Bahaya Makan Buah Durian Berlebihan, Berapa Takaran Yang Pas?


Bolehkah Mengonsumsi Durian Dalam Jumlah Banyak?
Durian mengandung 3,6 gram protein, atau 6,4- 7,8 persen dari asupan harian yang disarankan yakni 46-56 gram. Sebuah studi dalam "American Journal of Gastroenterology" pada Mei 2010 menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah, sayuran dan sumber lain mungkin lebih bijak agar tak terkena masalah ini. Satu cangkir durian memenuhi kira-kira setengah dari 130 gram kebutuhan karbohidrat harian. Perhatikan secara cermat konsumsi karbohidrat Anda, karena terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan.
Durian adalah buah musiman yang memiliki banyak penggemar militan. Saat musimnya tiba, biasanya para penggemar durian akan berburu buah ini dan hari-harinya akan dipenuhi dengan konsumsi buah legit ini. Tetapi apakah aman mengonsumsi durian dalam jumlah banyak atau berlebihan?

Menurut ahli nutrisi dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes. "Durian merupakan buah yang tinggi energi, sehingga ketika dijadikan sebagai buah untuk satu kali makan hanya boleh dikonsumsi sebesar 35 gram atau sebanyak dua biji kali waktu konsumsi buah. Bukan dua buah tetapi dua biji," ujar dia dalam pesan elektroniknya.
Durio adalah nama marga durian; termasuk ke dalam suku Malvaceae, anak suku Helicteroideae. Dari sekitar 27-30 spesies anggota marga ini, sejauh ini diketahui sembilan spesies yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Menurut Wikipedia , Nama ilmiahnya adalah: Durio
Selain tinggi energi, durian juga mengandung lemak, alkohol, karbohidrat dan indeks glikemik yang tinggi, sehingga tak seperti buah lain, durian tak bisa secara bebas dikonsumsi.

"Namun jika ingin mengonsumsinya lebih banyak maka konsekuensinya kurangi konsumsi bahan makanan sumber karbohidrat lainnya," kata dosen di Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 itu.

Semakin matang durian maka semakin tinggi kandungan alkoholnya, akibat proses fermentasi. Namun, menurut Rita hal ini bukan masalah asalkan durian tak dikonsumsi berlebihan.

"Kandungan alkohol pada duren jenisnya ethanol dan methanol yang mudah sekali menguap. Jadi bukan masalah besar sebenarnya. Namun menjadi masalah ketika dikonsumsi berlebih. Artinya dalam jumlah yg sesuai durian bisa memberikan banyak manfaat," pungkas dia.

Apa Saja Gizi Yang Terkandung Pada Buah Durian?

Berikut kandungan gizi buah durian seperti dilansir dari laman Livestrong:

Kalori dan Lemak
Satu cangkir durian mengandung 357 kalori. Jika Anda khawatir dengan kalori, durian mungkin bukan pilihan terbaik. Buah ini juga mengandung sedikit lemak, yakni 13 gram per porsi, menyumbang 33 persen kalori.

Karbohidrat dan Serat
Satu cangkir durian memenuhi kira-kira setengah dari 130 gram kebutuhan karbohidrat harian. Perhatikan secara cermat konsumsi karbohidrat Anda, karena terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan.

Konsumsi durian memberi kontribusi serat dalam jumlah besar yakni 9,2 gram. Sertakan 25-38 gram serat dalam menu makanan Anda setiap hari untuk membantu menangkal sembelit, diare dan divertikulitis.

Protein
Durian mengandung 3,6 gram protein, atau 6,4- 7,8 persen dari asupan harian yang disarankan yakni 46-56 gram. Sebuah studi dalam "American Journal of Gastroenterology" pada Mei 2010 menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah, sayuran dan sumber lain mungkin lebih bijak agar tak terkena masalah ini.



Vitamin dan mineral
Satu cangkir durian mengandung 48 miligram vitamin C atau 80 persen kebutuhan vitamin C harian, ditambh 61 persen tiamin. Selain itu, durian juga mengandung 38 persen B-6 dan 30 persen kalium yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari. Mengonsumi durian juga membuat Anda mendapatkan sekitar 25 persen asupan riboflavin dan tembaga.

Sumber Antaranews.com dan wikipedia.org


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 23:44
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.