Tips Dan Cara Membelah Durian Dengan Benar dan Aman

Posted by

Loading...
Bagaimana Cara Aman Membelah Duren dengan Benar?

Musim durian telah tiba, saatnya kuliner berbagai macam jenis durian yang beredar di pasaran. Tetapi kadang jika kita membeli buah durian utuh dan dibawa pulang kerumah kadang kita sering kesulitan membukanya, berikut ini tips dan cara membelah atau membuka durian dengan benar dan tentu saja aman.

Chef Arnold Poernomo, sebagai salah satu juri Junior MasterChef Indonesia 2 akan memberikan beberapa tips dalam membelah durian, shingga anda boleh menikmati buah durian dengan nikmat.

Gunakan Kain Tebal
Sebelum anda memotong buah durian, ada baiknya anda lapisi buah durian terlebih dahulu dengan menggunakan kain tebal atau jika tidak ada anda boleh gunakan sarung tangan untuk melapisi tangan anda agar terhindar dari duri buah durian.

Asah Pisau Agar Benar-benar Tajam
Untuk memudahkan saat pembahagian buah durian, anda juga perlu menggunakan pisau yang tajam. Sehingga kulitnya yang keras akan mudah dikupasnya.

Kunci Belah Duren: Belah Sesuai Dengan Jalur
Perhatikan alur yang terdapat pada pangkal tangkai buah durian hingga sampai bawah. Kemudian, anda boleh memulakannya dengan memotong buah durian dari alur bahagian atas menuju bahagian bawah. Dengan begitu, anda boleh menikmati buah durian dengan mudah.

Tips Lain Cara Membelah Duren

Dikutip dari wikipedia, duren merupakan salah satu marga dari Durio yaitu Durio Zibethinus atau kemudian disingkat D.Zibetinus, merupakan tumbuhan tropis khas Asia Tenggara yang dapat ditemukan di wilayah Indo, Filipin, dsb. Si Zibertinus ini ciri khasnya adalah durinya yang lancip dan kulitnya yang keras, maka perlu tenaga ekstra untuk menyantap daging buahnya.

Tips Tentang Duren
 
1. Lihatlah bagian ujung durian (yang tidak ada tangkainya), nanti akan ditemukan lingkaran kecil, maka carilah semacam garis yang merupakan celah belahnya.
Mulai dari sini, gunakan pisau untuk membuat celah kecil/ tusukan kecil. Nampak yang saya tunjukkan jika ditarik ke bawah ada semacam garis belahnya.
Setelah itu buatlah celah kecil di sisi seberangnya. Cukup 2 saja sudah membuat si durian siap untuk dibelah.

Cara Termudah Untuk Duren Yang Sudah benar-benar Matang
Cara membuka duren dibawah ini sebenarnya paling  mudah dan paling sering dipraktekkan untuk buah duren yang sudah benar-benar matang dan mudah sekali melakukannya. Cukup angkat kaki yang memakai alas dan tekankan pada duren yang akan dibelah secukupnya saja sampai durian terlihat belahannya dan tinggal dilanjutkan dibuka dengan tangan, dijamin mudah dan cepat.

Namun cara ini perlu kehati-hatian, karena jika meleset bisa mengenai kaki dan berdarah, harus menggunakan sendal jepit atau nalas kaki yang tebal lainnya seperti sepatu.

Demikian tips cara membelah durian dengan mudah mulai dari menggunakan pisau yang tajam hingga cara ekstrim dengan menginjak duren. Mudah bukan silahkan dicoba.

Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Peternakan dan Herbal Updated at: 01:29

0 komentar:

Post a Comment

loading...
Copyright@2014-2016. www.AgrobisnisInfo.com . Powered by Blogger.