendrawasih merupakan spesies burung yang menjadi identitas dari Provinsi Papua. Burung Cendrawasih ini memiliki ekor berukuran panjang yang berwarna cerah. Burung ini bahkan disebut sebagai burung dari surga, hal ini dikarenakan keindahan bulu yang dimiliki oleh burung ini. Bulu – bulu yang indah ini dimiliki oleh para pejantan, di mana bulu – bulu tersebut akan digunakan untuk menarik perhatian sang betina pada masa kawin. Burung Cendrawasih memiliki ukuran panjang 15 – 110 cm dengan berat tubuh 50 – 430 gr.

Macam dan Jenis Burung Cendrawasih:

• Cendrawasih Botak


Burung Cendrawasih Botak (Sumber : Pbase)

Burung yang sudah mencatatkan namanya pada rekor muri ini memiliki warna tubuh yang begitu indah. Bulunya berwarna merah dan hitam, sementara warna tengkuknya adalah kuning, dan paruhnya berwarna hijau terang. Kaki burung cendrawasih botak berwarna biru, pada dua bulu ekornya ada yang berwarna ungu melingkar, dan bagian kepalanya berwarnya biru muda terang. Selain itu juga memiliki suara kicauan yang nyaring dan pastinya begitu merdu. Ukuran tubuh burung ini hanya sekitar 21 cm.

Burung Cendrawasih Botak ini termasuk salah satu Jenis Burung Cendrawasih yang nama ilmiahnya Cicinnurus Respublica dari keluarga CIcinurus. Kelebihannya warna tubuh burung ini yang sangat cantik, indah dan pastinya juga memiliki suara kicauan yang nyaring dan juga sangat merdu.
Jadi apabila anda dirumah telah punya atau memelihara jenis Cendrawasih Botak ini pastinya anda akan sangat senang dan harus memilihara dengan sungguh sungguh.

Sebab jenis Burung Cendrawasih Botak ini termasuk species yang telah terancam punah pada Habitat Aslinya. Jenis Burung Kicau ini memiliki ukuran badan yang cukup sedang sebab punya ukuran badan dari ujung ekor hingga ujung paruh hanya 21 Centimeter saja. Burung ini mempunyai kelebihan pada warna yang dimiliki tubuhnya. Karena memiliki bulu dengan warna merah dan hitam dengan tengkuk yang warnanya kuning. Kemudian pada bagian mulutnya berwarna hijau terang.

Dengan bagian kaki berwarna biru serta dua bulu ekor dengan warna ungu melingkar. Serta kulit pada bagian kepala berwarna biru muda terang dengan terdapat pola salib ganda hitam. Jenis dan perpaduan Warna pada bagian tubuh burung jenis ini menjadikan tampilannya menjadi begitu menarik, indah serta cantik. Tak hanya punya warna yang sangat cantik dan indah, suara kicauanya pun sudah sangat bagus.
Kemudian ada kebiasaan paling unik yang dimiliki oleh jenis burung ini. Keunikannya antara lain adalah burung ini yang mempunyai kebiasaan yang begitu lucu apabila hendak kawin atau pada saat burung ini sedang makan.

• Cendrawasih Kuning Besar


Cendrawasih Kuning Besar (Sumber : You Tube)

Seperti namanya burung ini memiliki ukuran tubuh yang besar, yakni 43 cm. Burung ini berwarna coklat marun dengan dihiasi mahkota berwarna kuning. Bagian tenggorokannya berwarna hijau zamrud, bantalan dadanya berwarna coklat kehitaman. Sang pejantan memiliki bulu – bulu panggul dengan ukuran besar berwarna kuning dengan sepasang ekor kawat panjang. Sang betina memiliki bulu berwarna cokelat marun tanpa garis.

• Cendrawasih Merah


Burung Cendrawasih Merah
Burung ini berukuran 33 – 72 cm dengan warna tubuh kuning dan coklat serta paruh berwarna kuning. Sang pejantan memiliki warna bulu hiasan pada tubuh berwarna merah darah, ujungnya berwarna putih di bagian sisi perut, sementara bagian wajah berwarna hijau zamrud gelap, dan ekornya terdapat bentuk dua buah tali panjang bentuk pilin ganda berwarna hitam.

Cenderawasih merah merupakan spesial yang memiliki sifat poligami. Burung jantan juga sering menarik perhatian pasangannya dengan cara ritual tarian yang burung jantan akan memamerkan bulu-bulu hiasannya.
Sesudah kopulasi, burung jantan akan meninggalkan burung betina serta mulai mencari pasangan yang lainnya. Burung betina akan menetaskan dan akan mengasuh anak burung itu dengan sendiri.
Untuk makanan burung Cenderawasih Merah terdiri atas buah-buahan dan juga beraneka macam serangga. Populas i burung ini semakin lama semakin berkurang. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya populasi hutan dan juga banyak yang tertangkap pada saat pemburuan liar. Saat ini sullit ditemui di area hutan liar.

• Cendrawasih Panji


Burung Cendrawasih Panji

Burung ini memiliki ciri khas yaitu dua buah bulu pada bagian kepala yang tumbuh pada burung jantan dewasa yang berwarna tubuh yakni biru mutiara. Tubuh Burung Cendrawasih jantan berwarna hitam, pada bagian dada, perut, ketiak yang berwarna kuning. Sementara untuk si betina, ia memiliki warna bulu keabu – abuan, ekornya berwarna kuning – oranye.

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung cendrawasih Panji
  • Burung cendrawasih panji jantan dewasa memiliki bulu berwarna hitam dan kuning tua,
  • Dikepala burung tersebut terdapat dua helai bulu kawat bersisik biru-langit mengilap, yang panjangnya mencapai 40cm dan dapat ditegakkan pada waktu memikat betina.
  • Bulu mantel dan punggung tumbuh memanjang berbentuk tudung berwarna hitam.
  • Iris mata berwarna coklat tua,
  • kaki berwarna abu-abu kecoklatan dan paruh berwarna hitam dengan bagian dalam mulut berwarna hijau laut.
  • Burung betina berwarna abu-abu kecoklatan dengan garis-garis dan bintik gelap.
  • Betina berukuran lebih kecil dari burung jantan dan tanpa dihiasi mantel atau bulu kawat hiasan.
Jenis Burung ini Menghuni hutan berlumut dan tepi hutan pegunungan tinggi pada rentang ketinggian antara 1500 – 2850 m. Memakan buah dan serangga di kulit kayu, terkadang laba-laba. Burung betina sering terlihat di tepi hutan, berbeda dengan burung jantan dewasa yang hampir tidak pernah teramati di tepi hutan. Jantan berkicau dari dahan besar di kanopi hutan yang tinggi. Bulu kepala jantan dapat digerakkan tegak lurus dan ke segala arah.

Beberapa jenis Burung Cendrawasih termasuk ke dalam jenis burung yang dilindungi karena sudah terancam punah. Apabila Anda ingin memelihara burung ini, maka pastikanlah Anda memelihara burung yang legal dengan adanya surat izin untuk memelihara burung tersebut. Jangan memelihara burung yang dinyatakan ilegal untuk dipelihara secara individu.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:20
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.