Loading...

Cara Kerja Alat Bantu Dengar dan Kelengkapannya

Loading...
loading...

Orang Yang Memiliki Gangguan Pendengaran Mungkin Saja Membutuhkan Alat Bantu Dengar, Bagaimana Cara Kerjanya? Dan Berapa Harganya?
Pada Prinsipnya, Cara kerja alat bantu dengar sendiri ialah dengan mengeraskan suara yang ada di area sekitar, sehingga dengan hasil suara yang keras tersebut bisa membantu telinga yang kurang pendengaran, fungsi dari alat pengerasan suara tersebut lebih difokuskan pada suara percakapan, oleh karenanya orang yang memiliki gangguan pendengaran bisa terbantu agar dapat meng-artikan suara dari percakapan pada lawan bicara. Tehnologi terbaru dari sebuah alat bantu dengar sudah bisa mengenali suara percakapan. Sehingga suara yang telah dikeraskan hanya difokuskan pada suara percakapannya saja, sementara suara – suara lainnya selain dari percakapan akan diredam, untuk tidak menjadi sebuah Noise yang bisa mengganggu suara dari percakapan. Alat bantu dengar terbaru juga ada yang memiliki fungsi yang bisa digabungkan atau dihubungkan dengan perangkat lain, misal menghubungkan dengan perangkat telepon genggam, komputer, pesawat televisi, radio dan lain – lain dengan penambahan perangkat yang disediakan khusus.

Secara umum, teknis

Mikrofon menangkap suara yang kemudian diubah menjadi sinyal digital. Digital Sound Processor (DSP) memodifikasi sinyal untuk disesuaikan dengan gangguan pendengaran. Pengeras suara kemudian meneruskan sinyal ke telinga.
Teknologi alat bantu dengar secara umum dapat dibagi ke dalam 4 bagian utama. Untuk mengembalikan kemampuan pendengaran, menghilangkan gangguan, serta memperkuat percakapan, untuk menghilangkan gema, serta akhirnya, membuat pilihan yang nyaman.

Teknologi alat bantu dengar kurang lebih dapat di bagi menjadi 4 kelompok utama. Untuk memulihkan pendengaran, manahan kebisingan dan meningkatkan kemampuan berbicara, menghilangkan feedback dan terakhir, pilihan kemudahan.

Daftar Harga Macam-macam Jenis Alat Bantu Dengar

HargaKeterangan ProdukHarga
harga alat bantu dengarPowerone Baterai Alat Bantu Dengar axon K8080.750
harga alat bantu dengarAs Seen On Tv Alat Bantu Dengar / Hearing Aid Cyber Sonic90.000
harga alat bantu dengarCybersonic Hearing Aid Alat Bantu Dengar BTE92.000
harga alat bantu dengarPowerone - Baterai Alat Bantu Dengar A1395.000
harga alat bantu dengarPowerone - Baterai Alat Bantu Dengar Powersonic dan Powertone95.000
harga alat bantu dengarAXON B-13 Alat Bantu Dengar Hearing Aid Telinga Tuli Type BTE118.000
harga alat bantu dengarPower Sonic - Alat Bantu Dengar YL01125.800
harga alat bantu dengarHarmed CTS - 909 Alat Bantu Dengar Dengan Kabel - Hearing Aid140.000
harga alat bantu dengarAXON - Alat Bantu Dengar Axon K82 - Cream147.700
harga alat bantu dengarAXON X-136 Alat Bantu Dengar Hearing Aid Telinga Tuli148000
harga alat bantu dengarHarmed CTS 99 - Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel155.000
harga alat bantu dengarAxon F137 Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel180.000
harga alat bantu dengarPuremed - Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel185.000
harga alat bantu dengarVinmed Alat Bantu Dengar VM-55187.000
harga alat bantu dengarPowertone Earphone Alat Bantu Dengar Pengeras Suara Hearing Aid - F-138191.250
harga alat bantu dengarAxon - Hearing Aid / Alat Bantu Dengar Tipe ITE In The Ear K88199.000
harga alat bantu dengarVinmed VM-55 Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel199.000
harga alat bantu dengarAXON K-82 Alat Bantu Dengar Hearing Aid Telinga Tuli Smallest Terkecil199.900
harga alat bantu dengarNBs Earzoom Alat Bantu Dengar321.300
harga alat bantu dengarAxon Hearing AID-168 - Alat Bantu Dengar350.000
harga alat bantu dengar

Fitur-Fitur Alat Bantu Dengar



Digital Sound Processor

Hampir semua alat bantu dengar saat ini dilengkapi dengan Pemroses Suara Digital (PSD) yang dapat diprogram untuk memenuhi kebutuhan berbagai konfigurasi gangguan pendengaran berbeda. Alat ini juga diharapkan dapat membawa keajaiban kecil untuk memproses sinyal yang diarahkan untuk membuat dapat Anda mendengar lebih baik.


Channels

Alat bantu dengar digital modern memecah sinyal menjadi beberapa saluran frekuensi untuk mengaktifkan koreksi sinyal (amplifikasi) dan pemampatan berdasarkan konfigurasi audiogram. Semakin banyak saluran yang dimiliki alat bantu dengar, semakin jelas dan detail pemrosesan suara yang terjadi.

Jumlah saluran/channels yang diperlukan untuk setiap kondisi bergantung pada konfigurasi audiogram. Semakin tinggi tingkat keparahan gangguan pendengaran, maka semakin banyak saluran/channels yang dibutuhkan.


Amplifikasi

Alat bantu dengar berperan mengurangi gangguan pendengaran dengan memperkuat suara dari area frekuensi spesifik berdasarkan tingkat keparahan gangguan.

Umumnya, kompensasi awal tidak 1-1 untuk gangguan pendengaran yang diukur, tetapi diatur sesuai dengan algoritma khusus oleh perangkat lunak yang sesuai. Secara bertahap seiring penyesuaian sistem pendengaran, pasien terbiasa untuk mendengar lebih banyak suara sehingga amplifikasi akan meningkat.


Tekanan

Tekanan berarti bahwa perangkat lunak alat bantu dengar menerapkan amplifikasi berbeda berdasarkan intensitas sinyal yang masuk. Suara yang lirih akan lebih diperkuat dan suara kencang tidak akan terlalu diperkuat. Ini diperlukan karena pendengaran Anda tidak dapat menjangkau suara secara dinamis.

Teknologi dan Sistem Manajemen Suara

Sebagian besar kapasitas komputasi alat bantu dengar difokuskan untuk menyaring gangguan bunyi atau suara bising dari lingkungan sekitar dan memperjelas suara percakapan.


Directionality

Mikrofon alat bantu dengar modern dapat menekan sinyal dari beberapa arah. Umumnya teknologi ini diterapkan untuk menghilangkan sinyal-sinyal dari belakang atau samping jika diidentifikasi sebagai gangguan dari percakapan yang datang dari depan.

Teknologi ini membatasi jumlah informasi yang dikirim alat bantu dengar ke otak dan kemudian mempermudah pemahaman bahasa.


Peredam Kebisingan

Gangguan pendengaran membuat Anda secara bertahap tidak lagi mendengar kebisingan sekaligus suara di sekitar Anda. Oleh karenanya, sistem pendengaran Anda mungkin tidak dapat menerima kebisingan yang sama kencangnya dengan suara percakapan.

Salah satu fungsi terpenting dari alat bantu dengar modern adalah untuk mengurangi kadar suara latar atau kebisingan ke tingkat yang dapat membuat Anda nyaman menggunakan alat bantu dengar.


Peredam Feedback

Dekatnya mikrofon dengan pengeras suara pada alat bantu dengar membuat alat ini berisiko menyebabkan feedback (suara bersiul yang mengganggu). Ini dapat terjadi jika suara yang masuk terdengar terlalu kencang di area frekuensi tertentu, tidak terpasang dengan tepat di telinga, alat disentuh, dan sebagainya. Teknologi peredam feedback dapat membantu mengurangi masalah yang mengganggu ini.

Saluran – berdasarkan perangkat lunak, PSD memecah sinyal yang masuk ke dalam 4 – 6 saluran. Keseluruhan sinyal dan kualitas fitur pemrosesan serta fleksibilitas kemudian bergantung pada jumlah saluran ini.

Performa Mikrofon Ganda – dengan mengukur sinyal-sinyal yang masuk ke mikrofon-mikrofon berbeda yang terpisahkan perbedaan waktu singkat, PSD dapat mengabaikan sinyal atau bagian sinyal dari beberapa arah. Teknologi ini dapat meningkatkan kejelasan percakapan di tengah kebisingan.

Manajemen Gangguan Suara – perangkat lunak pada PSD mengukur isi sinyal dan kebisingan pada setiap saluran. Berdasarkan ukuran ini, alat tersebut menyaring dan melemahkan saluran di mana kebisingan berada.

Manajemen Feedback – dengan mengukur jumlah feedback yang ada, PSD dapat membatalkan dan menghilangkannya seketika secara efektif. Tak hanya memberikan kenyamanan, fungsi ini juga penting untuk kualitas suara.

Kemudahan Fitur-Fitur

Desain chip modern membuat alat bantu denagr anda menjadi perangkat komunikasi berteknologi tinggi yang dapat terhubung satu sama lain (kiri dengan kanan) dan dengan semua perangkat Bluetooth anda.


Alat Bantu Dengar Tanpa Kabel Dapat Berarti Besar
Pemrograman tanpa kabel – Saat parameter pada alat bantu dengar diatur, alat ini tidak terhubung dengan kabel ke komputer. Komunikasi terjadi melalui teknologi tanpa kabel.

Kompatibilitas tanpa kabel – Transmitter memungkinkan alat bantu dengar terhubung dengan media favorit Anda seperti TV dan telepon melalui kabel.


Sinkronisasi Komunikasi Binaural
Alat bantu pada telinga kiri Anda dapat berkomunikasi dengan alat bantu pada telinga kanan. Ketika Anda mengubah volume atau fungsi lain pada satu sisi, maka secara otomatis akan ada perubahan di sisi lainnya.

Mode Telepon Binaural
Mode telepon binaural adalah subfitur khusus dari komunikasi binaural. Jika Anda memegang gagang telepon dekat dengan alat bantu dengar Anda, telepon ini akan mengkomunikasikan percakapan ke sisi lain dan mengubah pengaturan berdasarkan preferensi yang telah Anda tentukan sebelumnya di situasi serupa.


Pemetaan Spasial Binaural
Saat ini pemetaan spasial binaural merupakan fungsi yang paling canggih dari alat bantu dengar. Alat bantu dengar pada kedua telinga Anda terus menerus berkomunikasi satu sama lain dan menyesuaikan pemrosesan sinyal berdasar sinyal yang masuk ke bagian lain. Persis seperti yang dilakukan otak jika pendengaran Anda baik. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mendengar di tengah kebisingan dan di tengah lingkungan lain yang menantang.
Sistem kerja alat bantu dengar yaitu dengan mengandalkan energy dari Baterai yang berkerja sebagai sebuah power supply. Apabila dipakai selama 8 jam perhari, satu baterai bisa bertahan kurang lebih sampai dengan 2 minggu. Sistem kerja dari alat bantu dengar yaitu berawal ketika ada sebuah suara, misalkan ada suara lonceng berbunyi maka oleh komponen MIC akan menangkap suara itu kemudian akan di proses dengan mengubah energi akustik atau gelombang suara menjadi sebuah sinyal listrik, yang kemudian akan dilanjutkan prosesnya oleh Amplifier kemudian diamplifier tersebut akan memproses sinyal listrik atau gelombang suara yang telah dihasilkan dari Mic untuk selanjutnya kemudian sinyal listrik atau gelombang suara akan diperbesar kemudian selanjutnya sinyal yang telah di perbesar tersebut akan diproses oleh receiver. Kemudian di dalam receiver sinyal listrik gelombang suara itu oleh receiver dirubah menjadi suara akustik yang telah diperbesar oleh receiver ini bisa di analogikan seperti Speaker, jadi suara yang telah di dengar akan sama persis dengan sumber bunyi, serta suara tersebut tentunya telah di perbesar karena proses Amplifikasi Alat bantu dengar.
Sumber: https://www.pusatalatbantudengar.com/hearing-aids/how-they-work  dan sumber lainnya

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:05
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.