Cara-cara Perkembangbiakkan Tanaman, Dari Akar Hingga Daun


Berbagai jenis tanaman ternyata dapat mengembangbiakkan dirinya sendiri dengan bagian-bagian tertentu dari tumbuhan tersebut. Secara normal kebanyakan tanaman berkembangbiak dengan mengandalkan bijinya yang kemudian tersebar kemana-mana dengan perantaraan angin, hewan, air dan juga manusia.

Tanaman-tanaman tertentu bisa berkembangbiak secara aseksual dengan memanfaatkan bagian tertentu mulai dari akar, batang dan bahkan dari daunnya. Apa saja tanaman yang bisa berreproduksi aseksual alami dan bagian apa yang digunakan untuk bereproduksi?
Berbagai jenis dan macam tumbuhan dapat bereproduksi secara aseksual alami yaitu bereproduksi dengan bagian tubuhnya tanpa bantuan manusia. Seperti menggunakan akar, batang, dan juga memanfaatkan daunnya.
Berikut ini adalah berbagai Macam Cara Tanaman Bereproduksi Secara Aseksual Alami.

Jenis Tanaman Yang Berkembangbiak Dengan Rhizoma
Pada batang terdapat ruas dan buku . pada buku inilah tempat tumbuhnya tunas yang akan berkembang menjadi tumbuhan baru.beberpa tumbuhan bereproduksi dengan tunas pada batang yang ada di dalam tanah yang disebut rhizoma.beberpa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan rhizoma adalh jahe,kunyit,lengkuas dan temulawak.

Tumbuhan Yang Berkembangbiak Dengan Stolon
Tanaman rumput dan beberapa tanaman lainnya misalnya stoberi tardapat batang yang menjalar di atas tanah.batang tumbuhan yang menjalar di tas tanah disebut stolon. Saat tunas terpisah dari tanaman induk, tunas sudah mampu tumbuh menjadi individu baru.

Jenis Tanaman Yang Berkembangbiak Dengan Umbi Lapis
Umbi lapis terdpat pada bawang merah.dinamakan umbi lapis karena memperlihatkan susunan berlapis lapis yang terdiri atas daun yang menebal,lunak dan berdaging serta batang yang merupakan bagian kecil pada bagian bawah umbi lapis yang disebut cakram . dengan demikian dapat dikatakan umbi lapis (bulbus) merupakan moditifikasi batang dan daun . pada tum,buhan yang bereproduksi dari umbi lapis ,terdapat kuncup samping .kuncup samping yang tumbuh biasanya merupakan umbi lapis kecil kecil berkelompok di sekitar umbi induknya .bagian ini dinamakan siung atau anak umbi lapis .jika siung dipisahkan dari induknya maka akan menghasilkan tumbuhan baru.

Macam Tanaman Yang Bereproduksi Aseksual Dengan Umbi Batang
Pada tanaman kentang sering bisa ditemukan mata tunas (kuncup). Pada kondisi yang tepat untuk pertumbuhannya dari mata tunas ini akan terbentuk tunas dan menghasilkan tumbuhan baru . Kentang merupakan salah satu contoh tumbuhan yang menglamai pembengkakan pada batang di dalam tanah dan berisi cadangan makanan. Batang yang demikian disebut umbi batang.

Jenis Tanaman Yang Berkembangbiak Dengan Kuncup Adventif Daun
Daun dapat menghasilkan individu baru dengan cara sel yang ada di tepi daun selalu membelah. Pada bagian daun yang demikian akan dapat membentuk kuncup. Kuncup merupakann calon tunas yang terdiri atas calon batang besrta calon daun. Kuncup yang ada di tepi daun disebut kuncup adventif daun. Contoh tumbuhan yang bereproduksi dengan cara ini adalah cocor bebek


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 22:49
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.