Bagian-bagian Daun Lengkap Dengan Fungsinya


Daun adalah dapurnya tumbuhan jika kita menganalogikan bagian-bagian tumbuhan dengan kehidupan manusia. Dalam daun nutrisi yang diserap oleh akar akan diolah menjadi bahan makanan untuk seluruh bagian tumbuhan.

Ada beberapa jenis tanaman yang akan meluruhkan daunnya pada musim tertentu terutama pada musim kemarau contohnya pohon jati. Peluruhan daun jati berfungsi untuk mengurangi penguapan air pada pohon jati saat kemarau panjang sehingga ketersediaan air untuk hidup pohon tersebut tetap terjaga. Mungkin juga bisa dikatakan pohon jati yang sedang meluruhkan daunnya pada musim kemarau seperti beruang kutub yang melakukan hibernasi pada saat tertentu.

Untuk mengetahui bagian mana sebenarnya pada daun yang sangat berperan dalam proses fotosintesis maka perlu dipelajari terlebih dahulu semua bagian daun dan fungsi dari masing-masing bagian tersebut satu persatu.

Bagian Manakah Pada Daun Yang Berfungsi Sebagai Tempat Untuk Berlangsungnya Fotosintesis?
Sebelum membahas lebih detil mengenai bagian daun yang berfungsi vital dalam proses fotosintesis, ada baiknya dicatat terlebih dahulu apa saja fungsi daun bagi tanaman sendiri.

Beberapa fungsi daun yang perlu kita ketahui adalah :
  • Sebagai tempat terjadinya proses fotosintetis
  • Sebagai tempat menghasilkan bahan makanan
  • Menyerap CO2 dari udara disekitarnya
  • Respirasi
  • Tempat Pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi

Mengapa daun penting bagi tumbuhan? daun merupakan tempat terjadinya proses fotosintetis yang menghasilkan bahan makanan untuk pertumbuhan tumbuhan, dan bukan hanya itu. Tanpa adanya daun, tumbuhan tidak akan mampu menghasilkan bahan makanan sehingga makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan tidak memiliki sumber makanan kemudian mati. Oleh karena itu, tumbuhan merupakan salah satu ciptaan Allah yang perannya sangat vital dalam kehidupan di permukaan bumi. Daun memiliki peran yang sangat vital seperti halnya akar, batang, dan bunga.

Proses fotosintetis terjadi di daun karena daun memiliki jaringan parenkim yang mengandung klorofil. Selain klorofil, di dalam daun terdapat kloroplas ( sel pembentuk klorofil ), epidermis, dan berkas pembuluh angkut ( xilem dan floem ). Secara sepintas, tampak adanya perbedaan antara struktur daun dan batang.


sumber gambar : perrpustakaancyber.blogspot.com

Bagian-bagian daun

a. Epidermis

Epidermis pada daun merupakan sel-sel yang tersusun dari satu lapisan sel, yang dinding selnya mengalami penebalan. Penebalan dinding sel pada daun dapat disebabkan oleh zat kitin ( kutikula ) atau lignin. Pada kebanyakan tumbuhan , lapisan epidermis daunnya hanya terdiri dari satu lapisan sel, kecuali pada daun tumbuhan ficus ( sebangsa beringin ). Pada tumbuhan ficus, epidermis tersusun atas dua lapisan sel epidermis.
Epidermis daun memiliki suatu celah yang berfungsi sebagai tempat pertukaran gas yang disebut dengan stomata atau mulut daun. Stomata terletak pada daun dengan diapit oleh dua sel penutup dan dikelilingi oleh sel tetangga. Stomata terdapat di kedua permukaan daun, tetapi kebanyakan terdapat di permukaan bagian bawah dan adapula yang hanya ada pada permukaan bawah.

Lain halnya dengan tumbuhan air seperti teratai yang memiliki stomata hanya ada pada permukaan atas daun. Di samping stomata, daun juga memiliki alat-alat tambahan yang berasal dari modifikasi epidermis, misalnya trikoma (rambut daun), sel kipas, duri, dan lain-lain.

b. Mesofil

Mesofil merupakan lapisan jaringan pada daun yang tersusun atas sel-sel parenkim. Susunan sel-sel parenkim pada dau keadaannya renggang sehingga banyak menghasilkan ruang antarsel. Pada tumbuhan dikotil mesofil sering kali berdiferesiasi menjadi jaringan lain yaitu jaringan palisade ( jaringan tiang ) dan jaringan spons ( jaringan bunga karang ). Pada rumput-rumputan dan golongan tumbuhan monokotil, mesofil tidak mengalami diferensiasi, tetapi seragam, kecuali mesofil pada sarung berkas pembuluh angkut monokotil. Di samping itu, pada tumbuhan monokotil sel-sel mesofil pada berkas pembuluh angkutnya berukuran lebih besar dan kandungan kloroplasnya sedikit dengan keadaan dinding sel yang lebih tebal.

Pada tumbuhan dikotil, sel-sel jaringan tiang mesofilnya berbentuk silinder, susunannya rapat, dan mengandung klorofil. Umumnya jaringan tiang pada dikotil terletak di bagian permukaan atas daun, tetapi ada pula yang terletak di kedua bagian permukaan daun, disebut dengan isobilateral. Selain itu, jaringan tiang ada pula yang terdapat di seluruh permukaan perifer daun, yaitu pada daun-daun yang memiliki bentuk silinder.

Struktur daun lainnya adalah adanya jaringan bunga karang. Jaringan bunga karang tersusun atas sel-sel yang bentuknya tidak teratur, bercabang-cabang, dan mengandung kloroplas.

c. Berkas pembuluh angkut

Berkas pembuluh angkut di daun terdapat pada pertulangan daun. Tipe berkas pembuluh angkut daun, sama dengan yang terdapat pada tulang batang. Tulang-tulang yang terdapat pada daun selain berfungsi untuk alat transportasi juga memberi bentuk pada daun dan memperkuat daun.

d. Jaringan tambahan

Pada beberapa tumbuhan mesofilnya mengandung sel-sel yang khas, seperti saluran getah, sel-sel kristal, dan kelenjar. Setiap sel-sel yang khas itu memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Morfologi daun

Di samping anatominya, yang perlu kita ketahui dalam mempelajari daun adalah bentuk luar daun atau morfologi daun. Secara morfologi, kelengkapan daun terdiri dari bagian-bagian yang berupa upih daun, tangkai daun, pelepah daun, dan bagian helaian daun.

Sifat atau ciri-ciri daun yang perlu kita perhatikan adalah bentuk keseluruhan daun, bentuk ujung daun, pangkal daun, dan tepi daun, serta bentuk pertulangannya.

Contoh identifikasi tumbuhan menggunakan susunan tulang daun.
Tulang daun terdiri dari 4 bagian.




Macam-macam susunan tulang daun tersebut adalah sebagai berikut:
Tulang Daun Menyirip Tulang daun menyirip berbentuk seperti susunan sirip ikan. Contohnya adalah daun mangga, daun jambu, daun nangka, dan daun rambutan.

Gambar Tulang Daun Menyirip

Tulang Daun Menjari Bentuk tulang daun menjari seperti susunan jari-jari tangan. Contohnya adalah daun pepaya, daun singkong, kapas dan daun jarak.

Gambar Tulang Daun Menjari
Tulang Daun Melengkung Bentuk tulang daun melengkung seperti garis-garis lengkung.tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita. Ujung-ujung tulang daun melengkung terlihat menyatu. Contohnya adalah daun sirih, daun gadung, dan daun genjer.

Gambar Tulang Daun Melengkung
Tulang Daun Sejajar Bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun ini menyatu. Contohnya adalah tebu, padi, dan semua jenis rumput.


Gambar Tulang Daun Sejajar


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:08
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.