loading...

Harga Sapi Lokal Jenis Limousin dan Simmental Akhir Tahun 2017

loading...
Berapa Harga Sapi Lokal Hari Ini? Prediksi Harga Awal tahun 2018

Harga sapi lokal jenis metal dan limousin jelang akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018 masih stabil bahkan sesekali cenderung turun. Meski telah memasuki bulan ramai seperti bulan Maulud dimana banyak orang hajatan yang membutuhkan daging sapi tetapi ternyata dipasaran sapi tetap sepi dan bahkan jarang ada pembeli dipasar hewan yang membeli sapi dari luar daerah.

Pasar hewan di area Jawa Timur dan Jawa Tengah lebih banyak dikunjungi para pedagang sapi lokalan dari daerah setempat. Sepinya pedagang luar  kota menjadikan harga sapi lokal menjadi tidak bergejolak meski kadang cenderung turun tetapi ada kalanya dipasar tertentu ada sedikit kenaikkan. Secara umum harga di pasar hewan sangat stabil hanya terpengaruh sesekali saat sapi sedikit tiba-tiba pembeli banyak yang datang ke pasar hewan.

Harga sapi lokal saat ini diprediksi akan tetap stabil bahkan mungkin bisa turun jika kebijakan pemerintah terkait impor daging kerbau asal India tetap berlanjut. Banyaknya daging kerbau India yang membanjiri pasar becek menjadikan perdagangan sapi lokal dan daging segar merosot tajam. Bahkan ada RPH yang sampai berhenti melakukan aktivitas pemotongan karena jagalnya terkena imbas daging kerbau impor tersebut.

Berikut harga sapi limousin dan simmental jelang akhir tahun 2017 dan awal tahun 2018

Harga sapi lokal bakalan berkisar antara Rp 44.000 - Rp 45.000 per kg. Harga per ekor untuk bakalan berkisar antara Rp 16.000.000 - Rp 19.000.000 untuk jenis sapi limousin dan simmental

Harga pedet jantan untuk sapi metal berkisar antara Rp 50.000 - 60.000 per kg dengan harga per ekor antara Rp 8.000..000 sampai Rp 11.000.000 tergantung dari kualitas pedetnya.

Harga sapi metal dan limousin siap potong masih stabil dan berkisar antara Rp 42.000 - Rp 44.000 per kg tergantung kualitas sapinya. Harga per ekor untuk sapi lokal siap potong berkisar antara Rp 18.000.000 - Rp 30.000.000 per ekor tergantung dari besar kecilnya sapi, bobot sapi dan kualitas sapinya.

Untuk saat ini, sapi-sapi dengan ukuran besar diatas 600 kg kurang begitu laku karena kondisi pasar daging yang sepi akibat dominasi daging segar mulai digeser dengan dengan kerbau impor yang harganya jauh lebih murah, Jika kondisi seperti ini terus dibiarkan maka lambat laun gairah untuk memelihara ternak lokal dikalangan petani dan peternak bisa semakin merosot dan impian untuk swasembada daging hanya akan tinggal angan-angan tanpa pernah terlaksana.

Untuk sapi-sapi super jumbo biasanya harga akan jauh lebih murah per kgnya jika digunakan sebagai sapi potong tetapi jika akan dibuat sebagai sapi monster umumnya harga akan tetap tinggi karena kualitas sapi untuk menjadi monster dnegan bobot diatas 1 ton adalah sapi-sapi berkualitas super dan prima.


Harga sapi lokal tersebut diatas bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa berbeda antara satu pasar hewan dengan pasar hewan yang lainnya tergantung dari supply dan demand saat hari pasaran. Semoga bisa menjadi acuan.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 21:58
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.