Jenis Akar, Bagian-bagian Lengkap Dengan Fungsinya


Akar Tunggang dan Akar Serabut Adalah Dua Kelompok Besar Jenis Akar Tanaman Secara Umum
Akar pada tumbuhan memiliki peran yang sangat vital untuk menopang kelangsungan hidup tumbuhan tersebut. Saat kondisi akar rusak seperti membusuk maka bisa dipastikan tidak berapa lama kemudian tanaman biasanya akan mati. Fungsi akar sebagai bagian tanaman yang bertugas menyerap unsur hara dari dalam tanah, air bahkan kadang dari udara menjadikan akar ini seperti para pekerja yang bertugas mencari nafkah untuk seluruh anggota keluarganya dalam hal ini untuk konsumsi seluruh bagian tanaman. hasil penyerapan unsur hara dan air oleh akar dari dalam tanah akan diolah atau dimasak pada "dapurnya" tanaman yang terletak pada daunnya dimana disana terjadi proses fotosintesis.
Akar ialah organ tumbuhan yang fungsi utama yaitu guna menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Akar adalah bagian pokok di samping batang dan daun bagi tumbuhan yang tumbuh menuju inti bumi kormus.
Akar ialah salah satu bagian tumbuhan dan tumbuhnya di dalam tanah. Pada umumnya akar berada di dalam tanah. Akar mempunyai warna yang biasanya putih atau kuning. Bentuk akar pada tumbuhan sebagian besar meruncing pada bagian ujungnya. Bentuk runcing pada akar tersebut dapat memudahkan akar untuk menembus tanah.
Apa yang Dimaksud Dengan Akar Semu ?
Organ atau suatu jaringan yang secara anatomi tidak dianggap sebagai akar namun mempunyai kegunaan yang serupa dengan akar dapat dinamakan sebagai akar semu. Istilah tersebut pada umumnya disematkan pada suatu individu yang tidak termasuk ke golongan tumbuhan berpembuluh namun dapat melekat pada berbagai objek tertentu dengan menggunakan alat yang fungsinya mirip dengan akar, yaitu melekat, menjangkar, serta menyerap garam mineral dari tempatnya tumbuh. Alga serta fase gametofit tumbuhan lumut dan tumbuhan paku mempunyai rizoid. Beberapa tumbuhan pterofit atau Euphyllophyta juga mempunyai rizoid yang merupakan modifikasi dari batang atau daun. Contohnya adalah Azolla, Salvinia, dan Lemna.
Akar merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama yaitu guna menghisap air dan garam mineral dari dalam tanah. Air dan mineral tersebut digunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh. Akar mempunyai struktur luar yang terdiri dari daerah pertumbuhan akar, tudung akar, serta bulu akar. Bagian-bagian akar yang paling dalam dapat untuk diamati dengan cara memotong akar tersebut secara melintang.

Jenis-Jenis Akar
Secara umum, terdapat 2 jenis akar antara lain :

Akar Serabut 
Akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun terkadang, tumbuhan yang dikotil juga dapat mempunyainya (tumbuhan dikotil tersebut dikembangbiakkan dengan melalui cara cangkok atau dengan stek). Fungsi utama dari akar serabut ialah agar dapat memperkokoh berdirinya tumbuhan. Contoh tanaman berakar serabut antara lain pohon kelapa, jagung, padi, tebu dan rumput.
Ciri ciri Akar serabut:
  • - Bentuk akar serabut mirip serabut
  • - Ukuran akar serabut relatif kecil,
  • - Tempat tumbuhnya pada bagian pangkal batang,
  • - Besar setiap akar serabut cenderung hampir sama semua
  • - Akar serabut biasanya dimiliki oleh tumbuhan berkeping satu (monocotil) seperti kelapa, jagung, padi.
  • - Akar serabut tidak begitu dalam tertancap ke tanah.
  • - Akarnya bercabang – cabang,
  • - Sistem perakaran serabut lemah sehingga pohonnya mudah rebah bila di tiup angin kencang.
Fungsi Akar serabut
  • Fungsi akar serabut adalah untuk membuat tanaman menjadi kokoh walaupun ternyata perakaran serabut lebih lemah dibandingkan dengan akar tunggang. Fungsi lain dari akar serabut adalah untuk menyerap air dan zat – zat mineral dari dalam tanah menuju ke bagian tubuh yang membutuhkan.
Tumbuhan akar serabut
  • Tumbuhan akar serabut banyak jenisnya di dunia ini termasuk di indonesia, berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan akar serabut yang sering kita lihat Pohon Kelapa (Cocos nucifera), pisang (Musa paradisiaca), Padi (Oryza sativa), rumput (Poa annua), tebu (Saccharum officinale), pepaya (Carica papaya), Salak (Salacca edulis), jagung (Zea mays), pinang (Areca catechu), anggrek (Orcidaceae).
Akar Tunggang 
Akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Akar tunggang mempunyai fungsi utama yaitu guna menyimpan makanan. Contoh : wortel, ubi, Jeruk, Nangka dan sebagainya.
Ciri ciri akar tunggang
  • Terdapat pada tanaman dikotil (biji berkeping dua).
  • Akaranya kuat untuk menopang berdirinya tanaman sehingga kokoh walaupun diterjang angin kencang.
  • Memiliki akar primer
Fungsi akar tunggang
  • Fungsi akar tunggang cukup banyak bagi tanaman seperti memperkokoh tanaman agar tidak mudah rubuh, menyerap air dan unsur hara yang ada dari dalam tanah untuk digunakan tumbuha, berperan sebagai alat reproduksi, berfungsi untuk meynyimpan cadangan makanan pada jenis tertentu. Tanaman yang bisa menyimpan cadangan makanan di akar contohnya adalah ubi, wortel dan kentang
Tanaman akar tunggang
  • Tanaman akar tunggang banyak kita jumpai di dalam kehidupan sehari – hari dimana apabila bijinya berkeping 2 maka dipastikan tanaman tersebut memiliki akar tunggang contohnya : mangga, jeruk, melinjo, rambutan,jambu, belimbing.
Modifikasi Akar :

Akar Gantung
Akar gantung tumbuh dari mulai bagian atas batang serta tumbuh ke arah tanah. Akar gantung terlihat menggantung di udara. Akar gantung tersebut mempunyai fungsi guna menyerap uap air serta gas yang ada di udara. Namun, apabila akar gantung telah mencapai tanah, akar gantung tersebut akan masuk ke dalam tanah serta berguna untuk menyerap air dan garam mineral di dalam tanah. Tumbuhan yang mempunyai akar gantung misalnya beringin.

Akar Napas
Akar napas ialah akar yang tumbuh keluar dari batang pada bagian bawah. Akar napas sebagian muncul di permukaan tanah dan juga ada sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar tersebut dapat terlihat seperti sedang menopang tegaknya batang. Akar napas memiliki banyak celah tempat untuk masuknya udara. Sehingga akar napas mempunyai fungsi untuk bernapas. Tumbuhan yang mempunyai akar napas contohnya pada tumbuhan bakau dan pandan.

Akar Pelekat
Akar pelekat ialah akar yang tumbuh di sepanjang batang. Akar pelekat ada pada tumbuhan yang tumbuh memanjat. Akar pelekat mempunyai fungsi guna melekatkan batang pada tembok atau tumbuhan yang lainnya. Akar pelekat terdapat pada tumbuhan sirih.

Urutan bagian-bagian akar dari luar ke dalam antara lain epidermis, korteks, endodermis, serta stele. Stele terdiri dari 2 berkas pengangkut, yaitu xylem dan floem.


Bagian-Bagian Akar
Bagian-bagian yang ada pada akar, antara lain:

Epidermis
Epidermis yang terdapat pada akar terdiri dari 1 lapis sel yang tersusun rapat. Dinding sel epidermis tipis, hal ini agar dapat dengan mudah untuk ditembus air. Epidermis pada akar mempunyai rambut akar dari hasil aktivitas sel-sel di belakang titik tumbuh. Rambut akar tersebut mempunyai fungsi guna memperluas area bidang penyerapan. Epidermis pada akar biasanya tidak mempunyai kutikula. Epidermis akar pada tanaman anggrek yang menggantung berkembang menjadi velamen. Velamen adalah jaringan yang terdiri beberapa lapis sel.

Korteks
Korteks pada akar terdiri dari berbagai macam sel yang membentuk beberapa lapis sel. Dinding selnya tipis serta memiliki banyak ruang antarsel yang berfungsi untuk pertukaran gas. Pada korteks terdapat parenkim, sklerenkim, serta kolenkim.

Endodermis
Endodermis akar terletak di sebelah dalam korteks, yaitu berupa satu baris sel-sel yang tersusun secara rapat tanpa adanya ruang antarsel. Dinding sel pada endodermis mengalami penebalan gabus untuk membentuk pita Caspary. Penebalan gabus dapat menyebabkan dinding sel agar tidak dapat ditembus air.

Stele atau Silinder Pusat
Stele Terletak di sebelah endodermis. Di antara silinder pusat atau stele terdapat berkas pengangkutan. Stele tersusun dari berbagai macam-macam jaringan antara lain : Perisikel yang merupakan lapisan terluar dari stele. Vasis yang terdiri atas xylem dan floem. Jaringan parenkim yaitu suatu jaringan yang mengisi di antara vasis yang disetujui oleh empulur.
Struktur akar :
  • Inti Akar :
    Inti akar terdiri atas pembuluh kayu dan pembuluh tapis. Pembuluh kayu berfungsi mengangkut air dari akar ke daun. Pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  • Rambut Akar
    Rambut akar atau bulubulu akar berbentuk serabut halus. Rambut akar terletak di dinding luar akar. Fungsi rambut akar adalah mencari jalan di antara butiran tanah. Hal inilah yang menyebabkan akar dapat menembus masuk ke dalam tanah. Selain itu, rambut akar juga berfungsi menyerap air dari dalam tanah.
  • Tudung Akar
    Tudung akar terletak di ujung akar. Bagian ini melindungi akar saat menembus tanah.
struktur-luar-akar1
Fungsi Akar
Berikut fungsi akar bagi tumbuhan :
  • Menyokong serta memperkuat tumbuhan untuk berdiri di tempat hidupnya.
  • Menyerap air serta berbagai macam garam mineral dari dalam tanah.
  • Tempat menyimpan cadangan Makanan
  • Alat Respirasi
  • Mengangkut air serta berbagai zat-zat makanan yang sudah diserap ke tubuh tumbuhan.
Pada beberapa jenis tumbuhan, akar dapat berfungsi sebagai alat respirasi, misalnya pada tumbuhan bakau. Pada beberapa macam tumbuhan, akar ada juga yang berfungsi untuk tempat dalam menyimpan cadangan makanan atau untuk dijadikan sebagai alat reproduksi vegetatif. Misalnya pada wortel yang mempunyai akar tunggang yang akarnya membesar dan mempunyai fungsi untuk tempat menyimpan makanan. Pada tanaman sukun, pada bagian akar dapat tumbuh tunas yang tumbuh menjadi sebuah individu baru.

Ciri-Ciri Akar
  • Akar ialah bagian tumbuhan yang biasanya ada di dalam tanah, pertumbuhan akar ke arah dalam tanah. Pada umumnya akar menjauhi cahaya pertumbuhannya akan menjadi lebih cepat.
  • Akar tidak seperti batang dan juga daun yang mempunyai warna hijau karena pada daun mengandung klorofil, warna akar ialah keputih-putihan atau kekuning-kuning.
  • Pertumbuhan terjadi di ujung akar yang merupakan suatu titik pertumbuhan primer dimana disana terdapat jaringan meristimatik, serta mekanisme dominasi apikal yang terjadi pada akar.
  • Ujung akar mempunyai bentuk yang meruncing dan berfungsi guna menembus tanah serta memecahkan bebatuan.

Sifat-Sifat Akar 
Akar adalah bagian tumbuhan yang ada di dalam tanah. Arah gerak pertumbuhan akar dipengaruhi oleh gravitasi atau air. Akar mampu tumbuh menembus tanah, hal ini karena pada bagian ujung akar berbentuk runcing. Pada akar tidak terdapat buku-buku yang dapat membentuk ruas-ruas. Akar bisanya mempunyai warna pucat serta tidak berklorofil dan tidak melakukan fotosintesis.

Apa yang Dimaksud Dengan Akar Semu ?
Organ atau suatu jaringan yang secara anatomi tidak dianggap sebagai akar namun mempunyai kegunaan yang serupa dengan akar dapat dinamakan sebagai akar semu. Istilah tersebut pada umumnya disematkan pada suatu individu yang tidak termasuk ke golongan tumbuhan berpembuluh namun dapat melekat pada berbagai objek tertentu dengan menggunakan alat yang fungsinya mirip dengan akar, yaitu melekat, menjangkar, serta menyerap garam mineral dari tempatnya tumbuh. Alga serta fase gametofit tumbuhan lumut dan tumbuhan paku mempunyai rizoid. Beberapa tumbuhan pterofit atau Euphyllophyta juga mempunyai rizoid yang merupakan modifikasi dari batang atau daun. Contohnya adalah Azolla, Salvinia, dan Lemna.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:31
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.