Loading...

Nilai Bitcoin, Cara Kerja dan Memulai Bisnis Dengan Mata Uang Virtual

Loading...
Inilah Mata Uang Virtual Yang Sedang Trend (Naik Daun) Saat Ini, BITCOIN, Berapa Nilainya dan Bagaimana Cara Memulai Bisnis Bitcoin, Siap Dengan Resikonya?
Nilai dari Bitcoin untuk hari ini adalah Rp218.723.912,3105. Persedian yang beredar terkini adalah 16,8 Juta koin dan total volume yang telah mengalami pertukaran Rp88.668.188.304.095.
Saat ini mata uang bitcoin memang sedang jadi sorotan didunia bisnis online. Mata uang virtual yang satu ini memang nilainya melejit secara drastis tanpa ada yang bisa menduganya. Bayangkan saja jika saat ini 1 bitcoin bisa bernilai 200 juta lebih. Dengan naiknya nilai bitcoin ini banyak orang yang memiliki bitcoin menjadi kaya mendadak hingga bisa memiliki uang trilyunan andaikata bitcoin yang dimiliki dijualnya.
Ilustrasi Bitcoin (foto by liputan6.com)

Sistem kerja Bitcoin berdasarkan software matematika. Dalam Bitcoin dikenal sebutan miner (penambang), user, dan calculation software. Seperti halnya penambang emas, penambang Bitcoin merupakan perusahaan atau perorangan yang mempunyai calculation software tersendiri yang terhubung dengan sistem server Bitcoin. Nantinya software itu akan mengeluarkan algoritma matematika.
Nilai Tukar Bitcoin yang sangat rentan. Setelah mampu mencetak rekor tertinggi hampir ke level US$ 20 ribu beberapa hari lalu, nilai mata uang digital terbesar dunia bitcoin harus anjlok pada hari ini. Dilaporkan Business Insider, Jumat (22/12/2017), nilai bitcoin sempat merosot tajam ke angka US$ 13.300 sebelum naik kembali ke level US$ 15.000. Jika dihitung, penurunan nilai bitcoin ini mencapai US$ 6.700 atau setara Rp 90 juta. Di level terendah, bitcoin telah kehilangan sepertiga dari nilainya.
BI alias Bank Indonesia hingga saat ini tidak mau menggunakan mata uang bitcoin dan tidak mengakuinya sebagai mata uang yang sah yang berlaku di Indonesia karena resikonya yang tinggi dan nilainya yang tidak memiliki kepastian. Jadi perlu diingat bahwa pemerintah Indonesia tidak mengijinkan pembayaran menggunakan bitcoin.
"Sama dengan komoditas pada umumnya, setelah harga naik sangat tinggi akan ada risiko para trader melakukan aksi profit taking (ambil untung). Jadi ada potensi penyesuian harga kembali,"
Perkembangan uang digital begitu cepat dan agresif. Fundstrat Global melacak terdapat sekitar 630 uang digital di pasar. Jumlah itu belum termasuk produk investasi berbasis uang digital.

Itu pula yang membuat Dana Moneter Internasional ( IMF) menaruh perhatian besar pada uang digital. Sebab, perkembangan teknologi keuangan ini mulai mengguncang layanan keuangan dan sistem pembayaran global.

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengingatkan akan bahaya uang digital terhadap sistem pembayaran global. Itu sebabnya, dia mengingatkan agar bank sentral dunia memberi perhatian serius pada uang digital tersebut. "Saya berpikir bahwa kita akan mengalami gangguan besar," kata Lagarde kepada CNBC.

Bahkan berdasarkan informasi yang beredar, Bank Indonesia (BI) akan melarang transaksi pembayaran menggunakan bitcoin pada 2018. Larangan bitcoin ini akan diatur dalam peraturan Bank Indonesia (PBI) yang rencananya akan dikeluarkan dalam waktu dekat.

Kepala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko mengatakan, dalam PBI uang elektronik yang akan keluar dalam waktu dekat, akan diatur salah satunya mengenai bitcoin.

"Saat ini belum ada aturan yang jelas jika masyarakat melakukan transaksi bitcoin," kata Onny di Jakarta, Selasa (5/12/2017) dikutip Kontan.

Bitcoin belum diatur secara spesifik oleh BI. Untuk itu, saat ini, BI masih melakukan pengkajian secara mendalam terkait bitcoin, apakah akan diatur dalam PBI uang elektronik ataukah terpisah misalnya nanti masuk dalam PBI cryptocurrency.

Yang jelas, BI mengimbau agar merchant tidak menerima bitcoin sebagai alat pembayaran resmi di Indonesia. Jika masyarakat mengalami kerugian terkait bitcoin, regulator BI tidak akan bertanggung jawab terkait hal ini.

Apa Itu Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Pengertian Bitcoin. Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency yang pada dasarnya adalah sebuah mata uang digital. Mata uang ini bentuk dan penyimpanannya adalah digital. Penemu Bitcoin untuk pertama kali adalah seorang/grup (belum diketahui pasti-red) programmer yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto. Bitcoin dapat digunakan untuk melakukan pembelian berbagai jasa seperti game sampai dengan hosting website. Untuk sekarang, jumlah layanan yang menerima Bitcoin masih cukup terbatas. Lalu mengapa orang menggilai Bitcoin? Karena sebagian besar mereka gunakan untuk investasi dan menjadi kaya.  Dari waktu ke waktu harga Bitcoin terus naik dan mencapai puncaknya pada akhir tahun 2017 ini. Seandainya kamu membeli sepuluh Bitcoin dengan harga $6 (sekitar Rp80 ribu) per koin di Januari 2012 dan kamu simpan sampai sekarang maka sepuluh koin kamu berharga Rp2.5 Miliar (kurs Desember 2017)
Chief Executive Officer Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan sistem peredaran mata uang online Bitcoin bekerja tanpa server. "Dalam peredaran Bitcoin, tidak ada server yang mengatur," kata Oscar.
Oscar menjelaskan bahwa pada dasarnya Bitcoin merupakan e-money seperti halnya perfect money dan paypal. Namun kedua mata uang tersebut beredar dengan server yang mengaturnya. Sedangkan dalam peredaran Bitcoin, seluruh komputer pengguna merupakan server Bitcoin.

Komputer pengguna Bitcoin yang telah di-instal perangkat lunak Satoshi Nakamoto (nama hacker pencetus Bitcoin) diatur ke dalam jaringan Internet dan saling berbagi database. Dengan demikian setiap komputer pengguna Bitcoin terlibat sebagai bagian dari server.

Sistem kerja Bitcoin berdasarkan software matematika. Dalam Bitcoin dikenal sebutan miner (penambang), user, dan calculation software. Seperti halnya penambang emas, penambang Bitcoin merupakan perusahaan atau perorangan yang mempunyai calculation software tersendiri yang terhubung dengan sistem server Bitcoin. Nantinya software itu akan mengeluarkan algoritma matematika.
Di Indonesia sendiri, bitcoin masih belum dianggap komoditas resmi. Namun minat orang Indonesia untuk terjun berinvestasi bitcoin sangat besar.  "Saat ini, ada 500.000 anggota terdaftar di sistem bitcoin.co.id," ujar Oscar.  Menurut Oscar, di Indonesia masih jauh untuk membuat produk investasi berbasis bitcoin karena memang belum ada aturannya. "Biasanya investasi berbasis bitcoin tersebut berupa indeks bitcoin maupun berbentuk reksadana berdasarkan pergerakan harga bitcoin atau fund manager," ujar dia.  Nah, jika ada yang menawarkan produk berbasis bitcoin dan menjanjikan imbal hasil besar harus berhati-hati. Pasalnya, tidak ada yang tahu naik turunnya harga bitcoin. "Soal harga saya juga ingin tahu ke depannya naik atau turun. Itu pertanyaan yang tidak bisa dijawab siapapun," ujar dia.
Software yang dimiliki oleh miner itu akan menebak angka dari algoritma matematika. Sistem yang tebakannya benar akan mendapat 50 BTC. "Ini bisa dibilang untung-untungan," kata Oscar.

Sedangkan user (pengguna) merupakan para exchanger, seperti Bitcoin Indonesia atau perorangan, yang berinvestasi dengan Bitcoin. Misal, seseorang berinvestasi dengan Bitcoin sebanyak Rp 1 juta. Maka program akan otomatis menghitung transaksi yang keluar, yakni 0,107 BTC. Angka tersebut muncul karena saat ini transaksi Bitcoin lebih banyak pada besaran 0,001, dan 1 BTC sudah dianggap terlalu besar. Sedangkan syarat mata uang bisa digunakan untuk pembelian dengan nilai terkecil sekalipun.

Oscar mengatakan satuan terkecil Bitcoin yakni Satoshi. Bitcoin bisa dibuat ke dalam pecahan sebanyak delapan nol (100000000). Pada nol di titik ketiga disebut milibit, nol kedua disebut centibit, nol keenam disebut mikrobit, dan nol kedelapan disebut satoshi. Dengan sistem seperti ini, peredaran Bitcoin sejak diluncurkan pada 2009 sampai hari ini mencapai 121,1 juta BTC.

Peredaran Bitcoin di Indonesia masih sangat kecil jika dibanding negara lainnya, yakni kurang dari 1 persen dari total seluruh pengguna Bitcoin di dunia. "Sedangkan di Amerika Serikat pengguna Bitcoin mencapai 35 persen, dan Cina 52 persen," ujar Oscar.
Langkah bisnis Bitcoin: Membuat Bitcoin Wallet. Silakan daftar di https://blockchain.info/wallet/new pastikan anda memasukkan email anda. Mencoba memiliki bitcoin pertama anda. Membuat account dagang Bitcoin melalui link : https://vip.bitcoin.co.id/register. Membeli bitcoin melalui https://vip.bitcoin.co.id.
Seluruh sistem yang ada di Bitcoin dapat digunakan gratis. Sistem peredarannya, kata Oscar, tidak akan bisa dimodifikasi oleh pengguna "nakal". Sebab calculation software Bitcoin sudah dilepas ke pasaran. Dengan demikian tidak memungkinkan software dimodifikasi karena database telah dibagi rata. Pada saat ada komputer yang berusaha mencurangi software, secara otomatis software akan menganggap komputer itu bukan bagian dari Bitcoin karena memiliki software berbeda.

Kemudian wallet milik pengguna yang curang juga akan terdeteksi sebagai bukan bagian dari Bitcoin. Software tersebut tidak akan bisa memecahkan algoritma matematika karena transaksi bersifat satu arah. Sampai saat ini belum ada hacker yang bisa mencurangi sistem Bitcoin.
Catatan Penting:
Menurut BI berdasarkan informasi yang beredar di internet, pemakaian bitcoin maupun perdagangan mata uang virtual yang bernama bitcoin ini masih sangat beresiko sehingga sampai tulisan ini diterbitkan, pemerintah Indonesia melalui BI masih tidak mengijinkan secara resmi bitcoin mnjadi alat pembayaran yang sah di RI. Bagaimana dengan perkembangan penggunaan bitcoin di Indonesia? Silahkan update beritanya dari berbagai situs yang kompeten menyoroti tentang uang virtual yang harganya sedang melangit ini.
Bagaimana Memulai Bisnis Dengan Bitcoin?

Langkah awal untuk memulai langkah pertama anda dalam memasuki dunia Bitcoin:
1. Membuat Bitcoin Wallet
Silakan daftar di https://blockchain.info/wallet/new  pastikan anda memasukkan email anda. Catat identifier dan password anda (serta mnemonic). Pastikan jangan sampai anda melupakannya karena Blockchain.info tidak menyimpan password anda.
Login ke dalam bitcoin wallet anda di https://blockchain.info/wallet/login
Anda akan melihat bitcoin address. Itu adalah alamat bitcoin anda (33karakter)
contoh: 1Ee7fgC51htj3nzkkB8XPyZN74FoAc3NDn
1
2. Mencoba memiliki bitcoin pertama anda
Apabila anda seorang yang baru mengenal Bitcoin, kami sarankan anda mencoba bertransaksi pertama kali melalui https://x.bitcoin.co.id
Silakan isi form beli bitcoin dan isi alamat bitcoin dengan wallet bitcoin address. Sistem akan otomatis menghitung berapa bitcoin yang akan anda dapatkan. Dalam 1 jam biasanya transaksi akan berjalan dan anda akan mendapatkan bitcoin pertama anda. Anda bisa mencoba bertransaksi dalam jumlah yang sangat kecil misalnya Rp 100.000 saja.
Silakan login ke dalam bitcoin wallet anda (http://blockchain.info) untuk melihat bitcoin anda setelah anda mendapatkan pemberitahuan bahwa pembelian Bitcoin anda telah diproses.
Anda bisa juga menjual bitcoin anda kembali melalui https://x.bitcoin.co.id  untuk melihat proses bagaimana bitcoin anda terjual menjadi rupiah kembali.
Proses beli dan jual bitcoin tersebut adalah cara paling sederhana bergabung dalam bisnis Bitcoin. Beli di harga murah dan jual di harga mahal seperti transaksi emas. Dapatkan keuntungan dari situ. Terkadang dalam 1 – 2 minggu saja terjadi kenaikan lebih dari 100%
2

3. Membuat account dagang Bitcoin melalui link : https://vip.bitcoin.co.id/register 
Pastikan anda membuka email anda setelah mendaftar dan klik link verifikasi pada email tersebut karena apabila account anda tidak diverifikasi dalam 24 jam maka akan secara otomatis terhapus dari database Bitcoin.co.id.
Account dagang ini akan membantu anda untuk membeli dan menjual bitcoin di harga yang lebih baik daripada https://x.bitcoin.co.id . Biaya yang dikenakan juga sangat murah yaitu 0.3%
4. Membeli bitcoin melalui https://vip.bitcoin.co.id
Kami sarankan berikutnya anda mencoba untuk bertransaksi melalui https://vip.bitcoin.co.id . Pada sistem Vip.Bitcoin.co.id ini berbeda dengan di X.Bitcoin.co.id karena anda sendiri yang menentukan harga Bitcoin yang ingin anda beli / jual.


Sumber tempo.co, liputan6.com, tribunnews.com dan sumber lainnya, bitcoin.co.id

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 05:23
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.