Loading...

Anak Ayam Kampung Super, Berapa Harganya?

Loading...
Ayam JOPER (JOWO SUPER), Jenis Ayam Kampung Super
Harga DOC Ayam Kampung Super di Pasaran Berbagai Daerah
Ayam JOPER adalah ayam jawa super yang merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung lokal dengan indukan ayam ras yang memiliki sifat pertumbuhan yang cepat, sehingga anakannya pun memiliki pertumbuhan yang cepat juga, tetapi secara fisik seperti warna bulu, bentuk tubuh dan daging tetap menunjukkan jenis ayam kampung.
Bisnis pemeliharaan ayam kampung super atau kadang lebih dikenal dengan ayam JOPER (Jowo Super) memang sedang trend. Peluang pemasarannya yang masih terbuka lebar menjadikan bisnis ini mulai banyak dilirik oleh para calon peternak ayam kampung.

Disamping permodalannya tidak begitu besar jika dibandingkan dengan beternak sapi misalnya, saat ini juga sudah mulai banyak pedagang yang menyediakan DOC ayam super tersebut. Memang untuk mengembangkan budidaya ayam kampung ini perlu ketersediaan DOC yang berkesinambungan dan mudah didapatkan.

Berapa harga DOC ayam kampung super saat ini?

Berdasarkan penelusuran berbagai informasi di media online, harga DOC ayam kampung bisa berbeda-beda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Disamping dipengaruhi oleh lokasi, harga DOC ayam kampung disamping berbeda tiap wilayah juga dipengaruhi jumlah pemesanan. Semakin besar jumlah pemesanan maka harga yang ditawarkan per ekor semakin murah. Untuk wilayah yang berada di pulau Jawa harga DOC ayam kampung super berkisar Rp5,300,00- Rp6,000,00 per ekornya. Sedangkan untuk wilayah pulau Sumatera berkisar Rp8,000,00-Rp8,600,00. Untuk pulau Kalimantan Rp8,100,00-Rp8,700,00 dan harga tersebut juga berlaku untuk pulau Batam.
Potensi Harga Ayam Kampung Saat Panen Pada Musim Tertentu (Hari Raya):
Harga daing sapi dan daging ayam di Kota Ambon, Maluku, sama mahalnya. Bahkan harga ayam kampung jenis pejantan yang ditawarkan para pedagang di pasar tradisional Kota Ambon menjelang perayaan hari raya Idul Adha, dijual lebih tinggi mencapai Rp 140 ribu perekor (republika.co.id).
Dengan pola pemeliharaan yang tidak terlalu rumit, dimana lahan yang tidak terlalu luas pun dapat dijadikan tempat kandang ayam, baik model alas kandang langsung tanah ataupun kandang berbentuk panggung. Meskipun demikian, kendala yang dihadapi para peternak ayam kampung adalah lambatnya pertumbuhan ayam kampung yang bisa membutuhkan 4-6 bulan untuk menghasilkan bobot badan 1 kg.

Hal ini berbeda dengan ayam broiler yang bisa panen dalam waktu 35-40 hari saja. Namun saat ini persoalan tersebut sudah bisa diatasi dengan kehadiran jenis ayam kampung super atau ayam jawa super yang merupakan hasil persilangan antara pejantan ayam kampung lokal dengan indukan ayam ras yang memiliki sifat pertumbuhan yang cepat, sehingga anakannya pun memiliki pertumbuhan yang cepat juga, tetapi secara fisik seperti warna bulu, bentuk tubuh dan daging tetap menunjukkan jenis ayam kampung. Ternak ayam kampung super dikatakan lebih menjanjikan karena dalam masa pemeliharaan 45 sampai 60 hari, ayam kampung super sudah bisa dipanen dengan berat rata-rata 0,8 – 1 kg per ekornya. Sehingga dalam 1 tahun para peternak ayam kampung super dapat memelihara 4-5 periode.

Loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:29
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.