Loading...

Bahaya Makan Secara Berlebihan, Memicu Diabetes Hingga Asam Urat

Loading...
loading...
Makan Buah dan Sayuran Dalam Jumlah Berlebihan Apakah Berbahaya?

Segala sesuatu yang terukur dan sesuai dengan kapasitasnya umumnya akan menghasilkan suatu kebaikan. Semua yang berlebihan biasanya akan memicu timbulnya efek negatif dan bahaya, termasuk juga dalam hal jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Banyak orang yang sering kalap dan tidak sadar sudah mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat besar dan melebihi kebutuhan serta kemampuan organ pencernaan untuk mencernanya. Alasanya karena makanannya terlalu enak sehingga susah berhenti, mumpung gratisan, karena merupakan makanan favorit dan lain-lain.
Ada juga yang menganggap bahwa makan buah-buahan dalam jumlah besar dan berlebihan tidak masalah bagi kesehatan tubuh karena menganggap buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan super. Ini adalah anggapan yang tidak benar karena kandungan berbagai macam nutrisi dan mineral dalam buah dan sayur pun jika terlalu banyak masuk kedalam tubuh manusia bisa mengakibatkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.
Berikut ini berbagai macam bahaya yang mengintai orang-orang yang selalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan jauh melebihi kebutuhan tubuhnya, apa saja?

Memicu Obesitas, Kelebihan berat badan
Obesitas yang dialami orang dewasa dan anak biasanya terjadi karena pihak yang berkepentingan tidak bisa mengendalikan nafsu makannya. Makanan yang mereka makan lebih dari cukup dan tubuh tidak lagi membutuhkannya. Akhirnya zat yang terkandung dalam makanan tidak bisa digunakan maksimal oleh tubuh dan malah terakumulasi dalam lemak.

Meningkatkan Resiko Terkena Diabetes
Diabetes terjadi saat pankreas tidak mampu menghasilkan hormon insulin yang bertanggung jawab membawa gula darah ke dalam sel tubuh dalam energi. Ini karena fungsi pankreas menurun karena kenaikan kadar gula akibat pola makan yang tidak terkontrol.

Tubuh menghasilkan banyak radikal bebas
Makanan yang kita konsumsi secara berlebihan setiap hari belum tentu sehat dan bermanfaat bagi tubuh, sebagai contoh makanan yang digoreng atau dipanggang. Satu studi mengatakan bahwa makanan yang digoreng atau dibakar tidak baik untuk kesehatan. Makanan ini mengandung banyak radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, kanker, penuaan dini, stroke, kanker usus besar dan sebagainya.

Dapat menghambat pertumbuhan dan kecerdasan psikologis
Diet berlebihan bisa menghambat proses perkembangan psikologis dan kecerdasan pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini terjadi karena banyak zat yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi sebenarnya sangat baik untuk tubuh, terutama untuk perkembangan otak, seperti: MSG, pewarna makanan, pengawet, dan sebagainya.

Kolesterol dalam tubuh meningkat
Risiko menderita penyakit kolesterol tinggi meningkat, memungkinkan seseorang dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung atau stroke pada usia dini. Sebenarnya ambang kolesterol normal dibutuhkan oleh tubuh sebagai agen hormon reproduksi, zat tipe hormon membentuk korteks adrenal yang penting bagi metabolisme dan keseimbangan garam dalam tubuh, dan sebagai pelapis selaput sel dan untuk membungkus saraf.

Asam urat tinggi
Makan berlebihan, terutama dengan zat purin tinggi, akan meningkatkan asam urat. Asam urat tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena bisa mempengaruhi fungsi organ ginjal, dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Gangguan pencernaan
Berbagai macam gangguan pencernaan seperti mual, diare dan konstipasi sering dialami oleh mereka yang memiliki pola makan berlebih karena makanan yang dikonsumsi hanya mengandung karbohidrat tinggi namun rendah vitamin dan serat yang dibutuhkan dalam proses pencernaan.

Luka perut
Kapasitas perut orang dewasa biasanya bervariasi dari 1-1,5 liter, tapi ini tergantung pada ras dan tinggi badan Anda. Bila seseorang makan berlebihan, perut terpaksa menyimpan makanan di luar batas kapasitas, sehingga perut bisa menjadi meradang akibat luka akibat kelebihan makanan.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:07
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.