Loading...

Efek Negatif Makan Buah Semangka Berlebihan, Bisa Picu Gangguan Sistem Syaraf

Loading...
loading...

Meski Menyegarkan, Konsumsi Buah Semangka Secara Berlebihan Akan menimbulkan Akibat Buruk Bagi Kesehatan Anda
Semangka atau tembikai adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan ketimun. Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. (Wikipedia)
Buah semangka termasuk buah yang rendah kalori, bebas lemak, dan mengandung vitamin A, B6 dan C yang berfungsi sebagai antioksidan. Manfaat buah ini sangat luar biasa bagi kesehatan. Kandungan lain yang dimiliki oleh semangka adalah lycopene dan potasium yang berguna menjaga kesehatan organ seperti jantung dan mencegah kanker.
Semangka merupakan jenis buah yang menyegarkan karena tingginya kandungan air di dalamnya. Konsumsi semangka ketika udara panas terasa begitu menyenangkan. Selain itu, kandungan air dalam semangka juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sementara kandungan vitamin A dan C memberikan manfaat positif untuk kesehatan tubuh.
Dibalik manfaat yang luar biasa tersebut tetapi apabila dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek samping bagi tubuh. Apapun yang berlebihan memang tidak baik bagi tubuh, termasuk buah semangka. Dilansir dari livestrong.com ini dia efek samping bagi tubuh.

Gangguan Gastrointestinal

Meskipun memang dibutuhkan tubuh, namun lycopene dalam tubuh yang berlebihan bisa mengganggu sistem pencernaan atau gangguan gastrointestinal. Efek yang paling sering terjadi akibat kelebihan lycopene pada pencernaan, seperti timbulnya diare, susah buang air besar, kembung, mual hingga muntah.

Memicu Resiko Impotensi
Bagi para pria, terlalu banyak makan semangka akan memberikan efek impotensi. Sebabnya kandungan oksida nitrat akan merenggangkan pembuluh darah yang kemudian membuat ereksi membutuhkan waktu yang lama.

Selain efek tersebut, kebanyakan makan semangka juga bisa menyebabkan alergi karena buah ini mengandung dehidrogenase malat, isomerase fosfat triose dan profiling yang semuanya bisa merangsang alergi pada mereka yang sensitif akan lateks, seledri, mentimun, serta wortel.

Kelebihan Potassium Dalam Darah. Hyperkalemia

Karena semangka juga kaya potasium, kelebihan makan semangka bisa menyebabkan kelebihan potasium di tubuh atau disebut juga hyperkalemia. Kondisi hyperkalemia bisa berbahaya untuk kesehatan kardiovaskuler seperti misalnya detak jantung tak beraturan, dan gangguan sistem kerja otot dan syaraf.

Kelebihan potasium juga buruk untuk ginjal karena ginjal akan bekerja sangat keras untuk mengeluarkan kelebihan potasium di tubuh dan ini akan melemahkan kemampuan ginjal karena terlalu sering diforsir. Makan semangka terlalu banyak juga bisa menurunkan tekanan darah hingga anda merasa pusing dan lemas.

Bahaya dan Efek Buruk Lainnya Jika Makan Buah Semangka Berlebihan :

Gangguan Kardiovaskuler

Semangka berisi kalium tingkat tinggi. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan potasium dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah kardiovaskular. Hal tersebut akan menyebabkan penyakit lemah Nadi, detak jantung tidak teratur, serangan jantung, dll. Dan mungkin juga mempengaruhi kontrol motorik dan sistem saraf tubuh.

Meningkatkan Kandungan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Ketika seorang individu rentan terhadap insulin, maka tingkat gula darah cenderung menetap dalam darah dan tidak masuk ke dalam sel tubuh. Ketika ada kekurangan glukosa dalam sel, kemudian lebih banyak insulin diproduksi. Darah dan gula tetap dalam darah, yang dapat mempengaruhi kadar trigliserida dalam tubuh. Semangka penuh dengan gula alami dan dapat menyebabkan lonjakan di gula dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa penderita diabetes harus menghindari mengkonsumsi semangka.

Hati-hati Untuk Penderita Darah Rendah Karena Konsumsi Berlebihan Buah Semangka Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Berlebihan mengkonsumsi semangka dapat mengakibatkan penurunan tingkat tekanan darah tubuh. Jika seseorang menderita tekanan darah rendah, hal terbaik adalah menghindari semangka sebisa mungkin.

Bisa Memicu Reaksi Alergi

Mengkonsumsi semangka juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang yang memiliki Alergi ringan ataupun parah, anafilaksis dan pembengkakan wajah. Orang-orang yang alergi terhadap wortel, lateks dan mentimun, dengan mudah mengalami reaksi alergi terhadap semangka.

Bisa Memicu Diare

Semangka berisi jenis gula khusus yang disebut sorbitol. Orang-orang yang tidak toleran terhadap sorbitol, Hal tersebut akan melonggarkan sistem pencernaan dan gas (atau biasa disebut Diare) ketika mengkonsumsi semangka.

Memicu Masalah Otot dan Syaraf

Orang-orang yang mengkonsumsi semangka dalam jumlah besar, Mengalami masalah ginjal, otot dan saraf. Hal itu dikarenakan oleh zat gula dalam semangka.

Kondisi Tubuh Menjadi Mudah Lelah

Fungsi lemah ginjal mengurangi pemurnian dan ekskresi zat-zat berbahaya dari tubuh, yang mengarah ke pembengkakan kaki. Konsumsi berlebihan semangka dapat meningkatkan kuantitas air dalam tubuh. Jika kelebihan air tidak dikeluarkan dari tubuh, maka dapat menyebabkan peningkatan volume darah. Ini lebih lanjut dapat memperburuk pembengkakan serta menyebabkan kelelahan.

Antara Wanita Hamil dan Buah Semangka, Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka?


Ternyata semangka relatif aman dikonsumsi ibu hamil selama mengetahui batas-batas jumlah maksimal yang boleh dikonsumsi. Bahkan mengonsumsi semangka juga bisa memberikan manfaat bagi ibu hamil, antara lain:

Meringankan Heartburn Saat Kehamilan
Heartburn adalah naiknya isi lambung ke daerah sekitar kerongkongan, menyebabkan efek panas ataupun nyeri di sekitar ulu hati atau perut. Makanan yang dapat memicu heartburn banyak macamnya, mulai dari makanan dan minuman berkafein, makanan yang mengandung asam, makanan pedas, gorengan, bawang bombay, dll. Bagi ibu hamil yang menderita maag, harus benar-benar mengurangi makanan pemicu heartburn. Namun jika terlanjut terjadi heartburn, dengan mengkonsumsi semangka ternyata bisa mengurangi rasa sakit yang timbul. Semangka dapat mengurangi rasa panas/nyeri di dalam dada dan perut dengan cepat.

Meredakan pembengkakan pada masa kehamilan
Pada saat ibu hamil sudah mulai memasuki usia kehamilan trimester kedua sampai ketiga, kebanyakan ibu hamil mengalami edema, yaitu pembengkakan pada kaki, tangan dan juga wajah. Hal ini dikarenakan adanya penyumbat pembuluh darah dan otot. Buah semangka dengan kandungan airnya yang banyak dapat mengurangi dan bahkan meredakan pembengkakan yang terjadi. Kandungan air ini berguna untuk melancarkan pembuluh darah pada bagian yang mengalami pembengkakan.

Membantu proses pencernaan ibu hamil
Dikarenakan semangka adalah buah dengan kadar air yang tinggi, maka sangat dianjurkan untuk ibu hamil yang mengalami masalah pencernaan, karena kandungan air dalam semangka dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Pada dasarnya, semangka tidaklah berbahaya untuk ibu hamil. Namun jangan mengkonsumsi semangka secara berlebihan. Terlalu banyak mengkonsumsi semangka dapat mengakibatkan sakit lambung/perut. Jika ibu hamil dianggap memiliki kadar gula tinggi karena terlalu banyak mengkonsumsi semangka, maka sebaiknya hentikan dahulu, dikhawatirkan dapat menyebabkan diabetes gestasional, dikarenakan kadar gula dalam semangka yang dikonsumsi terlalu banyak.

Diolah dari berbagai sumber

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:48
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.