Cara Membedakan Gorengan Sehat dan Tidak Mengandung Plastik


Camilan Favorit dan Banyak Digemari, Gorengan. Bagaimana Cara Memilih Gorengan Yang Tidak Mengandung Plastik?
Gorengan atau Goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng rendam dalam minyak goreng panas yang banyak. (Wikipedia)
Maraknya penjual gorengan dipinggir jalan adalah sebuah keniscayaan mengingat camilan ini adalah salah satu makanan yang banyak sekali penggemarnya. Selama dikonsumsi dalam jumlah terbatas sebenarnya gorengan relatif aman. Hanya saja kadang ada penjual gorengan nakal yang menggoreng dagangannya dicampur dengan plastik untuk mempertahankan efek renyah meskipun sudah dalam kondisi dingin. Gorengan mengandung plastik inilah yang sebaiknya benar-benar kita hindari.

Banyak ahli kesehatan menyarankan untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi gorengan. Makanan berminyak ini mengandung kolesterol apalagi yang digoreng dengan minyak yang sudah berkali-kali dipakai. Tak hanya itu, penjual gorengan juga disebut berimprovisasi termasuk menggunakan plastik. Kolesterol dan bahan kimia yang masuk ke tubuh berisiko sumber penyakit.

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk mendeteksi apakah gorengan mengandung plastik atau tidak, semoga bermanfaat.

Amati Warna Pada Gorengan Yang Akan Anda Beli
Gorengan memang memiliki kilap akibat minyak yang menempel. Namun, gorengan akan jauh lebih mengkilap karena digoreng dengan plastik.

Waspadai Gorengan Yang Masih Memiliki Tekstur Renyah Saat Sudah Benar-benar Dingin
Gorengan yang masih baru atau masih hangat memang memiliki tekstur renyah, demikian pula dengan gorengan plastik. Yang perlu diperhatikan, gorengan plastik akan tetap renyah meski gorengan sudah dalam keadaan dingin. Berbeda dengan gorengan biasa yang cenderung 'loyo' kalau sudah dingin. Bahkan, gorengan plastik bisa tetap renyah sepanjang hari.

Gorengan Mengandung Plastik Akan Lebih Tercium Aroma Serupa Bau Gosong
Aroma gorengan memang mengundang selera, apalagi ditambah cabai rawit atau sambal sebagai cocolan. Gorengan plastik pun memiliki aroma serupa dengan gorengan biasa, tetapi jika dicermati lagi, gorengan plastik akan memiliki aroma serupa sensasi bau gosong.

Meleleh saat dibakar
Cara pamungkas untuk mengetahui apakah gorengan yang dibeli adalah gorengan plastik atau bukan adalah dengan membakarnya. Jika terdapat kandungan plastik, maka gorengan akan meleleh layaknya pastik dibakar.

Jangan Terkecoh Harga Murah
Meski ini bukan patokan mutlak, gorengan dengan harga lumayan miring patut jadi pertimbangan. Penjual berani menjual dengan harga murah karena biaya produksi yang tak begitu besar, apalagi gorengan diberi plastik. Gorengan awet dan dagangan bisa laku meski sudah seharian dipajang.

Sumber cnnindonesia.com dan sumber lainnya


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:18
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.