loading...

Cara Merobohkan Sapi Untuk Dipotong Dengan Mudah

Posted by

Loading...
Dengan hanya menggunakan seutas tali panjang yang kuat, anda bisa merobohkan sapi yang berbobot besar sekalipun dengan mudah tanpa sapi tersebut berontak dan kesakitan. Bagaimana caranya? Silahkan simak cara merubuhkan sapi kurban maupun sapi yang akan dipotong di jagalan dengan mudah tanpa mengeluarkan tenaga yang besar dan tentunya tanpa perlu menyakiti sapinya.

Cara merobohkan sapi menggunakan tali panjang ini hanya cocok untuk sapi lokal jenis limousin, simmental, PO dan sapi FH yang memang sudah terbiasa dengan tongar atau tali keluh dan bersifat jinak. Untuk sapi impor jenis brahman cross asal Australia, pemotongan menggunakan teknik stunning atau pemingsanan. Setelah sapi impor digiring masuk ke restraining box maka petugas stunning akan menembakkan alat stunningnya pada kepala sapi yang akan pingsan, setelah pingsan pintu samping box dibuka maka sapi akan terjatuh dan petugas jagal tinggal memotongnya. Lama antara sapi pingsan setelah distunning dan dipotong jangan lebih dari 20 menit karena jika lebih maka sapi akan bangun lagi dan akan berlari kemana-mana karena sudah tidak berada dalam stunning box dan ini bisa berbahaya bagi para pekerja lainnya. Jadi untuk pemotongan sapi impor minimal diperlukan 3 pekerja yaitu stunner atau petugas pemingsan, petugas pembuka pintu samping box dan petugas pemotong atau jagal sapinya.

LANGKAH-LANGKAH MUDAH CARA MEROBOHKAN (MERUBUHKAN / MENJATUHKAN) SAPI LOKAL SECARA MUDAH

Siapkan dulu sapi dan tali yang panjang
Siapkan juga patok/tonggak atau jika ada pohon yang besar akan lebih baik dan aman
Berapa panjang tali? Tali dengan panjang minimal 10 m atau lebih
Siapkan juga tali sekitar 4 m untuk mengikat kaki sapi  setelah dirubuhkan


Bagaimana cara mengikat sapi agar bisa dirobohkan dengan mudah? Simak gambar-gambar cara melilitkan tali panjang dibadan sapi, minimal ada 2 macam cara.

Ikat sapi pada kepala seperti gb1 di bawah ini




hati-hati dalam melakukan perbuatan ini hanya berlaku untuk sapi yang jinak namun jika sapi masih liar tidak bisa dipergunakan cara pertama ini.

kedua cara teory barley
cara barley hampir sama seperti tali simpuil namun teori barley lebih banyak tenaga karena menarik sapi dilakukan oleh 2 orang seperti gb dibawah



Kedua cara tersebut sepertinya juga sudah dianjurkan oleh MUI.

Sebenarnya kedua cara menjatuhkan atau merobohkan sapi saat akan dijagal atau untuk sapi kurban tanpa menyakiti sapi ini sudah pernah saya bahas pada artikel yang lain sebelum ini tetapi dengan ulasan yang sekarang semoga bisa lebih jelas bagi pembaca semua dan semoga bermanfaat.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 06:21

0 komentar:

Post a Comment

Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.