Loading...

Sebenarnya Apa Manfaat Senyum? Haruskah Kita Selalu Senyum?

Loading...
Senyum ternyata menyehatkan, benarkah?. Hal ini sudah banyak yang tahu. Senyum juga adalah sedekah, tentu sudah banyak yang tahu juga. Nah banyak yang tidak menyadari bahwa tersenyum bisa mengobati kesedihan. Kalau anda tidak percaya cobalah saat anda merasakan sedih yang berkepanjangan berdirilah didepan cermin, tatap diri anda sendiri dan cobalah senyum termanis anda, tersenyumlah untuk diri anda sendiri yang terpantul lewat cermin. Apa yang anda rasakan? Tidak perlu dijawab. Langkah berikutnya tatap anda dicermin dengan pandangan sedih dan memelas seakan akan semua sudah kiamat tidak ada harapan lagi buat anda. Tatap anda sesedih sedihnya yang anda bisa. Apa yang anda rasakan? Tidak juga perlu dijawab.

Tersenyumlah! Karena Senyum Itu Menyehatkan Tubuh dan Menyegarkan Pikiran Kita
Jika anda lakukan hal diatas dengan serius yakinlah akan ada perubahan dalam perasaan anda. Sedih adalah masalah pikiran yang jika kita sabar maka akan hilang seiring waktu. Senyum adalah perbuatan yang dikendalikan pikiran. Normalnya orang sedih jarang tersenyum, padahal senyum bisa melunakkan hati yang ujungnya akan menyegarkan pikiran. Pernahkah anda tersenggol orang dengan keras dan saat anda mau marah orang itu tersenyum sehingga seketika marah anda lenyap entah kemana?

Alhasil senyum yang tadinya dikendalikan pikiran berbalik bisa menguasai pikiran seseorang untuk menjadi lebih sabar dalam bertindak. Jadi tetaplah tersenyum bagaimanapun kondisi anda dan rasakan manfaat senyum mengalir dipembuluh darah anda. Jangan lama lama bersedih tidak ada gunanya. Sedih dan senang akan selalu datang bergiliran karena itu sudah menjadi sunatullah. Kita tidak akan bisa menghindari apa yang sudah digariskan tetapi kita tetap punya pilihan untuk menghadapinya dengan tersenyum.

Bukti Bahwa Senyum Menyehatkan:
Dikutip dari situs hellosehat.com, ternyata ada pesta yang sedang terjadi di dalam otak Anda, apabila Anda sedang tersenyum – tak peduli senyum yang menular atau tidak. Ya, otak akan secara alami mengaktifkan pusat saraf yang mengatur emosi manusia dan rasa kebahagiaan.

Senyum akan mengaktifkan pelepasan neuropeptida – yaitu molekul kecil yang menjadi perantara antar-sel saraf agar bisa berkomunikasi – untuk menghilangkan stres. Tidak hanya stres, neuropeptida juga menjadi jembatan emosi dan perasaan yang Anda rasakan. Lewat semua neuropeptida tersebut, semua organ tubuh akan tahu jika terjadi perubahan suasana hati, entah itu sedih, marah, atau bersemangat.

Kemudian, seiring dengan Anda tersenyum hormon dopamin, serotonin, serta endorfin – yang disebut sebagai hormon bahagia – juga dilepaskan. Pelepasan ini mengakibatkan denyut jantung menurun, tubuh menjadi rileks, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, endorfin juga dikenal sebagai pereda nyeri alam yang tubuh miliki dan tidak ada efek samping apapun jika kadarnya meningkat.

Tidak hanya sampai di situ saja, serototnin diketahui sebagai obat anti depresan yang ampuh mengobati rasa stres dan depresi Anda. Dan tetap, zat tersebut merupakan zat alami yang tubuh Anda hasilkan sendiri.

Nah jika anda tergolong orang atau pribadi yang mudah stress, mungkin karena anda termasuk golongan orang yang jarang tersenyum atau malah tidak pernah tersenyum sama sekali. Rubah kebiasaan tersebut dan mulailah belajar untuk sering tersenyum. Ingat, senyum itu sedekah dan ternyata juga terbukti menyehatkan.
"Lalu nikmat Tuhan yang manakah lagi yang kamu dustakan?"
Orang yang berakal tentu akan merasa tersindir dengan telak jika membaca sebaris kalimat di atas. Tidaklah mungkin kita mampu menghitung berapa banyak nikmat yang dilimpahkan Nya kepada kita. Bisakah anda hitung berapa udara atau oksigen yang kita hirup setiap hari? Andaikan kita harus bayar berapa rupiah kita harus mengalokasikan uang untuk belanja oksigen setiap hari bahkan setiap menit. Ingat saat kita sakit atau sedang jalan jalan kerumah sakit kita lihat mereka yang harus bernafas dibantu tabung oksigen dan harus bayar. Sangat tidak nyaman bukan?

Ilustrasi di atas jika dihubungkan dengan masalah senyum ternyata ada korelasinya. Pernahkah kita bayar untuk sekedar tersenyum? Pernah! Saat kita sedang foto didepan kamera fotografer profesional he he he. Selain itu semua senyum adalah gratis. Jadi tetaplah tersenyum.

Sumber: hellosehat.com dan lainnya

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:41
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.