Mengapa Kita Harus Membatasi Konsumsi Gorengan?

Gorengan Makanan Yang Sangat Populer Tetapi Menyimpan Bahaya Bagi Kesehatan Jika Berlebihan, Apa Sebab?
Satu sendok teh minyak yang biasa dgunakan untuk menggoreng mengandung kurang lebih 50 kalori. Meskipun terlihat sedikit, hanya 50 kalori, tetapi nyaris tidak mungkin kita hanya mengonsumsi satu sendok teh minyak per harinya. Dan tidak hanya dari minyak goreng saja, sumber lemak lain seperti margarin, mentega, dan krim bisa jadi termasuk dalam jenis makanan yang kita makan sehari-hari.
Salah satu jenis makanan favorit yang dengan mudah bisa kita temukan hampir disembarang lokasi adalah gorengan. Ada tempe goreng, tahu isi goreng, cireng, pisang goreng dll. Berbagai macam gorengan tersebut memang sangat asyik dimakan saat santai atau saat ngobrol bareng teman atau sebagai camilan saat menonton tv. Tetapi tahukah anda jika ternyata goreng-gorengan diketahui bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Belakangan, kandungan lemak trans di dalam makanan murah meriah ini juga dikaitkan dengan risiko gangguan fungsi memori di otak.
Bahaya dari makan gorengan untuk kesehatan ada pada pembuluh darah. Minyak yang sehat seperti minyak kedelai dan zaitun sekali pun, ketika dipanaskan tinggi berubah menjadi lemak trans."Ketika terjadi kolesterol berlebih di dalam darah, kolesterol itu menempel di pembuluh yang luka".
Sebuah penelitian dilakukan pada 1.000 orang dewasa sehat, 700 di antaranya adalah pria berusia 20 tahun ke atas. Hasilnya menunjukkan, konsumsi lemak trans memicu penurunan fungsi memori khususnya pada pria usia produktif.
"Lemak trans paling kelihatan memperburuk memori pada pria muda paruh baya, pada usia kerja dan masa-masa pembentukan karir," kata sang peneliti, Beatrice A Golomb dari University of California di San Diego, seperti dikutip dari Foxnews.

Dalam penelitian ini, Golomb mendefinisikan usia produktif sebagai usia 45 tahun ke bawah.

Fungsi memori para partisipan diamati dengan menggunakan tes mengingat kartu. Ada lebih dari 100 kartu, masing-masing berisi 1 kata. Tiap kelebihan 1 gram lemak trans yang dikonsumsi setiap hari, terjadi penurunan jumlah kata yang bisa diingat sebanyak rata-rata 0,76 kata.

Para ilmuwan menduga, efek lemak trans bisa meningkatkan stres oksidatif dan mempengaruhi cadangan energi dalam sel. Stres oksidatif juga berhubungan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, makanan-makanan kaya antioksidan seperti cokelat bisa membuat fungsi otak lebih terjaga.
Macam-macam gorengan (tempe, pisang, bakwan dll)

Minyak Goreng Yang Digunakan Hingga Berkali-kali

Salah satu alasan mengapa mengonsumsi gorengan berbahaya bagi kesehatan Anda adalah dari minyak yang digunakan berkali-kali. Masing-masing jenis minyak memiliki suhu maksimum, di mana pada suhu maksimal tersebut, minyak akan mulai mengeluarkan asap ketika dipanaskan. Suhu ini disebut juga smoke point. Saat mencapai smoke point, akan dihasilkan zat berbahaya yang bersifat racun bagi tubuh, serta radikal-radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh Anda.

Semakin sering minyak digunakan, akan semakin rendah angka smoke point-nya sehingga semakin mudah menghasilkan senyawa-senyawa yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu, jika tidak disimpan dengan benar, minyak lama kelamaan akan bersifat anaerobik dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri seperti bakteri penyebab keracunan makanan, clostridium botulinum.

Salah satu alasan mengapa gorengan yang Anda beli terasa gurih mungkin karena tepung berbumbu yang digunakan sebagai pelapis. Tetapi tahukah Anda, tepung tersebut merupakan salah satu sumber lemak terbanyak dalam gorengan? Sifat menyerap minyak yang dimiliki tepung menjadikan bagian tepung di gorengan mampu menyimpan banyak minyak setelah mengalami proses penggorengan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengungkapkan bahwa semakin lama makanan digoreng maka akan semakin banyak minyak yang terserap, karena ketika makanan terkena suhu panas dari minyak, air yang terkandung dalam makanan akan menguap dan pori-porinya membesar, memberi ruang untuk minyak masuk.

Dari berbagai sumber


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 20:01
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.