Loading...

Bahaya Makan Buah Tomat Mentah Berlebihan, Bisa Picu Naiknya Asam Lambung Hingga Batu Ginjal

Loading...
loading...

Efek Negatif Mengonsumsi Tomat Secara Berlebihan (Kebanyakan) Dapat memicu IBS "Irritable Bowel Syndrome" dan Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

Tomat adalah buah yang bisa digolongkan juga dalam kelompok sayuran sehingga kita mengenal ada tomat buah dan tomat sayur, keduanya sangat nikmat disantap maupun dimasak terutama bagi para penggemar buah ini. Tomat merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C selain jeruk dan buah lainnya.
Tomat dan Kolesterol. Menurut para peneliti, hanya makan dua ons atau sekitar 60 gram pasta tomat atau seperdelapan jus tomat setiap hari sudah cukup bagi pasien untuk diuntungkan. Bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan kolesterol atau tekanan darah tinggi, kini ada solusi praktis dan lezat. Mulai sekarang, rajin mengonsumsi makanan yang mengandung tomat seperti pasta atau jus tomat.Buah tomat adalah buah yang sangat banyak mengandung lycopene. Lycopene adalah senyawa ynag yang memberi warna merah pada tomat, lycopene dapat menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari kanker.
Bahan lain yang ditemukan pada tomat termasuk lycopene, asam folat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B2, B3, dan C, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, serat dan air. Untuk mendapatkan kandungan lycopene terbaik, tomat harus dimasak terlebih dahulu karena lycopene akan lebih mudah diserap tubuh. 50 gram pasta atau setengah liter jus tomat akan memberikan perlindungan dari penyakit jantung.

Meskipun mengandung vitamin C, anda juga harus berhati-hati. Jika mengkonsumsi vitamin C terlalu berlebihan akan menyebabkan peningkatan pada asam lambung dan dalam jangka waktu panjang kandungan asam itu akan dapat merusak dinding esofagus.
Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Menurut Wikipedia, Nama ilmiah buah tomat adalah: Solanum lycopersicum.
Meskipun Tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti bisa menurunkan kolesterol, tetapi mengonsumsinya tidak boleh berlebihan karena akan menimbulkan efek samping yang bahkan bisa merusak kesehatan anda. Berikut ini Beberapa Macam Bahaya Jika Mengonsumsi atau Memakan Tomat Secara Berlebihan:


Bisa Memicu Meningkatnya Kandungan Asam Lambung
Tomat mengandung asam dalam jumlah yang tak sedikit dan itu berarti banyak. Sehingga apabila anda mengkonsumsi terlalu banyak tomat akan terjadi kenaikan asam lambung pada tubuh anda, yang akhirnya akan menyebabkan sakit maag atau penyakit gastroesphageal. Dan selain itu, seperti yang ditulis di atas, dinding esofagus pada tubuh anda akan rusak akibat kandungan asam pada tomat yang terlalu banyak.

Konsumsi Tomat Terlalu Banyak Malah Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh
Kandungan pigmen karotenoid atau yang disebut dengan lycopene yang terdapat pada tomat akan dapat memenuhi tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan sistem imunitas tubuh anda menurun. Hal itu akan terjadi bila tomat dikonsumsi secara berlebihan.

Memicu Masalah Pencernaan Seperti Sakit Perut dan Kembung
Selain menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan asam lambung, mengkonsumsi tomat secara berlebih juga bisa menggangu kelancaran pencernaan dalam tubuh anda yang akhirnya akan menyebabkan penyakit seperti sakit perut atau terdapat banyak gas didalam perut anda.

Makan Tomat Kebanyakan Dapat memicu IBS "Irritable Bowel Syndrome"
Buah dan Sayur Tomat juga mengandung antioksidan likopen yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain menyebabkan masalah pada usus anda, juga dapat menimbulkan masalah penyakit yang lainnya seperti gas perut, kembung, mual, muntah, diare, gangguan pencernaan dan lain sebagainya.

Bisa Merusak Ginjal Karena Terlalu Banyak Makan Tomat Dapat Memicu Terbentuknya Batu Ginjal
Sayuran yang mengandung zat nutrisi lutein, protein, serat, mineral, dan berbagai vitamin ternyata juga dapat menyebabkan batu ginjal. Namun, terjadinya batu ginjal itu jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti mengkonsumsi tomat. Mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan akan menyebabkan pembentukan batu ginjal. Bagi orang yang sudah pernah mengalami batu gunjal bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi tomat, anda tetap boleh mengkonsumsi tomat karena nutrisinya yang baik juga untuk kesehatan. Tapi anda juga harus tahu, jangan mengkonsumsi tomat terlalu berlebihan.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:10
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.