Loading...

16 Partai Mendaftar Pemilu 2019, 14 Lolos, 2 Partai Tidak Lolos, Akankah Menggugat?

Loading...
loading...

Inilah 2 Partai Yang Tidak Lolos Verifikasi Nasional Pemilu 2019, PBB dan PKPI, Siapa Akan Menggugat?

Tahapan-tahapan untuk verifikasi partai peserta pemilu 2019 sudah mendekati akhir seiring dengan semakin mepetnya jadwal pelaksanaan pemilu legislatif dan pemilihan presiden periode tahun 2019 - 2024.

Awal pendaftaran partai peserta pemilu 2019 pada KPU tercatat 16 partai namun setelah melalui berbagai tahapan dan akhirnya verifikasi faktual ternyata ada 2 partai yang dinyatakan tidak lolos verifikasi dan tentunya jika hal ini tidak ada gugatan dan partai tersebut juga menerima maka dipastikan kedua partai tersebut tidak akan bisa mengikuti perhelatan 5 tahunan pada 2019 mendatang. Kedua partai yang tidak lolos pemilu tersebut adalah PBB dan PKPI.

Sedangkan untuk yang lolos verifikasi dan berhak ikut dalam pemilu 2019, KPU menetapkan 14 Partai politik sebagai peserta pemilu 2019. Partai yang lolos yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Berkarya, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasional Demokrat, Partai Persatuan Indonesia, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Aspek yang dinilai dalam administrasi dan verifikasi faktual mencakup keberadaan pengurus inti parpol di tingkat pusat, keterwakilan perempuan minimal 30 persen, dan domisili kantor tetap di tingkat DPP.

Kemudian, di tingkat Provinsi, ada tambahan syarat yakni memenuhi keanggotaan di 75 persen Kabupaten/Kota di 34 provinsi. Syarat terakhir yakni status sebaran pengurus sekurang-kurangnya 50 persen kecamatan pada 75 persen Kabupaten/Kota di 34 provinsi.

Dari 16 partai yang mendaftar, dua di antaranya tidak lolos verifikasi faktual. Dua partai tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Dari informasi yang beredar di berbagai media online, partai bulan bintang (PBB) akan menggugat Bawaslu terhadap keputusan KPU yang tidak meloloskan PBB pada verifikasi faktual sehingga terancam tidak bisa mengikuti pemilu 2019.

Bagaimana dengan sikap Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ( PKPI) yang merupakan satu dari dua partai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat verifikasi faktual secara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)?

Ketua Umum PKPI Jenderal TNI (purn) Abdullah Mahmud Hendropriyono memastikan pihaknya akan mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu. Ia optimistis partainya akan memenangkan sengketa dan bisa lolos jadi peserta pemilu.

"Pimpinan PKPI tetap optimistis dapat menjadi peserta Pemilu 2019," kata Hendropriyono melalui keterangan tertulis, Sabtu (17/2/2018). Hendropriyono mengatakan, dirinya sudah tahu bahwa PKPI tidak memenuhi syarat sebelum ada kerja keras KPU tidak dibarengi oleh kerja profesional aparatur KPUD di beberapa daerah sehingga merugikan PKPI. (Sumber Kompas.com)

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:40
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.