Harga Sapi Bali Terbaru Jelang Tahun 2018

Berapa Harga Sapi Bali Saat Ini? Akhir Tahun 2017 Jelang 2018?

Harga sapi Bali sempat anjlok dan benar-benar murah saat status gunung agung dinyatakan awas atau status bahaya. Sapi Bali dari daerah karangasem yang merupakan daerah terdampak harganya terjun bebas bahkan sebagian peternak menjadi korban pedagang dan ternaknya hanya dibeli oleh pedagang dan blantik sapi Bali dengan harga separo harga dari harga normal. Sapi Bali siap potong yang lazimnya berharga 12 jutaan saat harga normal, ditawar pedagang hingga 6 jutaan.
Pulau Bali memiliki jenis sapi asli yang merupakan plasma nutfah yang sangat diperhatikan kemurniannya oleh dinas terkait sehingga sapi-sapi dari luar pulau bali dilarang masuk ke pulau Bali untuk mempertahankan genetik sapi Bali agar tetap murni. Setiap tahun dinas peternakan pulau bali menetapkan kuota pengeluaran sapi bali untuk dipotong sekotar 50.000 ekor setiap tahun. Dengan sistem kuota ini diharapkan populasi sapi Bali tetap terjaga dan tidak habis tersedot keluar pulau Bali. Disamping itu juga dilakukan pengetatan pengeluaran sapi jenis betina produktif.
Harga sapi Bali secara per kilo berat badan juga sempat jatuh sampai harga Rp 35.000 per kg dan banyak sapi dari bali yang keluar pulau sampai ke daerah jawa barat dijual dengan harga karkas sangat murah hanya berkisar Rp 85.000 per kg dari harga normal karkas sapi bali yang biasanya mencapai Rp 92.000 per kg karkas. Karkas yang dimaksud adalah standar karkas normal.

Bagaimana dengan perkembangan harga sapi Bali hari ini?

Saat ini jelang tahun 2018, harga sapi bali kembali berangsur normal setelah pemerintah memperketat pengeluaran sapi bali sehingga sapi bali korban terdampak gunung agung bisa naik harganya. Harga saat ini untuk timbangan di bali dan dipasar hewan-pasar hewan di pulau bali berkisar Rp 38.000 per kg dan dijual keluar pulau seperti di Jatim dengan harga faktur sekitar Rp 41.000 - 42.000 per kg.

Harga sapi bali siap potong per ekor sekitar 11 jutaan hingga 16 jutaan, hal ini karena sapi bali yang ada dipasaran saat ini memiliki bobot badan yang kecil-kecil hanya berkisar 250 - 350 kg saja. Berat badan tersebut malah sangat cocok untuk potongan bulan-bulan sepi akibat gelontoran daging kerbau india yang diimpor bulog.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 00:36
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.