Loading...

Bahaya Makan Jambu Biji Berlebihan, Bisa Menyebabkan Gangguan Lambung

Loading...
loading...

Buah Jambu Biji termasuk dalam kelompok buah-buahan yang merupakan sumber serat yang baik, kebanyakan orang pasti setuju akan fakta tersebut. Tetapi terlalu banyak mengonsumsi buah justru dapat menyebabkan pencernaan Anda menjadi bermasalah. Anda dapat mengalami kembung, merasa begah, kram perut, buang gas terus menerus, bahkan diare. Mereka yang menderita diare biasanya akan diberi diet rendah serat saat di rumah sakit, ini bertujuan untuk memadatkan feses kembali sehingga diare berhenti. Beberapa contoh buah yang tinggi serat yaitu apel, pisang, stroberi, mangga, pepaya, dan jambu biji. Anda membutuhkan serat sekitar 30 gram per hari. Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan termasuk buah tinggi serat secukupnya, Anda dapat membantu kerja sistem pencernaan Anda. Khusus untuk buah jambu biji, ada beberapa efek samping yang bisa membahayakan kesehatan jika anda mengonsumsinya secara berlebihan, apa saja?
Pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan menyarankan Anda untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah per harinya. Satu porsi setara dengan satu jenis buah berukuran medium seperti misalnya satu buah jeruk ukuran sedang, satu buah pisang, atau satu buah apel sedang. Usahakan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah, jangan terpaku hanya pada satu macam buah saja karena berbeda jenis buahnya berbeda pula manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh.
Berikut ini beberapa Bahaya dan Efek Negatif Makan Jambu Berlebihan

Bisa Mengakibatkan Radang Usus Buntu
Perlu diketahui bahwa penyakit radang usus buntu di sebabkan oleh terinfeksinya saluran pada usus yang di sebabkan oleh bakteri.Namun Tidak kemungkinan bahwa anda tidak terjangkit karena sering mengkonsumsi jambu ini .Biji jambu memiliki sifat yang keras yang hampir sama dengan biji cabai sehingga membuat lambung lebih exstra dalam proses pencernaan dan sering kali kita lihat bahwa biji jambu juga tidak dapat di cerna pada tubuh.

Menyebabkan Sakit Gigi
Bagi anda yang memiliki gejala sakit gigi mungkin anda harus berhati-hati dengan buah ini apalagi gigi anda sudah bolong bisa-bisa biji dari jambu ini dapat menyumbat pada bagian gigi anda yang bolong dan dapat membuat sarang bakteri yang tentu saja membahayakan kesehatn anda.

Dapat Memicu Diare
Makan jambu memang sering kali di hubung-hubungkan dengan seseorang yang susah BAB. Ternyata kenyataan membuktikan bahwa justru kebanyakkan makan jambu bukan dapat menyembuhkan penyakit anda justru memperparah dan dapat menimbulkan diare karena buah jambu kaya akan kandungan serat.

Meningkatakan Kadar Gula
Mengkonsumsi jambu setelah mengkonsumsi gula anda harus berhati-hati,hal tersebut di yakini dapat memicu naiknya kadar darah pada tubuh apalagi anda memiliki ganguan diabetes mengkonsumsi buah ini berbarenagan dengan gula mungkin harus anda waspadai.

Mengakibatkan Gangguan Lambung
Bagi anda yang memiliki ganguan pada lambung seperti penyakit emag dll mungkin anda harus mewaspadai penyakit ini ,seperti yang kita ketahui jenis jambu memiliki sifat yang susah di cerna hal tersebut dapat menimbulkan iritasi pada dinding lambung.

Catatan Penting: Menganggap buah sebagai superfood lalu kemudian cenderung hanya mengonsumsi buah saja sepanjang hari adalah anggapan yang keliru karena berisiko kekurangan zat gizi lainnya. Salah satu anjuran dalam pedoman gizi seimbang yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah mengonsumsi jenis makanan yang beragam. Dasar dari anjuran ini adalah karena tidak ada satu jenis makanan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan gizi Anda. Sebagai jenis makanan yang tergolong sumber karbohidrat, buah-buahan kurang mengandung asam lemak esensial serta asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Jenis zat gizi esensial tersebut lebih banyak ditemukan pada daging, kacang, serta biji-bijian.

Buah juga cenderung kurang mengandung mineral tertentu seperti kalsium dan zat besi. Mengonsumsi buah bersama dengan berbagai jenis makanan lain dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan zat gizi Anda sehari-hari. Tetapi jika Anda hanya menjalankan diet yang mayoritas terdiri dari buah saja, maka bukan tidak mungkin Anda mengalami defisiensi zat gizi tertentu.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 19:29
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.